review1st.com – Perubahan iklim yang terjadi secara terus menerus di berbagai belahan dunia terasa semakin nyata. Salah satu dampak perubahan iklim adalah musim kemarau berkepanjangan yang saat ini tengah melanda wilayah Indonesia. Samsung menyadari keadaan mendesak untuk menjaga bumi. Mereka hadirkan produk ramah lingkungan, seperti Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5. Produk ini memadukan limbah daur ulang dan material baru.

“Dengan memiliki Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 kami membuat penggunanya sebagai trendsetter yang memaksimalkan teknologi terbaik sekaligus mengadopsi gaya hidup yang lebih sadar lingkungan karena Foldable terbaru Samsung hadir dengan 15 komponen dengan materi daur ulang, yang artinya 3 kali lipat lebih sadar lingkungan dibandingan seri sebelumnyaditambah lagi dengan kemampuan upgrade OS hingga 4 kali,” ujar Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

Samsung berusaha mencapai keseimbangan inovasi dan keberlanjutan dengan langkah seperti perangkat tahan lama, trade-in, pembaruan, dan keamanan.

Apa saja ragam upaya Samsung untuk memberikan dampak positif terhadap lingkungan melalui Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5? Yuk, cari tahu lebih lanjut di sini:

Material daur ulang yang lebih beragam di lebih banyak komponen

Samsung menerapkan material daur ulang di Galaxy S22 Series, Galaxy Z Fold4, dan Z Flip4. Pada tahun 2023, mereka memperluas penggunaan material daur ulang di Galaxy S23 Series, Galaxy Z Fold5, dan Z Flip5. Ini adalah komitmen mereka untuk produk yang ramah lingkungan.

BACA JUGA
Perlindungan Tambahan untuk Smart TV: Berita Baik untuk Pemilik Rumah di Jakarta

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 kini hadir dengan material daur ulang yang lebih beragam di lebih banyak komponen internal maupun eksternal. Bila Galaxy Z Fold4 dan Z Flip4 menggunakan 6 komponen dari material daur ulang, maka Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 menggunakan 15 komponen. Kedua perangkat ini pun sudah menggunakan aluminium daur ulang dari tahap pra-konsumen dan plastik daur ulang yang diperoleh dari berbagai sumber, seperti jaring ikan, wadah air, dan botol PET yang tak terpakai. 
A poster with text and images of different types of materials

Description automatically generatedA poster with text and pictures of a cell phone

Description automatically generated

Samsung Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 menggunakan material daur ulang pada 15 komponen perangkat untuk memperkuat komitmen keberlanjutan

Peningkatan penggunaan material daur ulang hingga hampir 3 kali lipat dengan kemasan yang ramah lingkungan

Samsung meningkatkan penggunaan bahan daur ulang dalam perangkatnya, termasuk plastik daur ulang pasca-konsumen hingga 10%. Plastik ini berasal dari tong air bekas dan digunakan dalam berbagai komponen seperti tombol volume, SIM tray, modul speaker, dan casing depan.

Selain plastik, Samsung juga meningkatkan penggunaan material kaca daur ulang pra-konsumen dalam produknya, khususnya Corning® Gorilla® Glass Victus® 2, yang kini memiliki kandungan rata-rata 22% kaca daur ulang.

Selain itu, sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, Samsung menggunakan kertas daur ulang 100% pada kotak kemasan. Dengan demikian, pengguna bisa merasakan pengalaman menggunakan smartphone canggih, sambil tetap menjaga kelestarian lingkungan.

BACA JUGA
Ericsson dan XL Axiata Membawa Koneksi 5G ke Negeri dengan Solusi Dual-Mode Core

Siklus hidup perangkat lebih panjang untuk mengurangi limbah elektronik

Upaya Samsung dalam menjaga kelestarian lingkungan tidak hanya dari penggunaan material yang sadar lingkungan. Samsung turut melakukan upaya untuk membentuk perilaku penggunaan smartphone yang berkelanjutan. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi limbah elektronik yang setiap tahunnya semakin menumpuk. Oleh karenanya, Samsung mengoptimalkan Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 dengan masa pakai yang lebih panjang dengan meningkatkan kemampuan upgrade perangkat hingga 4 kali.

Kedua produk itu menawarkan jaminan keamanan 5 tahun dan pembaruan sistem operasi hingga 4 generasi. Ini memperpanjang masa pakai dan mendukung pilihan ramah lingkungan. Samsung juga memiliki program Trade-In untuk memperpanjang umur pakai perangkat Galaxy. Eco-Box di Samsung Service Center digunakan untuk mengumpulkan ponsel tak terpakai atau rusak.

Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 memperkuat komitmen Samsung dalam merancang teknologi inovatif dengan tetap memperhatikan dampak terhadap lingkungan

Komitmen Galaxy for the Planet

Samsung merasa memiliki tanggung jawab untuk menyesuaikan cara perusahaan berbisnis agar lebih responsif terhadap krisis iklim yang mendesak. Oleh karenanya, melalui divisi DX (Device eXperience), Samsung meluncurkan platform keberlanjutan yang disebut “Everyday Sustainability”. Platform ini bertujuan untuk mengurangi dampak lingkungan dari produk-produk Samsung dan membantu lebih banyak orang menjalani gaya hidup yang berkelanjutan. “Everyday Sustainability” didasari pada tujuan untuk mencapai emisi karbon nol bersih pada akhir tahun 2030.

BACA JUGA
Kemitraan Strategis Antara Indosat Ooredoo Hutchison dan Google Cloud Memperkuat Pengalaman Digital Berbasis AI di Seluruh Indonesia

Samsung Mobile eXperience (MX) mengusung visi “Galaxy for the Planet”. Mereka berkomitmen pada penggunaan bahan daur ulang, menghentikan plastik sekali pakai, dan mencapai konsumsi daya nol pada charger smartphone pada tahun 2025. Selain itu, mereka juga berfokus pada pengurangan limbah dan dampak sampah elektronik pada lingkungan. Ini adalah langkah nyata dalam menjaga bumi kita.

Dalam langkah-langkah ini, Samsung menegaskan tekadnya. Mereka mendemonstrasikan tanggung jawab lingkungan dan komitmen pada keberlanjutan planet kita.

“Samsung menyadari betapa pentingnya perhatian terhadap masalah lingkungan dan tanggung jawab sosial dalam setiap langkah yang kami ambil. Ini tercermin dalam inisiatif kami, yakni ‘Galaxy for The Planet’, di mana kami mengintegrasikan material daur ulang dalam inovasi produk kami, merancang kemasan yang lebih bersahabat dengan lingkungan, dan memperpanjang masa pakai produk untuk mengurangi dampak sampah elektronik,” tutup Verry.

Info lebih lanjut tentang Galaxy Z Fold5|Z Flip5 dan Galaxy Ecosystem bisa dilihat di www.samsung.com/id.

Shares: