review1st.com – Di tengah persaingan ketat di pasar TWS, realme terus berkomitmen untuk menghadirkan inovasi yang memikat. Kali ini, perhatian kami tertuju pada realme Buds Air 6 Pro, produk terbaru yang menjanjikan performa audio yang mengesankan dengan fitur-fitur canggih.

Dengan berbagai klaim tentang kualitas suara superior, desain ergonomis, dan teknologi terbaru, realme Buds Air 6 Pro tampaknya siap untuk mengguncang pasar TWS di Indonesia. Harganya juga terbilang menarik untuk segala keunggulan yang ditawarkannya.

Dalam artikel review kali ini, kita akan mengeksplorasi setiap aspek dari earphone ini, mulai dari kualitas suara hingga kenyamanan pemakaian, untuk melihat apakah realme benar-benar dapat memenuhi ekspektasi penggunanya. 

Apakah Realme Buds Air6 Pro layak untuk menjadi pilihan utama Anda? Mari kita telusuri bersama!

Review realme Buds Air6 Pro

Desain Premium dan Nyaman Digunakan

realme Buds Air6 Pro dirancang dengan profil ergonomis yang mengikuti kontur telinga dengan baik. Hal ini memastikan fit yang nyaman dan stabil, bahkan saat digunakan untuk aktivitas fisik seperti berolahraga.

Review realme Buds Air6 Pro: Kualitas Audio Mantap, Fitur Lengkap

Anda juga bisa memilih beberapa ukuran ear tip yang telah disediakan dalam paket penjualan. Bentuknya mengikuti kontur alami telinga, sehingga mengurangi tekanan pada dan memungkinkan pemakaian jangka panjang dengan nyaman.

TWS ini mengusung desain bertangkai lengkap dengan ear tip silikon, dan dibuat menggunakan material yang ringan namun kuat. Finishing perpaduan antara glossy pada bagian tangkai dan matte untuk housing-nya memberikan tampilan premium.

BACA JUGA
Acer Luncurkan Tablet Iconia X12 AMOLED untuk Hiburan dan Produktivitas Maksimal

Ada dua pilihan warna, yaitu Titanium Twilight seperti yang tim redaksi ulas, atau Silver Blue. Pada casing-nya, realme Buds Air6 Pro juga menghadirkan efek glossy yang terlihat seperti cermin. Bagian atas casing ditambahkan glitter agar tampilannya tidak terlalu monoton sekaligus lebih mewah.

Yang tidak kalah menarik, realme Buds Air6 Pro mengantongi rating IP55 untuk ketahanan terhadap debu dan percikan air. Itu artinya, TWS ini aman digunakan ketika hujan ringan atau berkeringat ketika olahraga.

Kualitas Audio dan ANC

realme Buds Air6 Pro mengandalkan Dual Dynamic-Driver yang terdiri dari 11mm bass driver dan 6mm tweeter. Untuk koneksi nirkabelnya memakai Bluetooth 5.3 yang stabil, dengan dukungan codec SBC, AAC, dan LDAC.

Anda juga diberikan kemudahan untuk melakukan sambungan ke perangkat lain menggunakan fitur Google Fast Pair. Selain itu, realme Buds Air6 Pro mendukung Dual-Device Connection untuk terhubung ke dua perangkat sekaligus.

Lalu, bagaimana kualitas audionya? Secara keseluruhan amat baik. Karakter suaranya cenderung Balance. Bass terasa kuat namun tidak berlebihan, Mid enak, dan Treble-nya renyah tapi tidak menusuk telinga. Saat digunakan untuk menonton film, suaranya yang dihasilkan berhasil memanjakan telinga kami.

Ketika dipakai untuk mendengarkan lagu K-Pop berjudul ‘What is Love’ dari Twice, realme Buds Air6 Pro menunjukkan performa yang mengesankan dalam reproduksi bass. Beat yang energik dan bassline dari lagu ini terdengar jelas tanpa menjadi dominan berlebihan.

BACA JUGA
Telkomsel dan Viu Indonesia Luncurkan Program "Ni Hao Beijing" untuk Peluang Liburan ke China

Bagian mid pada Realme Buds Air 6 Pro menangani vokal dan instrumen dengan cukup baik. Vokal Jihyo, Nayeon, serta anggota Twice lainnya terdengar jernih dan terdefinisi dengan baik. Pada bagian chorus dan elemen-elemen yang lebih tinggi dari lagu “What is Love,” seperti cymbal dan efek suara, terlihat cukup terang dan jelas. 

Sementara ketika digunakan mendengarkan lagu Official HIGE DANdism berjudul ‘Pretender’, realme Buds Air6 Pro mampu menyajikan ketukan bass dengan cukup baik. Anda dapat merasakan kekuatan bass secara jelas, tetapi tetap dalam harmoni dengan rentang frekuensi lainnya.

Bagian Mid dari lagu terdengar seimbang. Nuansa emosional dan dinamika vokalnya dapat dirasakan dengan baik, berkat keseimbangan yang baik antara vokal dan alat musik. Instrumen akustik dan piano, yang memainkan peran penting dalam aransemen lagu, juga ditampilkan dengan detail yang memadai.

Treble yang dihasilkan tidak terlalu tajam atau menyakitkan di telinga, tetapi cukup terang untuk menonjolkan detail-detail kecil yang penting dalam lagu ini.

ANC, Spatial Audio, dan Fitur Lainnya

realme Buds Air6 Pro tidak hanya menonjolkan desain dan kualitas audio yang solid, tetapi juga dilengkapi dengan beberapa fitur canggih yang meningkatkan pengalaman mendengarkan dan gaming. Terdapat 6-ENC mikrofon yang terbagi menjadi 3 di kiri dan 3 di kanan.

Fitur Active Noise Cancellation (ANC) pada TWS ini mampu meredam suara bising hingga 50db. Suara frekuensi rendah dapat tertahan dengan baik, walaupun untuk frekuensi tinggi masih tembus ke telinga.

BACA JUGA
TECNO POVA 6 Pro 5G: Gaming Tanpa Henti dengan Bypass Charging dan Kapasitas Baterai Terbesar

Selain itu, realme Buds Air6 Pro menawarkan fitur 360 Spatial Audio yang memberikan pengalaman mendengarkan yang lebih imersif. Fitur ini dapat diaktifkan lewat aplikasi realme Link, untuk menciptakan ilusi suara 3 dimensi yang membuat Anda merasa seolah-olah suara datang dari berbagai arah.

Sementara untuk gamer, realme Buds Air6 Pro punya Gaming Mode yang akan menurunkan latensi hingga 55ms saja. Tidak ada delay yang berarti antara suara dan visual, sehingga memungkinkan Anda untuk merespons lebih cepat terhadap tindakan dalam game.

Kelebihan dan Kekurangan realme Buds Air6 Pro

realme Buds Air6 Pro menawarkan berbagai kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan menarik dalam segmennya, termasuk ANC yang efektif, Spatial Audio yang imersif, dan mode gaming dengan latensi rendah.

Kualitas audionya tergolong amat baik di kelas harganya. Anda bisa mendengarkan berbagai genre musik secara nyaman, karena karakter suaranya yang lebih ke arah Balance. Untuk main game dan menonton film pun asyik. Sedikit catatan adalah harganya yang agak di atas rata-rata pesaingnya dengan fitur serupa. 

Bagi yang berminat, realme Buds Air6 Pro bisa dibeli dengan harga Rp999.000, tersedia di seluruh toko realme di Indonesia, baik onlien maupun offline.

Shares: