Home Berita Review ASUS TUF A15 2021: Laptop Gaming Buas dengan Harga “Terjangkau”

Review ASUS TUF A15 2021: Laptop Gaming Buas dengan Harga “Terjangkau”

review1st.com – Raksasa elektronik Taiwan ASUS adalah salah satu nama paling menonjol di dunia PC, menjual produk dalam berbagai segmen terutama laptop gamingnya yang terkenal ciamik. 

Laptop ASUS serial TUF dengan spesifikasi gaming namun dengan banderol lebih ramah dikantong dibandingkan seri ROG yang lebih populer. 

ASUS mengumumkan TUF A15 baru-baru ini dengan peningkatan seri AMD Ryzen 5000 baru engan banderol harga mulai dari Rp. 12,5 Juta. 

Ada beberapa faktor pembeda yang membedakan lini TUF, salah satunya adalah sertifikasi pengujian tingkat militer MIL-STD-810H. 

Mari cari tahu lebih lanjut tentang TUF A15 dalam ulasan lengkap berikut ini.

Desain dan Tampilan

TUF A15 memiliki bodi yang agak tebal yang menimbulkan keraguan atas portabilitasnya, karena beratnya hampir 2,5 kg. 

Sertifikasi MIL-STD-810H pada TUF A15 akan menjamin laptop ini mampu bertahan di bawah nol hingga suhu panas terik. 

Sasis terbuat dari plastik dan memiliki sedikit kelenturan di bagian tengah sementara engselnya memiliki konstruksi kokoh yang dapat menopang tutupnya hingga sudut sekitar 120 derajat. 

Banyak ventilasi pendingin ditempatkan di bagian belakang dan kanan, sementara speaker hadir di kedua sisi laptop. 

Tombol daya memiliki tampilan heksagonal yang unik tetapi tidak ada sensor sidik jari. ASUS telah membuat branding TUF baru, yang jauh lebih bernuansa dan menarik daripada pendahulunya.

Seperti terakhir kali, hampir semua port ada di sisi kiri laptop, sementara port USB 3.2 Gen1 soliter ada di sebelah kanan.

BACA JUGA
Bikin Video Klip Pakai Galaxy A52s 5G? Hasilnya Awesome Banget!

Ada dua lagi di sebelah kiri di samping USB 3.2 Gen2 Type-C dengan kemampuan DisplayPort, port HDMI 2.0, port Ethernet, dan jack headphone 3.5mm. 

Kurangnya Thunderbolt 4 sudah jelas karena merupakan milik CPU Intel. Untuk konektivitas nirkabel, TUF A15 hadir dengan Wi-Fi 6 (802.11ax) dan Bluetooth 5.1.

AUSUS TUF 15 dengan layar dengan kecepatan refresh adaptif 144Hz, bersama dengan resolusi standar 1080p dan rasio aspek 16:9. 

Bezel pada layar cukup lebar di bagian bawah, tetapi ramping di tiga sisi lainnya.

Adaptive Sync memainkan peran penting dalam mencocokkan kecepatan refresh layar dengan output fps GPU.

Keyboard dan trackpad

ASUS menggunakan keyboard bergaya chiclet tradisional yang cukup menonjol di jajaran ROG dan VivoBook. 

Tombol-tombolnya dapat diklik, perjalanannya cukup dangkal dan ada numpad khusus berukuran penuh di sampingnya juga. 

Mengetik pada keyboard umumnya sangat mudah dan desain transparan tombol WASD adalah sentuhan yang bagus untuk bermain game. 

Untuk lampu latar, laptop ini memiliki cahaya RGB yang sangat terang yang menerangi semua tombol dan dapat disesuaikan melalui aplikasi Armory Crate di desktop, atau dengan menggunakan tombol panah pada keyboard. 

Omong-omong, tombol panah sedikit lebih kecil dari tombol biasa yang bisa menjadi penyebab kekhawatiran bagi para gamer. Ada tiga tingkat kecerahan untuk lampu latar.

Performa dan baterai

ASUS TUF A15 hadir dengan CPU AMD seri 5000 Ryzen 7 5800H berdasarkan arsitektur Zen 3 baru. 

BACA JUGA
14 HP ASUS Terbaru & Terbaik 2021 (Harga + Spek)

Ryzen 7 adalah unit pemrosesan octa-core dengan 16 thread dan kecepatan clock dasar 3.2GHz. TDP default adalah 45W dan karena dibuat menggunakan proses FinFET 7nm. 

TUF A15 tidak menunjukkan tanda-tanda lag bahkan ketika menjalankan 50 tab Chrome bersama dengan Shadow of the Tomb Raider pada pengaturan grafis tertinggi. 

Mode kinerja diaktifkan secara default dan saya melakukan semua pengujian yang terkait dengannya. Cinebench R23 single-core dan skor multi-core dari 1.423 dan 11.162 adalah bukti cukup untuk kemampuan CPU A15. 

Geekbench 5 juga menggemakan perasaan yang sama dengan skor 1.400 dan 7.188. Skenario kasus kerja sehari-hari disimulasikan dalam benchmark PCMark 10 yang menunjukkan skor keseluruhan yang sehat 6.591. 

Dalam hal memori, laptop ini dikemas dalam RAM DDR4 16GB bersama dengan SSD NVMe 512GB dan HDD 1TB. 

Selanjutnya, kemampuan grafis perangkat ditangani oleh NVIDIA RTX 3060 meskipun versi dasar laptop menggunakan GTX 1650.

Meski begitu, menyediakan GPU seri RTX 3000 dengan harga ini cukup mengesankan. Seperti disebutkan di atas, Adaptive Sync bekerja sangat baik dalam memberikan pengalaman bebas lag pada layar 144Hz. 

Benchmark Shadow of the Tomb Raider menghasilkan 91fps pada pengaturan tertinggi dan 86fps pada pengaturan tinggi. Time Spy 3DMark mengembalikan skor 7.538 yang konsisten dengan laptop bertenaga 3060 lainnya. 

Saat memainkan Valorant dan Call of Duty Warzone pada pengaturan Extreme dan Highest masing-masing untuk hitungan 100-110 fps tanpa keringat. 

BACA JUGA
Riot Games Meluncurkan Event Riotx Arcane Dengan Fitur Baru Dalam Game

Walaupun demikian, manajemen termal perangkat ditangani dengan baik oleh empat pipa panas dan tiga unit pendingin untuk menghasilkan kinerja yang berkelanjutan untuk waktu yang sangat lama. 

Perlu disebutkan bahwa speaker pada A15 tidak istimewa, dengan suara datar yang dapat dengan mudah ditutupi oleh suara kipas langit-langit di dekatnya.

Masa pakai baterai pada perangkat tergolong tidak bagus, dengan laptop mati hanya dalam waktu kurang dari 4 jam penggunaan normal yang melibatkan sebagian besar menjalankan Netflix. 

Kesimpulan

ASUS TUF A15 merupakan laptop gaming dengan spesifikasi mumpuni dan memiliki label harga yang tergolong terjangkau. 

Layar bisa lebih cerah, speaker lebih keras, dan daya tahan baterai jauh lebih baik, tetapi rata-rata gamer yang mencari entri ke segmen ini kemungkinan tidak akan terganggu oleh gangguan ini. 

ASUS TUF A15 adalah salah satu opsi terbaik untuk game entry-level di pasar.

Peringkat editor: 4 / 5

Kelebihan:

  • Bangunan yang kuat
  • Manajemen termal yang baik
  • Performa penuh daya
  • 144Hz Adaptive Sync bekerja dengan baik

Kontra:

  • Tampilan bisa lebih cerah
  • Daya tahan baterai di bawah standar
Previous articleCoocaa Meluncurkan Produk Airfryer untuk Mendukung Gaya Hidup Sehat
Next articleSitus Nonton Anime Sub Indo Gratis di HP Android
Sederhana dalam sikap, kaya dalam karya, bikin hidup, terasa lebih hidup