Tablet, Solusi Penunjang Produktivitas di Masa Pandemi Covid-19

#kamisukareview – Saat ini, pandemi Covid-19 masih menjadi momok menakutkan di sebagian besar belahan dunia, termasuk di Indonesia. Masih belum normalnya situasi, membuat aktifitas sebagian besar masyarakat pun terganggu.

Social Distancing dan bekerja dari rumah masih menjadi solusi yang paling masuk akal yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19. Namun, selama beraktifitas di rumah, produktivitas harus tetap diutamakan.

Hanya saja, mencari inspirasi dan ide serta mengerjakan pekerjaan yang kerap tertunda bukanlah hal yang mudah dilakukan selama di rumah saja. Untuk itu dibutuhkan perangkat yang tepat untuk mendukung produktivitas kita dalam bekerja.

Tablet Buat Produktivitas Kerja

Teddy Sutedja, Graphic Design Program Director LaSalle mengungkapkan jika bekerja di rumah membuat kita memiliki banyak waktu luang sehingga seharusnya bisa membuat semua orang lebih produktif karena bisa belajar hal-hal baru. Maka dari itu perangkat yang digunakan pun harus bisa memiliki banyak fitur kreatif.

Teddy mengaku selama ini menggunakan tablet untuk mendukung pekerjaannya sehari-hari saat pandemi, yang kerap berhubungan dengan desain grafis. Apalagi saat ini dia menggunakan Samsung Galaxy Tab S7 dengan fitur yang dianggapnya sangat membantu dalam aktivitas kerjanya.

“Samsung Dex, Multitasking Windows, layar dengan refresh rate 120Hz dan Samsung Pen merupakan fitur-fitur yang saya anggap paling Wow dalam tablet yang saya kenakan ini.

Sebagai seorang Design Grafis itu di tablet fitur paling sering dipakai adalah Sketching, lebih hemat kertas, lebih rapi ketika akan dipindah ke komputer atau langsung presentasi di depan klien karena menggunakan Samsung Dex, sekaligus menghemat waktu.

Selain itu, tablet ini refresh rate-nya 120Hz dan 9ms latency, terasa natural sekali,” ujar Teddy saat berdiskusi dengan anggota Forum Wartawan Teknologi, Rabu, 30 September 2020.

Menurut Teddy, dibanding laptop, ada banyak hal di tablet yang memberikan keuntungan bagi para pekerja kreatif seperti dirinya. Saat menggambar, laptop mendapatkan input dari dua hal saja, yakni mouse dan trackpad.

Kedua input tersebut dianggap memberikan hasil gambar yang tidak natural. Menggambar lingkaran atau bujur sangkar akan lebih rumit menggunakan mouse atau trackpad.

Berbeda dengan saat menggunakan S Pen di Galaxy Tab S7, yang memberikan hasil gambar alami seperti saat menggambar dengan alat tulis. Bobot tab pun ringan sehingga bisa dibawa kemana saja.

Product Marketing Professional Samsung Electronics Indonesia, Elvira Dwi Anggraini menjelaskan lebih lanjut bahwa di dalam Galaxy Tab S7 memang banyak fitur-fitur yang bisa membuat penggunanya lebih produktif, apalagi di saat semua orang beraktivita di rumah saja selama pandemi ini.

Pertama yang paling menarik adalah layar besar. Ya, Samsung Galaxy Tab S7 Series hadir dengan yang luas dan nyaman jika dibandingkan dengan smartphone. Galaxy Tab 7 punya layar 11 inci dengan LTPS LCD dan dan 12.4 inci Super AMOLED untuk Tab S7+.

Selain itu, layar Galaxy Tab S7 Series juga telah mengantongi sertifikasi SGS untuk emisi blue light yang rendah. Emisi blue light yang rendah akan membuat mata tidak gampang lelah saat kalian bekerja dengan tablet ini.

Tidak hanya besar, layar di Samsung galaxy Tab S7 Series juga sudah mendukung refresh rate tinggi yakni 120Hz. Selain memberikan kelancaran saat scrolling layar, refresh rate tinggi di perangkat yang dibekali chipset prosesor tangguh ini juga akan menghadirkan kenyamanan saat bermain game serta beragam aktivitas multitasking lainnya.

Kedua, di perangkat ini juga terintegrasi dengan Samsung Dex. Dibanding sebelumnya, fitur ini sudah mendapatkan peningkatan yang cukup signifikan. Jika dipadukan dengan Book cover keyboard maka akan menghadirkan pengalaman menggunakan seperti menggunakan PC.

Samsung Tab S7 Series juga sudah dilengkapi dengan Multi-Active Windows sehingga bisa melakukan multi-tasking atau mengerjakan beberapa hal secara bersamaan di satu layar yang terbagi-bagi.

“Kalau layar 11 inci atau 12,4 inci masih kurang luas, dengan wireless DeX, kita bisa mendapatkan screen kedua yang akan makin memudahkan kerja di rumah saat pandemi,” ujar Elvira.

Ketiga adalah S Pen, yang menjadi perangkat penting di tablet Samsung. S Pen di Tab S7 series sudah ditingkatkan dengan latensi yang lebih rendah dan analog-style pen yang akan menghadirkan pengalaman menulis yang alami.

Berpadu dengan S Notes terbaru, S Pen ini dapat dipakai untuk menulis catatan, mengolah dokumen atau PDF, dan melakukan aktivitas menggambar dengan baik.

Tidak hanya itu, Samsung juga menghadirkan beberapa tambahan fitur hasil kolaborasinya dengan sejumlah pengembang aplikasi untuk meningkatkan kreatifitas penggunanya selama bekerja di rumah.

Ada Clip Studio Paint, yang merupakan andalannya para digital artist . Tersedia paket enam bulan gratis untuk versi premium Clip Studio Paint EX. Adaa juga Noteshelf untuk menciptakan dan menyesuaikan virtual notebook serta membagikan kreasi.

Dan yang cukup menarik adalah Canva. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk menciptakan postingan media sosial dan konten marketing yang eye-catching

Selain dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah dan nyaman, Samsung Galaxy Tab S7 Series juga menawarkan fasilitas multimedia yang mumpuni.

Di perangkat ini, Samsung menghadirkan kolaborasi tangguh dengan menanamkan quad speaker dari AKG serta sound dari Dolby Atmos yang mampu menghadirkan pengalaman sinematik.

Sebagai tambahan, Samsung juga berkolaborasi dengan beberapa penyedia layanan hiburan seperti youTube, Netflix dan Spotify. Tab S7 series menyediakan paket gratis 4 bulan YouTube Premium.

Tujuannya supaya kalian bisa menikmati konten secara maraton tanpa jeda iklan. Pengguna juga bersantai dengan menonton serial-serial favorit secara maraton di Netflix, atau bersantai, bermeditasi, menenangkan diri dengan music-music favorit di Spotify.

Terakhir yang tidak kalah pentingnya, perangkat dengan sumber power berkinerja tangguh juga sangat diperlukan selama WFH. Dan di Galaxy Tab S7 Series ini terakomodasi dengan baik.

Tablet ini juga tak butuh waktu lama di charge. Dengan teknologi super-charging sampai dengan 45W, tablet bisa terisi penuh hanya dalam waktu 81 menit untuk S7 dan 87 menit untuk S7+.

“Dunia yang sedang berubah seharusnya tidak menurunkan level produktivitas kita. Karena itu keberadaan gadget yang canggih sekaligus serbaguna menjadi sangat krusial. Tab S7 series bisa jadi andalan untuk menggapai level produktivitas dan hiburan terbaik,” tutup Elvira.

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”