review1st.com – vivo V30e menjadi opsi lebih terjangkau bagi konsumen yang menginginkan V30 Series dengan budget yang ramah kantong. Meski tercatat sebagai yang termurah di serinya, V30e tetap memberikan fitur yang menarik terutama pada kamera.

Ada banyak peningkatan dibanding generasi terdahulu. Contohnya All-New Aura Light Portrait yang dapat menghasilkan foto portret menawan termasuk pada kondisi cahaya yang menantang. Selain itu dari segi desain smartphone ini terlihat cantik dan tidak pasaran.

Untuk mengetahui lebih jauh seperti apa kemampuannya, meja redaksi kedatangan unit vivo V30e yang akan kami ulas secara lengkap. Tidak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak review vivo V30e berikut ini!

Review vivo V30e

Desain dan Layar

Ulasan kami mulai dari pembahasan desain. vivo V30e hadir dengan desain yang ramping, stylish, dan nyaman digenggam. Smartphone memiliki bodi tipis dengan ketebalan hanya 7.75mm untuk varian Giri Merah, dan 7.65mm untuk varian Banyu Biru. Bobotnya pun tergolong ringan, yaitu 188g untuk Giri Merah dan 179g untuk Banyu Biru.

Review vivo V30e: Harga Lebih Ramah Kantong, Kamera Tetap Memukau

Varian warna yang hadir di meja redaksi kami adalah Giri Merah. Warnanya sangat unik, dengan dua bagian berbeda pada penutup belakangnya sehingga seolah-olah menampilkan kesan dual-tone, yang membuat tampilan eksterior dari perangkat ini lebih estetik.

Sementara pada bagian kamera, vivo mengadopsi desain ‘Time Messenger’ seperti jam tangan mewah. Kombinasi antara warna Giri Merah dengan nuansa dual-tone dan frame kamera bulat dengan konsep Time Messenger menghasilkan desain yang premium, bahkan salah satu yang paling bagus di kelas harganya.

Yang cukup mengejutkan, di balik desainnya yang stylish ternyata V30e memiliki fitur Touch Body Armor. Itu artinya bodinya dibuat lebih tangguh untuk durabilitas yang lebih baik. Smartphone ini sudah mengantongi rating IP64 untuk ketahanan dari debu dan cipratan air.

BACA JUGA
Fotografi Ponsel Menggunakan MediaTek Dimensity 7300-Energy: Menyelami Keindahan Bali dengan OPPO Reno 12 Pro

Bagaimana dengan paket penjualannya? vivo memberikan deretan item yang komplit mulai dari kepala charger, kabel USB Type-C, sofcase, SIM-Tray Ejector, serta buku panduan.

Pada bagian depan, vivo V30e mengusung layar 3D Curved Screen AMOLED berukuran 6.78 inci dengan resolusi FHD+ (2400 x 1080) dan refresh rate 120Hz. Layar tersebut memberikan pengalaman visual yang imersif dan mulus saat digunakan untuk bermain game atau menonton video.

Penggunaan di bawah sinar matahari yang terang pun tidak jadi masalah. Pasalnya, tingkat kecerahan layarnya sudah cukup tinggi, sehingga gambar yang disajikan tetap terlihat dengan jelas tanpa kendala.

Layar ini juga mampu menyajikan warna yang akurat dengan color gamut 100% DCI-P3. Selain lebih kaya dan enak dilihat, akurasi warna yang baik turut mendukung aktivitas penggunanya ketika ingin melakukan pekerjaan seperti editing foto dan video ringan.

Kamera

Berlanjut ke ulasan kamera, vivo selalu mengedepankan fitur portrait sebagai keunggulannya dalam hal fotografi. Berbekal kamera utama dengan sensor Sony IMX882 50 MP, V30e dapat menghasilkan foto portrait yang bagus dan rapi.

Pengguna bisa memanfaatkan mode 2x Professional Portrait Mode untuk memotret objek dengan jarak yang agak jauh. Dari segi framing pun menjadi lebih mudah, tanpa harus melakukan editing untuk menghilangkan bagian foto yang tidak perlu di sekitar objek.

Sementara All-New Aura Portrait sangat membantu ketika ingin menciptakan foto potrait dalam kondisi cahaya yang menantang.

Dengan lampu ini, V30e dapat mengatur kecerahan berdasarkan jarak antara kamera dengan objek. Hasilnya cahayanya lebih merata dan objek pun tampil lebih menonjol meski berada di tempat yang gelap.

Secara keseluruhan, hasil foto dari kamera utama 50MP Vivo V30e cukup memuaskan dengan detail yang tajam dan warna yang hidup alias tidak pucat. Dalam kondisi pencahayaan yang memadai, foto terlihat jernih.

BACA JUGA
Perfect Corp. Menghadirkan Solusi AI dan AR untuk Memberdayakan Brand Kecantikan dan Fesyen

Untuk low light, Super Night Mode mampu menghasilkan foto yang terang dengan detail yang masih terjaga dan layak bila ingin dipamerkan ke media sosial.

vivo V30e juga punya kamera ultrawide 8MP yang mampu menghasilkan foto dengan sudut pandang lebih luas. Walaupun kualitas detailnya tidak setajam kamera utama, tapi sudah sangat berguna untuk mengambil perspektif yang berbeda dalam mengabadikan momen.

Bagaimana untuk kebutuhan selfie? Kamera depan 32MP menghasilkan foto selfie yang bagus dan tajam. Untuk videografi, kamera utama V30e dapat merekam hingga resolusi 4K 30 FPS, sehingga cocok untuk para kreator konten.

Performa dan Baterai

Di balik desainnya yang memukau, ternyata vivo V30e juga menyimpan hardware yang bertenaga untuk mendukung performa. V30e dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 6 Gen 1 4nm yang dikenal punya kinerja ngebut untuk semua kebutuhan, sekaligus lebih efisien dalam hal konsumsi daya.

Chipset ini menawarkan kecepatan khas ponsel kelas menengah, bukan yang paling kencang tapi juga tidak ketinggalan.

Untuk memori, V30e memiliki RAM 8 GB dilengkapi fitur Extended RAM untuk menambahkan memori virtual hingga 8 GB lagi. Total RAM 16 GB tentu sudah lebih dari cukup untuk multitasking membuka banyak aplikasi sekaligus.

Selain mampu memberikan kinerja yang lancar untuk aktivitas harian, spesifikasi seperti ini juga bisa diandalkan untuk main game. Mobile Legends dapat berjalan mulus dengan setting paling tinggi. Sementara PUBG Mobile juga bisa dimainkan dengan frame rate yang stabil, dan ponsel tidak terasa panas.

Ruang penyimpanan vivo V30e juga tergolong besar, 256 GB. Pengguna bisa mengunduh banyak game berukuran jumbo tanpa takut storage cepat habis. Kita sama-sama tahu bahwa game seperti Genshin Impact bisa bikin memori cepat penuh kalau ruang penyimpanannya kurang lega.

Beralih ke pembahasan baterai, vivo menyediakan kapasitas 5.500 mAh yang lebih besar dibanding ponsel kelas menengah pada umumnya. Walaupun secara angka tidak signifikan perbedaannya, ternyata dalam hal ketahanan V30e sangat baik untuk diajak bepergian seharian penuh.

Kebutuhan pengisian daya bisa mengandalkan fitur fast charging 44W. Waktu pengisiannya sekitar 1 jam 20 menit saja, tidak terlalu lama sehingga pengguna bisa cepat kembali melanjutkan aktivitas.

BACA JUGA
Rasakan Pengalaman Gaming Terbaik dengan Paket Gaming Samsung Galaxy A55 5G

Kelebihan dan Kekurangan vivo V30e

Vivo V30e membawa kelebihan pada desainnya yang lebih premium dari kebanyakan smartphone lainnya di segmen harga yang sama. Selain itu, kameranya juga patut diacungi jempol terutama berkat All-New Aura Portrait yang mampu menghasilkan foto apik di berbagai kondisi cahaya.

Dari segi performa tidak kalah menarik. V30e memberikan kinerja yang gesit, sekaligus efisiensi daya yang optimal untuk bekerja seharian. Layarnya juga modern dengan model Curved serta refresh rate tinggi 120Hz. Dalam paket penjualannya, konsumen langsung diberikan charger 44W yang dapat mengisi daya secara cepat.

Sedikit kekurangan ada pada speaker-nya yang belum stereo. Cukup disayangkan karena speaker stereo biasanya menjadi penawaran standar untuk sebuah ponsel kelas menengah.

Harga vivo V30e

Vivo V30e bisa dibeli di Indonesia dengan harga mulai dari Rp4.699.000 untuk varian 8/128 GB, serta Rp4.999.000 untuk varian 8/256 GB. Pembelian bisa melalui kanal online di vivo Official Store, maupun secara offline di seluruh toko rekanan vivo.

Spesifikasi vivo V30e:

Performa: Qualcomm Snapdragon 6 Gen 1, 8GB RAM + 128/256GB storage

Layar: 6.78-inch Curved AMOLED FHD+ (2400×1080), 120Hz

Kamera: 50MP main camera, 8MP ultrawide, 32MP front camera

Baterai: 5500mAh, 44W fast charging

Desain: 164.36 x 74.75 x 7.69 mm, IP64

Konektivitas: 2G, 3G, 4G bands, Fingerprint sensor, NFC

Sistem Operasi: Funtouch 14 (Android 14)

Fitur: Extended RAM 8 GB, jaminan baterai 4 tahun

Shares: