review1st.com Startup teknologi imersif Aruvana raih penghargaan di program Health Innovation Sprint Accelerator 2023. Melalui produk VR Vinera, Aruvana berkolaborasi dengan PT Medika Brain Sejahtera dan menjadi salah satu inovasi terpilih. Penghargaan diserahkan oleh Wamenkes RI Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono di Gedung Kementerian Kesehatan RI.

Program Health Innovation Sprint Accelerator 2023 adalah program inkubasi untuk mendukung inovasi digital di kesehatan. Ada 146 inovator dengan solusi teknologi mutakhir.

Mengutip data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, penyakit stroke adalah penyebab kematian kedua tertinggi global. Di Indonesia, stroke menempati peringkat pertama dengan biaya perawatan paling tinggi.

Prof. Dante mengakui peningkatan signifikan dalam inovasi kesehatan dalam dua hingga tiga tahun terakhir.

“Hari ini kita lihat bahwa banyak sekali inovasi kesehatan yang muncul. Sektor kesehatan bisa menjadi salah satu komoditi yang bagus untuk melakukan investasi di dalamnya. Salah satu yang paling baik untuk melakukan investasi di sektor kesehatan adalah melakukan investasi dengan menggunakan teknologi,” ujar Prof. Dante.

Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes, Setiaji, mengungkapkan berbagai inisiatif Kemenkes RI untuk mendukung inovasi kesehatan. Salah satunya adalah Health Innovation Day.

CEO Aruvana Indra Haryadi mengungkapkan terima kasih dan apresiasi pada Kementerian Kesehatan dan East Ventures. Mereka berharap acara inovatif ini terus berkembang dan berdampak besar. Mari bersama mendobrak batas teknologi kesehatan dan ciptakan perubahan positif.

BACA JUGA
Implementasi Sistem Pintar Berbasis IoT oleh MSMB untuk 7 Green House di Temanggung

Vinera, aplikasi VR pertama untuk rehabilitasi stroke di Indonesia, menyediakan solusi terapi jarak jauh bagi pasien. Vinera sukses tampil di festival global SXSW 2023, memperkuat reputasinya sebagai teknologi VR untuk terapi stroke.

Indra menyatakan, “Teknologi Vinera adalah inovasi terbaru di bidang kesehatan di Indonesia dan global. Saat ini, kami berusaha memastikan penggunaan Vinera merata di Indonesia dan juga diperkenalkan secara global. Tujuan utamanya adalah membantu pasien post-stroke pulih lebih cepat dan lebih baik melalui teknologi VR.”

Vinera: Membawa Revolusi Teknologi dalam Rehabilitasi Stroke

Fitur inovatif Vinera, dengan antarmuka pengguna ramah dan sistem gamifikasi, alat efektif dan menyenangkan untuk rehabilitasi stroke.
Dengan lingkungan virtual imersif, Vinera libatkan pasien dalam latihan terapi fleksibel, meningkatkan fungsi motorik dan pemulihan.

Sebagai salah satu dari 10 karya teratas dalam Health Innovation Sprint Accelerator, Vinera berdiri di garis depan inovasi dan kemajuan teknologi dalam rehabilitasi stroke.

Aruvana sebagai bagian dari Asosiasi HealthTech Indonesia (AHI), Asosiasi Digital Kreatif (ADITIF), dan Indonesia AR/VR Association (INVRA), berkomitmen untuk merevolusi dan memajukan kualitas pelayanan kesehatan melalui solusi teknologi kesehatan yang inovatif berbasis teknologi imersif. 

“Aruvana akan terus berusaha menyempurnakan dan memperluas peningkatan teknologi Vinera, memastikan aksesibilitasnya ke pasien stroke di seluruh Indonesia bahkan luar negeri dan memberikan dampak positif pada kehidupan pasien stroke,” papar Indra.

BACA JUGA
Samsung Solve for Tomorrow Gelar Pelatihan Design Thinking untuk Transformasi Ide menjadi Solusi yang Optimal
Shares: