iPhone 12 Series Dijual di Indonesia per 18 Desember?

#kamisukareview – Setelah resmi diluncurkan Apple pada acara virtual Hi Speed Oktober lalu, kini iPhone 12 Series digosipkan segera mendarat di Indonesia. Memang spekulasi mengenai spesifikasi dan kapan peluncurannya di sini masih terus menjadi pertanyaan.

Setelah negara Eropa, Amerika dan beberapa negara di Asia disambangi, rumor iPhone 12 Series meluncur resmi di Tanah Air memanas. Kabarnya seri ini akan menginvasi Indonesia pada 18 Desember tahun ini.

Sebelumnya memang sudah beredar gosip bahwa iPhone terbaru dan terbaik besutan Apple ini bakal edar 4 Desember di sini. Tapi kini ada bocoran bahwa tanggal rilisnya bakal mundur dua minggu.

iPhone 12 Series lolos tkdn

iPhone 12 Series Segera Invasi Indonesia

Beberapa media teknologi mengklaim bahwa Apple bakal merilis empat model iPhone 12 sekaligus pada tanggal tersebut di Tanah air, yaitu iPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Mini dan iPhone 12 Pro Max.

Mengingat Apple sendiri merilis keempat varian series 12 ini secara 2 kali bertahap, yakni iPhone 12 dan 12 Pro lebih dulu (Oktober), serta iPhone 12 Mini dan 12 Pro Max belakangan (November).

Namun dapat dipastikan keempat produk teranyar dari iPhone ini akan dikeluarkan bersamaan, mengingat dipasaran global keempat varian iPhone 12 ini telah tersedia.

Direstui Pemerintah

Kabar mengenai ketersediaan iPhone 12 ini akan segera memasuki Indonesia juga diperkuat dari fakta jika series ini telah diberi lampu hijau melalui “restu” Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Keempat varian dari series iPhone 12 ini telah mengantongi sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian. Dengan nilai 30 persen sebagai salah satu syarat HP 4G untuk bisa dipasarkan di Indonesia.

Adapun nomor sertifikat yang terdaftar itu adalah iPhone 12 (A2399), 12 Mini (A2403), 12 Pro (A2407), dan 12 Pro Max (A2411). Sementara itu dari Kemenkominfo, juga telah memberikan izin penggunaan radio perangkat, hal ini tertuang melalui sistem Sertifikasi Perangkat Telekomunikasi (Sirani).

Kebocoran berita mengenai ketersediaan iPhone 12 ini di Tanah Air adalah berkat penyesuaian perizinan dalam negeri ini. Seperti sebelum-sebelumnya iPhone terbaru biasanya akan tersedia dalam kurun dua atau tiga bulan setelah mengantongi sertifikat TKDN.

Contohnya pada kasus iPhone 11 yang mendapat sertifikat TKDN pada akhir September 2019 lalu. Ponsel ini kemudian baru bisa dipesan dan tersedia di pasaran Indonesia pada 6 Desember 2019.

Artinya jika merujuk sejarah, maka iPhone 12 yang telah mengantongi sertifikat TKDN pada akhir Oktober 2020 lalu, besar kemungkinan dijual resmi di Indonesia sekitar akhir Desember 2020 (boleh jadi 18 Desember tadi) atau awal Januari 2021.

Kita nantikan saja kepastiannya.