Home Berita Strategi POCO 2022: Sisipkan Lini Produk Baru

Strategi POCO 2022: Sisipkan Lini Produk Baru

Strategi POCO 2022: Sisipkan Lini Produk Baru

review1st.com – Tahun 2022, POCO ingin terus melanjutkan kesuksesan sebagai brand dengan pertumbuhan tercepat. Tentu saja brand ini sudah menyiapkan berbagai strategi untuk memperluas jangkauan, menarik awareness hingga menjaring market sebanyak mungkin.

Dalam kesempatan wawancara eksklusif di POCO Store, Jakarta (20/12), Andi Renreng, Head of Marketing POCO Indonesia memberikan sedikit bocoran seputar target POCO Indonesia di 2022.

andi renreng, head of marketing poco
Andi Renreng, Head of Marketing POCO Indonesia

“Kami percaya target pasar POCO akan terus bertumbuh dan  akan berdampak pada meningkatnya permintaan terhadap produk kami. Strategi kami adalah dengan terus meningkatkan pertumbuhan basis penggemar, baik di digital maupun komunitas.

“Selain itu, dengan menghadirkan lebih banyak POCO ICON dari berbagai macam bidang, menambah jumlah POCO Store, menambah kemitraan dengan lebih banyak stakeholder yang relevan, menjangkau lebih banyak komunitas, dan menjalankan berbagai kegiatan bersama media, komunitas dan publik di berbagai daerah di Indonesia.

“POCO akan terus berkomitmen memberikan produk-produk yang inovatif dengan performa ekstrem yang ditawarkan dalam harga ekstrem untuk mendukung POCO Fans dalam menggapai cita-cita mereka.”

Setelah menjadi brand independen, otomatis strategi produk dan target audiens sudah berbeda. Mengusung value berani, beda, pendobrak, target audience POCO adalah Gen Z dan milenials yang spesifik, anti mainstream.

award poco sambut 2022
Penyerahan award POCO X3 GT (Best Value Smartphone): Andi Renreng, Head of Marketing POCO Indonesia (kiri) dan Hari Pitrajaya, Chief Editor review1st.com (kanan)

Amunisi Baru di 2022

Setahun terakhir, POCO mencoba menyuguhkan produk yang diklaim mempunyai extreme performance dan extreme price di segmen masing-masing. “Kami hanya membawa produk dengan spesifikasi yang benar-benar dibutuhkan oleh POCO fans.”

BACA JUGA
Beraksi untuk Jadi Smartphone Lifestyle Trendsetter No. 1, POCO Debut di Jakcloth

POCO menawarkan berbagai segmen produk dengan performa ekstrem yang seringkali mendobrak pasar smartphone. Mulai dari M Series, yaitu entry-level HP POCO.

Seri ini diperuntukan bagi POCO Fans yang ingin tampil beda dan aktif dalam kegiatan sepanjang hari.

Kemudian X Series, diperuntukan bagi POCO Fans yang tertarik dengan teknologi, gemar bermain game, dan bagi mereka yang mencari HP dengan performa paling ekstrem di kelasnya.

Dan terakhir F Series, merupakan lini dari produk-produk flagship killer yang memiliki performa teknologi smartphone tertinggi. Produk premium yang memiliki spesifikasi paling tinggi dengan harga paling ekstrem.

Semua seri POCO lini F ini, dari POCO F1, POCO F2 Pro, dan POCO F3 selalu dicari oleh POCO Fans, bahkan hingga saat ini. Jika Dibandingkan produk flagship brand lain yang harganya mencapai belasan juta, POCO menawarkan ponsel flagship di range harga 6 jutaan ke bawah.

Untuk 2022, Andi mengaku sudah menyiapkan senjata baru yang jumlahnya lebih banyak dari tahun sebelumnya. Bahkan Andi memberi sedikit bocoran bahwa akan ada lini produk tambahan melengkapi seri M, X dan F. Sayang, belum ada detil soal harga dan segmen yang dibidiknya.

Harga Masih Kompetitif

Bicara soal harga, Andi menegaskan jika POCO masih akan menyuguhkan banderol kompetitif dengan spesifikasi terbaik. “Sesuai dengan filosofi brand yang selalu menjanjikan untuk membawa produk ekstrem dengan harga yang ekstrem.”

BACA JUGA
10 HP Quad Camera Terbaik & Murah Mei 2022

Ditanya alasan soal harga yang bisa lebih ‘miring’ tapi tetap membawa spesifikasi mumpuni di kelasnya, Andi mengungkap bahwa POCO tak melakukan pemangkasan di aspek tertentu demi mengakali harga.

“Teman-teman bisa membuktikan sendiri kualitas dan spesifikasi POCO di beberapa sesi teardown yang pernah kami lakukan. Tak ada spesifikasi yang dikurangi.

sesi teardown poco
teardown smartphone POCO

“Nah, soal harganya bisa lebih murah di segmennya karena kami memotong cost di marketing. Kami tidak perlu membebankan biaya marketing yang tinggi pada konsumen. Jadi harga tetap terjangkau kualitas tidak dikurangi,” jelasnya.

Lebih jauh lagi, Andi menuturkan jika POCO selalu mendengarkan masukan dari user. Alhasil, semua fitur yg dibawa sudah bisa menjawab kebutuhan pasar. Tak heran, POCO jadi salah satu brand dengan ekspansi tercepat,” klaim Andi.

Deretan Produk 2021

Dalam waktu satu tahun, POCO telah meraih pencapaian baru, dimana pada November ini pengapalan produk POCO telah mencapai lebih dari 35 juta unit di dunia.

Selama 2021, POCO telah meluncurkan berbagai smartphone dengan membawa teknologi baru. Mulai dari POCO M3 “The Entry Level Killer”, yang membawa baterai besar 6,000mAh dengan charger 18W fast charging.

Kemudian ada POCO X3 Pro “The Beast”, smartphone pertama di dunia yang membawa chipset flagship Snapdragon 860. Tak ketinggalan ada POCO F3 “The Flagship Killer.

Di segmen 5G, mereka menghadirkan POCO M3 Pro 5G “The Real 5G Killer”, smartphone yang membawa teknologi 5G paling terjangkau.

BACA JUGA
Review realme 9i: HP Dua Juta Pilihan yang Serba Bisa 

Dan, tentu saja POCO X3 GT smartphone yang kami nobatkan sebagai Smartphone Value Terbaik bulan ini. Diengkapi berbagai teknologi pertama di Indonesia, termasuk Dimensity 1100, Gorilla Glass Victus, LiquidCool Technology, serta HyperEngine 3.0.

Mengintip pencapaian POCO di 2021 dan bocoran strategi di 2022, tak sabar rasanya menunggu gebrakan mereka. Gaspol POCO!


Previous articleTransporta x OLI Mendorong Digitalisasi Industri Logistik di Indonesia
Next article5G Menjadi Dasar Pengembangan Strategi OPPO di 2022
Ordinary man in this extra ordinary world.