review1st.com – Software berbasis awan kini menjadi kunci utama dalam transformasi digital perusahaan di Indonesia. Riset terbaru dari Litbang Kompas dan Mekari, penyedia software-as-a-service (SaaS), menunjukkan bahwa 52% perusahaan mengalami peningkatan efektivitas operasional berkat adopsi teknologi ini.

Dalam laporan yang dirilis pada Mekari Conference 2024, disebutkan bahwa 65% perusahaan menengah hingga besar di kota-kota besar Indonesia sudah menyadari pentingnya transformasi digital untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi bisnis.

Bahkan, 73% dari mereka yang belum menggunakan software berbasis awan berencana untuk mengadopsinya dalam dua tahun ke depan.

Suwandi Soh, CEO Mekari, menjelaskan bahwa tingginya kesadaran ini akan mendorong perusahaan untuk segera mengadopsi software berbasis awan, memfasilitasi operasional bisnis, dan mencapai pertumbuhan berkelanjutan.

“Riset kami menunjukkan bahwa 55% perusahaan telah menggunakan teknologi ini selama lebih dari tiga tahun, dan 52% dari mereka melaporkan peningkatan efektivitas pekerjaan. Ini akan mendukung pertumbuhan bisnis berkelanjutan dalam jangka panjang,” tambahnya.

Christian Marpaung, peneliti Litbang Kompas, mengungkapkan bahwa sekitar 85% perusahaan antusias menghadapi perkembangan teknologi di masa depan. Mereka percaya bahwa transformasi digital akan membuka peluang bisnis baru.

Perusahaan juga aktif mengembangkan strategi, merekrut talenta digital, dan meningkatkan infrastruktur teknologi mereka untuk memastikan keberhasilan implementasi teknologi di masa depan.

“Perusahaan mulai melirik teknologi seperti database, awan, blockchain, dan kecerdasan buatan (AI), karena mereka melihat potensi besar dalam pengembangan teknologi ini,” tutupnya.

BACA JUGA
Survei: Samsung Dominasi Merek Smartphone Lipat Impian Generasi Milenial

Mekari Conference 2024, yang berlangsung di ICE BSD pada 10 September 2024, mengangkat tema “Sustainable Growth Through Limitless Digital Innovation,” menyatukan lebih dari 60 pembicara dan ribuan pengunjung untuk membahas peran inovasi teknologi dalam pertumbuhan bisnis berkelanjutan.

Shares: