review1st.comPOCO M5 adalah salah satu smartphone yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan gen Z. Meski dibungkus dengan harga sesuai budget tapi POCO yakin spesifikasinya bisa diandalkan.

Untuk membuktikan kemampuan serta performanya, kami menjadikan unit review POCO M5 sebagai daily driver selama beberapa pekan. Yuk simak bagaimana hasilnya.

Review POCO M5

Sebagai pendatang baru di segmen menengah bawah, POCO M5 mengusung aspek lebih segar dari pendahulunya dan kompetitornya. Mulai desain, fitur dan spesifikasi yang lebih kekinian.

Sebagai seri yang dianggap bisa mengakomodasi kebutuhan gaming oleh para fans-nya, HP POCO ini memang memiliki beberapa atribut pendukung. Chipset bertenaga, baterai besar dan layar refreah rate tinggi.

Sebelum start, kita unboxing paket penjualannya dulu. Seri ini dikemas dalam dus dengan balutan warna kuning. Lalu apa saja isi dalam dusnya?

Kelebihan dan kekurangan poco m5

Setelah membongkarnya, kami mendapatkan satu unit POCO M5, adaptor 18W, kabel USB type-C, buku panduan cepat dan kartu garansi.

Rancangan Bodi

Nah, unboxing sudah selesai, kita awali ulasan dengan membahas desain. Tampilan POCO M5 punya ciri khas tersendiri, terutama dari segi warna, tampil dengan trend sendiri. Ada warna Black, Green dan Yellow.

Menurut kami, bagian eksterior unit review POCO M5 mewakili anak muda banget. Materialnya memang dari plastik polikarbonat tapi feel-nya kokoh dan enak dipegang dengan tekstur kulit mewah.

Harga poco m5

Memiliki dimensi 164mm x 76.1mm x 8.9mm dengan berat 201g. Pada sisi kanan ada tombol power sekaligus fingerprint dan tombol volume.
Di sisi atas tertanam IR Blaster dan headphone jack.

Pada bagian kiri terdapat SIM tray yang bisa difungsikan sebagai 2 SIM + 1 MicroSD. Lantas Mic, USB-C, Speaker Mono ada di bawah.

BACA JUGA
OMODA E5: Mendukung Semangat Olimpiade dan Gaya Hidup Sehat di Jakarta Color Run Festival 2024

Layout frame kamera HP POCO dibuat kotak melebar dari sisi kiri ke kanan. Ini yang membedakan dari desain smartphone yang ‘umum’ saat ini.

Layar

Unit review POCO M5 yang kami pegang mengandalkan bentang layar 6,58 inci. Soal teknologinya, vendor menyematkan pabel IPS LCD dengan resolusi Full HD+.

Spesifikasi poco m5

Buat gamers, ada hal yang bisa membuat kalian tersenyum puas, yaitu dukungan refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 240Hz. Cukup responsif khususnya dipakai memainkan game first person shooter seperti Free Fire.

Kombinasi fitur di atas membuat visual yang ditampilkan sangat halus, dan kami merasakannya secara langsung.

Selain enak dipakai bermain game, layar POCO M5 ini sudah disertifikasi Widevine L1. Hal ini membuat smartphone bisa menyajikan konten Netflix dengan kualitas Full HD.

Hanya saja dalam kondisi luar ruangan, tampilan yang tertera di layar kurang maksimal. Kita harus setting pengaturan brightness ke tingkat tertinggi. Sebagai informasi saja, pencahayaan layar maksimalnya hanya mencapai 300 nits.

Performa

Poco m5

Demi menjaga performa perangkat, POCO membenamkan chipset Mediatek Helio G99 pada perangkat ini. Untuk ukuran smartphone harga 2 jutaan, menurut kami dapur pacu ini sudah mumpuni.

Prosesor octa-core 4G ini dibangun di atas proses manufaktur TSMC 6nm. POCO mengklaim performanya 35 persen lebih baik dibandingkan chipset 4G berteknologi 6nm lainnya.

Helio G99 mengusung konfigurasi 2 Arm Cortex A76 CPU dengan clock speed hingga 2.2GHz dan 6 Arm Cortex A55 dengan clock speed hingga 2.0GHz.

Untuk pengolah grafisnya, ditanamkan GPU ARM Mali-G57 MC2. Kombinasi GPU dan
CPU ini membuatnya optimal dipakai game seperti FF, COD Mobile hingga PUBG. Bahkan masih asyik dipakai bermain Genshin Impact dengan grafis rendah.

Sebagai penyempurna, hadir pula RAM sebesar 4GB berjenis LPDDR4X dan dukungan memory extension mencapai 2GB. Untuk storage, unit review POCO M5 ditanami memori internal 128GB.

BACA JUGA
Appdome Umumkan Hasil Survei Keamanan Aplikasi Seluler Tahun 2024 di Konferensi OWASP Global AppSec

Lebih jauh lagi, smartphone ini mengadopsi antarmuka MIUI 13 berbasis Android 12. Pengoperasiannya lebih smooth serta enak dilihat.

Overall, antarmuka MIUI pada POCO M5 cukup nyaman, dengan animasi dan ikon atraktif. Transisi layar, pergantian menu atau menjalankan berbagai aplikasi terasa mudah.

Kamera POCO M5

Review

Pada modul kameranya yang membentang horizontal di bodi belakang atas, POCO menanamkan tiga buah sensor. Kamera utamanya mengusung resolusi 50MP. Ditambah 2MP depth sensor dan 2MP macro.

Satu catatan, smartphone ini tidak menyediakan sensor ultra wide yang sejatinya bisa menghasilkan foto-foto estetik. Tapi buat penikmat fotografi makro, kalian masih bisa menggunakan fitur macro di HP ini.

Soal jepretan, kamera POCO M5 mampu menampilkan akurasi warna yang cukup baik, terutama pada kondisi outdoor siang hari atau indoor dengan cahaya melimpah.

Lebih jauh, buat pecinta selfie atau buat yang suka merekam vlog, disematkan kamera 5MP di area depan POCO M5.

Berikut sampel fotonya:

Baterai

Mengenai sumber dayanya, unit review POCO M5 yang kami pegang mengusung baterai berkapasitas 5000mAh. Tentu saja ini memberikan keuntungan dengan pengguna yang lebih sering kelayapan.

Baterainya membuat perangkat bisa bertahan seharian penuh dalam pemakaian normal. Durasi pengisian relatif standar, butuh waktu kurang lebih 2 jam untuk pengisian baterai dari 0% sampai 100%.

Review poco m5 kelebihan kekurangan harga spesifikasi

Harga POCO M5

Harga POCO M5 di Tanah Air dibanderol mulai Rp 2.199.000 untuk RAM 4 GB dan memori 64 GB. Sedangkan untuk RAM 4 GB dan memori 128 GB harganya Rp 2.399.000.

BACA JUGA
Ransomware: Ancaman Serius dan Strategi Menghindarinya

POCO M5 ini sudah tersedia di pasaran sejak 11 November 2022 di mitra resmi POCO baik di toko offline atau e-commerce.

Kelebihan dan Kekurangan POCO M5

Mencari produk dengan value for money yang sesuai kebutuhan kerap jadi PR pembeli. Nah, POCO M5 termasuk salah satu pilihan termudah yang kami rekomendasikan.

Beberapa kelebihan POCO M5 yang kami soroti antara lain desain yang terlihat premium dan out of the box. Di harga 2 jutaan, sektor dapur pacunya pun jadi nilai tambah yang tak bisa dikesampingkan.

Komponen unggulan lain yang tak kalah penting ada di sektor baterai yang kapasitasnya besar. Hanya saja dukungan fast charging masih kurang maksimal.

Buat kamera relatif standar, tidak ada yang menonjol. Kekurangannya yang terlihat mungkin pada material desain berbahan plastik. Tapi bisa tertutupi berkat tampilan yang atraktif.

Spesifikasi POCO M5:

  • Rilis: November 2022 (Indonesia)
  • Network: GSM / HSPA / LTE
  • Layar: DotDrop Display 6,58 inci, resolusi Full HD+
  • OS: Android 12, MIUI 13
  • Chipset: MediaTek MT8781 Helio G99 (6nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G57 MC2
  • RAM: 4 GB
  • Memori: 64 GB, 128 GB
  • Dimensi: 163,99 x 76,09 x 8,9, bobot 201 gram
  • Kamera Utama: 50 MP (wide) + 8 MP (ultrawide) + 2 MP (macro) + 2 MP (depth)
  • Kamera Depan: 13 MP
  • Baterai: 5.000 mAh, Fast Charging 33W
  • NFC: Yes
  • Warna: Black, Green dan Yellow
Shares: