review1st.com – Survei Grab Indonesia & Indikator: Program solidaritas berdampak positif pada loyalitas Mitra Pengemudi. Hasil temuan survei 1.000 Mitra Pengemudi GrabBike di 7 wilayah menunjukkan bahwa 91,7% tidak akan pindah ke platform ojol lain dan 83,4% merasa diperhatikan oleh perusahaan.

Neneng Goenadi, Country Managing Director Grab Indonesia mengatakan, “Program-program kami harus bermanfaat dan dukung Mitra Pengemudi kami. Hasil survei tingkatkan loyalitas Mitra dan mengingatkan kami untuk tetap setia kepada mereka.”

“Cukup jarang persepsi positif tinggi, temuan survei menarik bagi peneliti. 64% responden bergantung pada pemasukan sebagai Mitra Pengemudi. 85% merasa bangga menjadi Mitra Pengemudi Grab dan merekomendasikannya.

“Efektivitas program Grab berdampak positif pada identitas dan loyalitas driver. Dampak ekonomi diperasa oleh 89,3% responden. Keleluasaan waktu kerja diinginkan oleh 92,2% responden,” ujar Kennedy Muslim, Peneliti Utama Indikator.

Survei yang dilakukan oleh Indikator ini berlangsung dari 22 Februari hingga 15 Maret 2023 melalui wawancara tatap muka. Penelitian dilakukan dengan metode random sampling, dengan margin of error survei diperkirakan +/- 4.5% pada tingkat kepercayaan 95%.

LEMBAR FAKTA 

Survei ini juga menunjukkan bahwa dari sembilan inisiatif yang dilakukan oleh Grab Indonesia di kuartal empat tahun 2022, terdapat lima program yang dirasa paling menarik oleh responden, yaitu:

1. GrabModal

Program cicilan berbunga rendah yang difasilitasi oleh Julo dan didesain khusus bagi Mitra Pengemudi ini menjadi program terfavorit yang diketahui dan disukai oleh hampir seluruh responden.

BACA JUGA
HUAWEI MatePad 11.5 S: Tablet Inovatif dengan Layar Anti-Glare dan Performa Tinggi

54,7% responden pun pernah memanfaatkan cicilan ini khususnya untuk membantu kebutuhan sehari-hari, uang darurat, termasuk untuk pendidikan anak. 

2. GrabBenefits Day

Bazaar bagi Mitra Pengemudi, harga terjangkau, diadakan di berbagai kota Grab. Program ini diketahui oleh 85,6% responden. Diskon dan harga spesial untuk beragam produk, seperti beras, minyak, oli, ban, hingga sepatu. Alternatif belanja murah, meringankan pengeluaran harian Mitra.

3. GrabScholar: Program Beasiswa Grab

Program beasiswa Grab & BenihBaik.com untuk Mitra, anak Mitra, dan masyarakat umum Indonesia. 1.158 beasiswa diberikan di tahun 2022. Program favorit dengan kepuasan 99,8% responden yang mengikuti program ini.

4. Kopdar Komunitas

Program beasiswa Grab & BenihBaik.com untuk Mitra, anak Mitra, dan masyarakat umum Indonesia. 1.158 beasiswa diberikan di tahun 2022. Program favorit dengan kepuasan 99,8% responden yang mengikuti program ini.

5. Hari Mitra Grab

Ajang tahunan apresiasi Mitra Grab Indonesia, dimulai 2021. Ribuan Mitra hadir dari Aceh hingga Papua. Apresiasi berupa hadiah senilai belasan milyar rupiah, seperti mobil, motor listrik, dan dana tunai. 42,9% responden menyebut momen berkumpul di HMG sangat berkesan dan dinantikan setiap tahun.

Inisiatif menarik bagi Mitra Pengemudi: Forum Diskusi Mitra (Fordim), Acara Keseruan Akhir Tahun (HAJATAN), Olahraga Bersama Rutin (Laga Solidaritas), Nobar Warga Grab.

Shares: