review1st.com – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia, Telkomsel, penyedia layanan telekomunikasi digital terkemuka, mempertegas komitmennya dengan menghadirkan teknologi 5G Standalone (5G SA) pertama di Indonesia.

Komitmen ini mendukung transformasi digital lintas sektor dan mencerminkan visi perusahaan untuk memberdayakan masyarakat serta memajukan bangsa.

Rayakan HUT RI ke-79, Telkomsel Hadirkan Teknologi 5G Standalone Pertama di Indonesia

Telkomsel meluncurkan berbagai inisiatif strategis dengan teknologi 5G SA, termasuk 5G Live Broadcast, Fixed Wireless Access, dan Smart Glasses.

Inisiatif ini mencakup dukungan untuk upacara kemerdekaan di Ibu Kota Nusantara (IKN), penyediaan konektivitas untuk IKN Smart City Command Center, serta pelabuhan pintar di Benoa Bali dan 5G Smart Helmet di Maluku Utara.

Teknologi 5G SA di Indonesia

5G SA adalah jaringan seluler generasi kelima yang beroperasi secara mandiri, tanpa bergantung pada 4G. Teknologi ini menawarkan kecepatan internet yang lebih tinggi, stabilitas lebih baik, dan latensi rendah.

Dengan 5G SA, Telkomsel dapat mengoptimalkan jaringan untuk berbagai kebutuhan industri, seperti latensi rendah atau bandwidth tinggi.

Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna, menyatakan, “Kami sangat bangga dapat berkontribusi dalam perjalanan bangsa menuju masa depan yang lebih gemilang. Perluasan jaringan 5G dan pemanfaatan 5G SA diharapkan menjadi katalisator inovasi dan transformasi digital di Tanah Air.”

Inisiatif di Berbagai Lokasi

  • Pelabuhan Benoa Bali: Telkomsel menghadirkan teknologi Smart Port yang mencakup Cloud Phone, Redcap devices, dan AI Detection System. Teknologi ini meningkatkan keamanan dan efisiensi operasional dengan dukungan Mobile Private Network (MPN), memberikan layanan Virtual Phone berbasis Cloud dan video beresolusi tinggi secara real-time untuk pengawasan pelabuhan.
  • Maluku Utara: Telkomsel memperkenalkan 5G Smart Helmet untuk pekerja di Halmahera. Helm ini dilengkapi fitur peringatan bahaya, GPS, dan kemampuan merekam video, memungkinkan komunikasi dan koordinasi yang efisien serta pemantauan real-time oleh pusat komando.
  • IKN (Ibu Kota Nusantara): Telkomsel mendukung Kementerian Kominfo dengan teknologi 5G SA untuk 5G Live Broadcast dan Smart Glasses, menghadirkan siaran langsung berkualitas tinggi dari upacara kemerdekaan. Juga, di Rumah Teknologi Nusantara, Telkomsel memamerkan 5G AI Robot BellaBot, Games Interactive, Wearable Glasses Camera, dan Future Ride in Smart City.

Telkomsel telah menyiapkan 55 Base Transceiver Station (BTS) 5G dan 4G di IKN, serta mengoptimalisasi jaringan di Tol Balikpapan-Samarinda dan Tol Baru IKN. Infrastruktur ini mendukung lonjakan trafik data hingga 650%, dengan rata-rata payload harian mencapai 37.4 Terabyte, mencerminkan peningkatan aktivitas digital di IKN.

BACA JUGA
Telkomsel Hadirkan Jaringan 5G untuk Sukseskan PON XXI Aceh-Sumut 2024

Dengan langkah ini, Telkomsel tidak hanya memastikan kelancaran komunikasi selama acara, tetapi juga mendukung transformasi IKN menjadi smart city yang berkelanjutan.

Shares: