review1st.com – Akamai Technologies, perusahaan cloud yang mendukung dan melindungi kehidupan online, hari ini mengumumkan kemampuan komputasi cloud baru untuk video streaming di 2023 NAB Show.

Kemampuan baru ini membantu operator OTT untuk menyediakan pengalaman video yang lebih baik dan personal bagi penonton, sambil menurunkan serta memprediksi biaya operasional dengan lebih akurat.

Selain itu, kemampuan baru ini meningkatkan upaya untuk memonetisasi konten. Akamai juga menyoroti anggota terbaru dari program Mitra Komputasi Terkualifikasi dan penyempurnaan dukungan untuk spesifikasi Common Media Client Data (CMCD).

Daya dan skala cloud

Layanan komputasi cloud Akamai ideal untuk mengatasi layanan OTT modern. Platform Akamai Connected Cloud memungkinkan pengembang menggunakan beragam layanan cloud untuk membuat, menjalankan, dan mengamankan aplikasi dan beban kerja dengan tepat.

Ini memberikan manfaat untuk penonton, seperti latensi rendah dan kinerja yang tinggi. Sementara itu, operator OTT mendapat manfaat dari skalabilitas global dengan biaya yang lebih terjangkau dan harga yang mudah diprediksi.

“Baik untuk membuat aplikasi atau membayar tagihan dari penyedia cloud, layanan komputasi cloud Akamai yang unik mampu menangani gamut perkembangan, kontrol biaya, dan pengalaman penonton,” ujar Jon Alexander, Vice President, Product Management, Akamai.

“Kami menyediakan serangkaian fungsi komputasi cloud baru yang andal bagi para operator OTT, menyesuaikan skalanya di seluruh platform global, sekaligus mendukungnya dengan beragam layanan pengiriman dan pengamanan konten Akamai.” tambah Jon.

BACA JUGA
Kuliah Menjadi Lebih Efisien dengan vivo Y28 yang Dilengkapi Baterai 6000mAh

Akamai tambahkan kasus baru ke EdgeWorkers untuk komputasi tanpa server. Tujuannya untuk atasi kebutuhan personalisasi, pengelolaan hak, dan keamanan video streaming. Kasus ini mendukung protokol streaming DASH dan HLS:

  • Manipulasi Manifestasi dan Playlist: Dengan EdgeWorkers, operator dapat mengurangi persyaratan penyimpanan, menghemat biaya, sekaligus meningkatkan pengalaman menonton pengguna akhir melalui personalisasi elemen file manifestasi, seperti pemesanan bitrate, pemfilteran resolusi, dan subtitel di edge, secara dinamis agar makin mudah dijangkau penonton.
  • Penggantian Program: Luncurkan penggabungan konten prapengiriman yang lebih cepat dan fleksibel, baik dari video langsung maupun sesuai permintaan. Operator dapat menyisipkan konten sebelum, di tengah, dan setelah klip di dalam stream video berdasarkan berbagai kriteria, misalnya geolokasi dan waktu, untuk memenuhi persyaratan tertentu, seperti pembatasan hak atau peringkat setempat.
  • Watermarking: Tingkatkan pelacakan serta penindakan pembajakan, baik pada video langsung maupun sesuai permintaan, dengan watermarking konten A/B yang mematuhi dukungan spesifikasi DASH Industry Forum (DASH-IF) untuk segala teknik watermarking, enkode, dan CDN.

Kinerja lebih sempurna, wawasan lebih luas

Akamai sedang memperbaiki dukungan untuk spesifikasi CMCD, yang membantu operator OTT meningkatkan pengalaman menonton dan kinerja video.

Spesifikasi ini memungkinkan informasi pemutaran dikirimkan ke Akamai dan CDN lainnya. Dengan CMCD, Akamai dapat memuat konten terlebih dahulu sehingga video dapat dimulai lebih cepat dan buffer lebih sedikit.

BACA JUGA
Erajaya Digital Resmikan Tiga Gerai Baru di Papua, Perluas Kehadiran Ritel

Dukungan CMCD membantu operator OTT dengan metrik pengalaman kualitas penonton yang konsisten. CDN menerima data klien, mengatasi pemrosesan latensi rendah volume tinggi, dan menghasilkan log. Log ini dapat digunakan oleh alat analitik pihak ketiga untuk pelaporan dan analisis.

Solusi alur kerja mitra

Akamai juga menyoroti beberapa anggota baru dari program Mitra Komputasi Terkualifikasi yang menyediakan layanan berbasis solusi untuk alur kerja media. Layanan tersebut bersifat intraoperasi dengan Akamai Connected Cloud dan tersedia melalui mitra yang telah lolos proses kualifikasi panjang.

  • Ateme: Ateme menyediakan solusi pengompresan serta pengiriman video agar penyedia konten tingkat satu, penyedia layanan, dan platform streaming dapat mendongkrak jumlah penayangan sekaligus keterlibatan penonton.
  • Capella Systems: Capella Systems menyediakan transkode VOD berbasis perangkat lunak, enkode langsung, dan solusi pengemasan yang dapat diinstal di lokasi, di cloud, atau sebagai solusi hibrida.
  • HarperDB: Platform aplikasi terdistribusi HarperDB menyederhanakan pengembangan dan pengelolaan data berskala besar, mengurangi kerumitan dan latensi, sekaligus meningkatkan ekonomi komputasi modern.
  • Hydrolix: Hydrolix memberdayakan kemampuan pengamatan pelanggan Akamai dengan dasbor bawaan yang memungkinkan pengelolaan data real-time dalam skala apa pun, kinerja kueri secepat kilat, serta retensi data super luas dengan biaya yang jauh lebih ekonomis dari layanan dan platform lainnya.
  • LiveKit: LiveKit adalah stack pengembang komunikasi video dan audio real-time sumber terbuka yang memudahkan pembuatan aplikasi untuk streaming langsung interaktif, konferensi, kolaborasi, atau robotik—dengan dukungan keandalan dan skalabilitas dari Akamai Connected Cloud.
  • LiveSwitch: LiveSwitch menyediakan infrastruktur video penting yang memberdayakan pengalaman komunikasi serta hiburan paling interaktif di web.
  • Macrometa: Macrometa Global Data Network menyediakan berbagai layanan real-time dinamis, seperti pencarian konten berbasis tujuan, rekomendasi khusus, dan pemetaan cohort yang berdampak untuk Direct Ad Insertions (DAI) serta Server Side Ad Inclusion (SSAI).
  • Scalstrm: Platform media Scalstrm menawarkan kemampuan untuk memilih dan mencocokkan beragam fitur, seperti perekaman langsung secara terus menerus, penyisipan/penggantian iklan secara real-time, serta pengemasan ulang dan adaptasi konten ke dalam berbagai stream atau jenis perangkat.
  • Unified Streaming: Unified Streaming, penyedia solusi atas berbagai tantangan streaming yang rumit, berkolaborasi dengan Akamai untuk mempercepat penerapan saluran virtual, termasuk salah satunya adalah saluran FAST.
BACA JUGA
Samsung Galaxy S24 Ultra Membuka Olimpiade Paris 2024 dengan Spektakuler
Shares: