review1st.com – Acer baru saja meluncurkan Swift X 14 (SFX14-71G) pada bulan Juni lalu dengan spesifikasi tertinggi dan fitur tercanggih. Mulai dari 13th Gen Intel® Core™ i7-13700H Processor, kartu grafis yang powerful, layar OLED 14 inci dengan refresh rate 120Hz, FHD AI Webcam, Noise Cancellation, Auto Framing & Eye Contact, dan banyak lagi fitur menarik lainnya.

Berkat spesifikasi dan fitur tersebut, Acer mengklaim bahwa Swift X 14 (SFX14-71G) sangat cocok digunakan untuk memenuhi kebutuhan para konten kreator agar mereka dapat melakukan pekerjaan mereka dimanapun mereka berada. Untuk membuktikan klaim Acer tersebut, kami melakukan review Acer Swift X 14 (SFX14-71G), seperti berikut ini.

Desain Berkelas

Menggunakan sasis alumunium yang ringan, laptop ini memiliki bobot 1,55 kg dan ketebalan 17,99 mm. Saat kami jinjing laptop ini memang cukup ringkas dan ringan. Sehingga memudahkan kami untuk membawa ke kantor atau ke coffee shop terdekat.

Laptop ini juga terlihat lebih berkelas dan elegan, berkat balutan warna Steel Grey pada sekujur tubuhnya. Pada bagian depan laptop, terbentang layar OLED berukuran 14 inci serta sebuah webcam beresolusi FHD (1920 x 1080). Di bawah layar, terdapat sebuah keyboard dan touchpad.

Saat kami mengetik dokumen, bermain game kasual, dan kegiatan lainnya, keyboard terasa sangat empuk dan fast respon. Begitupun dengan touchpad yang terasa sangat responsif. Apalagi sudah diinstal sistem operasi Windows 11 Home dan aplikasi Microsoft Office Home & Student 2021 dalam setiap pembelian laptop ini.

Beralih ke bagian atas laptop terdapat logo Acer berukuran kecil dengan warna silver. Sementara di sisi kanan dan sisi laptop terdapat beberapa port seperti 2 port USB Type-C / Thunderbolt™ 4 port, 2 port USB Type-A Gen 3.0, slot Micro SD, Combo Audio Jack 3.5mm dan sebuah port HDMI 2.1.

BACA JUGA
ZTE Memenangkan Tiga Penghargaan Bergengsi di The 21st Annual Selular Award 2024

Layar Nyaman Dipandang Mata

Sesuai namanya, Acer Swift X 14 dibekali layar OLED berukuran 14 inci dengan resolusi 2,8K (2880 x 1800), aspek rasio 16:10 dan dukungan color gamut 100% DCI-P3. Dengan screen body ratio hingga 90% dan dukungan refresh rate 120Hz yang membuat transisi gambar lebih halus, serta tingkat kecerahan hingga 500 nits. 

Terbukti, saat kami bermain game kasual, mengedit video, menonton film dan serial, serta rutinitas lainnya visual yang disuguhkan memang lebih detail dan memanjakan mata kami. 

Selama kami melakukan rutinitas dengan menatap layar dalam waktu lama, mata tidak terasa lelah. Ini berkat dukungan sertifikasi EyeSafe yang terdapat pada layar Acer Swift X 14.

Performa Berkualitas Tinggi

Peranan layar memang sangat berpengaruh dalam menyuguhkan visual berkualitas tinggi. Namun, kehadiran Prosesor dan kartu grafis dalam urusan grafis juga sangatlah penting. Kartu grafis powerful ini berkapasitas 6GB yang disematkan pada laptop ini menyuguhkan grafis hingga 45% lebih kencang dibandingkan versi sebelumnya. 

Kinerja laptop ini juga ditunjang oleh Intel® Core™ i7-13700H Processor yang bekerja lebih cepat 60% dibandingkan versi sebelumnya, yaitu Intel® Core™ i7-1260P Processor. Prosesor ini memiliki daya 45W dan 14 cores, sertifikasi Intel® Evo™ Platform dan dukungan fitur Intel® Unison™. 

Berkat kombinasi CPU dan GPU tersebut, game kasual seperti LEGO Star Wars: The Skywalker Saga sanggup dilibas habis oleh laptop ini dengan tampilan tajam dan detail. Selain itu, kami juga mengedit video menggunakan Adobe Premiere Pro. Hasilnya tidak ada kendala sama sekali, khususnya pada proses rendering.

Karena ditujukan untuk konten kreator, laptop ini juga sudah diinstal eksklusif software Studio Driver. Software tersebut juga bisa digunakan untuk mengedit video, sehingga sangat tepat bagi para konten kreator untuk membantu mewujudkan ide kreatif menjadi nyata dengan bantuan Artificial Intelligence (AI).

BACA JUGA
Inovasi Samsung AI Ultrasound dan Radiografi Digital Mendorong Praktisi Kesehatan di Indonesia

Laptop ini juga ditunjang Intel® Evo™ platform memberikan jaminan responsivitas, daya tahan baterai, konektivitas, audio, layar, dan desain tipis serta ringan yang luar biasa yang dibutuhkan untuk bergerak bebas dan tetap produktif.

Ditambah lagi, laptop ini ditenagai baterai berkapasitas besar (76Wh) dengan daya tahan baterai hingga 13 jam yang terbukti irit selama kami gunakan untuk bermain game kasual, mengedit video, dan kegiatan lainnya.

Guna menunjang rutinitas para konten kreator, Acer Swift X 14 memiliki sistem pendinginan baru yang mampu meningkatkan aliran udara hingga 27% dan dialirkan hingga ke semua sisi. Sehingga membuat laptop ini jadi lebih dingin terutama ketika mode Turbo diaktifkan, selama kami gunakan hampir seharian.

Meeting Online Lebih Lancar

Sempat disinggung di atas, laptop ini dibekali webcam beresolusi FHD (1920 x 1080). Webcam ini juga didukung teknologi Acer TNR Solution dan Acer PurifiedView yang mengandalkan AI, sehingga membuat meeting online kami jadi semakin lancar.

Apalagi webcam ini didukung teknologi Noise Cancelation yang membuat suara kami dan rekan kerja terdengar jelas dan jernih saat meeting online.

Dengan fitur Automatic Framing memungkinkan kamera secara cerdas dapat membingkai wajah kami dalam posisi terbaik. Didukung fitur Eye Contact yang membuat mata kami seolah-olah selalu melihat ke depan kamera. Kemudian fitur Background Blur akan memudahkan kami dalam menghilangkan gangguan dari background.

Koneksi internet saat meeting online dan kegiatan lainnya juga terasa sangat cepat berkat dukungan Intel® Killer™ Wi-Fi 6E 1675i, teknologi 2×2 MU-MIMO, serta 802.11a/b/g/n/acR2+ax wireless LAN. 

Kesimpulan

Dari segi desain, laptop ini memang lebih berkelas dengan sasis aluminium dan balutan warna Steel Grey. Laptop ini memiliki bobot 1,55 kg dan ketebalan 17,99 mm cukup ringkas dan ringan saat kami bawa ke kantor atau ke coffee shop terdekat.

BACA JUGA
Manfaat Berlari dengan Data Empiris dari Garmin: Kesehatan Pikiran dan Tubuh

Layar OLED 14 inci dengan resolusi 2,8K (2880 x 1800), aspek rasio 16:10 dan dukungan color gamut 100% DCI-P3 serta refresh rate 120Hz pada laptop ini, membuat transisi gambar lebih halus saat kami mengedit video, dan bermain game kasual. 

Berkat kombinasi Intel® Core™ i7-13700H Processor dan GPU yang powerful berkapasitas 6GB, game kasual seperti LEGO Star Wars: The Skywalker Saga dan software editing video Adobe Premiere Pro berjalan mulus dengan tampilan lebih halus di laptop ini. Apalagi sudah diinstal pula software Studio Driver bawaan yang cocok digunakan konten kreator.

Tidak hanya untuk gaming dan editing video saja, laptop ini juga sangat tepat digunakan untuk meeting online. Dengan fitur FHD AI Webcam, Noise Cancellation, Auto Framing & Eye Contact membuat kegiatan conference call dan meeting online menjadi lebih maksimal.

Acer Swift X 14 (SFX14-71G) tersedia dalam dua varian storage yaitu RAM LPDDR5 berkapasitas 16 GB dengan SSD 512 GB serta RAM 32 GB dengan SSD NVMe 1TB. Varian 16/512 GB dibanderol dengan harga mulai dari Rp 22.999.000. Sementara untuk varian 32 GB /1 TB dipasarkan dengan harga Rp 24.999.000. 

Keduanya juga sudah tersedia di Acer Official Store Indonesia secara online maupun offline. Untuk pembelian online, kamu bisa mengunjungi tautan berikut: https://store.acer.com/en-id/swift-x-sfx14-71g-nx-kevsn-003. 

Setiap pembelian Acer Swift X 14 (SFX14-71G) sudah disertakan pula garansi service selama 3 tahun, garansi parts selama 2 tahun dan 1 tahun Accidental Damage Protection. Selain itu, kamu bisa mengakses Acer eStore di https://store.acer.com/en-id/ dan www.acerid.com untuk informasi seputar produk terbaru Acer dan promo terkini. 

Shares: