Home Berita Snapdragon 8cx Gen 3 Jadi chipset 5nm Pertama Laptop Windows-on-ARM

Snapdragon 8cx Gen 3 Jadi chipset 5nm Pertama Laptop Windows-on-ARM

review1st.com – Snapdragon 8cx Gen 3 akan jadi chipset 5nm pertama pada laptop Windows-on-ARM. Setelah mengumumkan Snapdragon 8 Gen 1 baru, hari ini Qualcomm fokus pada platform chipset laptop. 

Dimulai dengan laptop Windows-on-ARM dan dua chipset baru.

Snapdragon 8cx Gen 3 adalah penawaran kelas atas. Qualcomm masih menyembunyikan detail perangkat keras mereka, jadi belum diketahui inti CPU apa yang digunakan pada chipset ini. 

Qualcomm juga mengungkapkan bahwa chip baru akan menawarkan peningkatan besar-besaran 85% dalam kinerja multi-core dibandingkan dengan pendahulunya, bersama dengan peningkatan 60% dalam kinerja GPU. 

Selain itu, NPU telah ditingkatkan dan sekarang menawarkan lebih dari 29 TOPS, tiga kali lipat dari yang dapat dikelola oleh chip sebelumnya.

Qualcomm mengatakan bahwa ini dapat digunakan dalam desain tanpa kipas. Chip sebelumnya juga bisa, tetapi ini seharusnya membuat mereka dikalahkan dengan baik dalam kinerja yang berkelanjutan. 

Perusahaan juga mengumumkan tentang masa pakai baterai, tetapi itu jelas akan tergantung pada masing-masing laptop.

Qualcomm Snapdragon 8cx Gen 3 memanfaatkan banyak kemajuan yang dibuat dalam chip smartphone, termasuk modem canggih. 

Qualcomm akan menawarkan beberapa konfigurasi kepada OEM laptop ketika datang ke 5G – opsi rak paling atas adalah modem X65 yang dapat memberikan kecepatan downlink hingga 10 Gbps, X55.

Opsi tengah yang mencapai 7,5 Gbps, lalu ada X62 di 4,4 Gbps. Konektivitas lokal termasuk Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6E terbaru.

BACA JUGA
Perbedaan WhatsApp Aero dengan Versi Reguler

Ada fitur lain seperti pembatalan gema yang dipercepat AI dan peredam bising. Selain itu, chip ini mendukung beberapa kamera, seperti dapat berbagi kamera depan dan belakang secara bersamaan untuk presentasi online di kantor atau sekolah. 

Bekerja/belajar dari rumah menjadi pertimbangan utama generasi ini, seperti halnya bekerja di perjalanan.

Snapdragon 7c+ Gen 3 ditujukan untuk laptop Windows yang terjangkau. Ini dibuat pada proses 6 nm (7c Gen 2 adalah chip 8 nm) dan menawarkan peningkatan kinerja utama dibandingkan pendahulunya – CPU 60% lebih cepat dan GPU 70% lebih cepat. 

Tentu saja, Qualcomm tidak membuat perbandingan langsung antara 8cx dan 7c+. NPU menawarkan 6,5 TOPS daya komputasi AI, peningkatan kecil (naik dari 5 TOPS).

Konektivitas nirkabel juga mendapat dorongan besar – sekarang mendukung 5G. Dengan modem X53-nya dapat memberikan kecepatan downlink hingga 3,7 Gbps. Ini mendukung Wi-Fi 6E juga untuk kecepatan hingga 2,9 Gbps.

Snapdragon 7c Gen 2 hanya melakukan 4G, tetapi Qualcomm menganggap penting untuk menawarkan konektivitas modern yang cepat bahkan untuk laptop tingkat pemula, sehingga beralih ke modem 5G. 

Tentu saja, kedua chip baru ini juga diuntungkan dari perkembangan fitur audio dan keamanan Snapdragon.

Menurut Qualcomm, laptop Windows 11 pertama dengan Snapdragon 8cx Gen 3 dan 7c+ Gen 3 akan keluar pada paruh pertama tahun 2022.ARTIKEL TERKAIT

Previous articlePeringkat Android AnTuTu Terbaik (Desember 2021)
Next articleBlibli Hadirkan Produk Unggulan UMKM secara Eksklusif di Pameran Online ‘Beli Lokal Fest Bandung’
Sederhana dalam sikap, kaya dalam karya, bikin hidup, terasa lebih hidup