review1st.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menanggap serius kasus pencurian perangkat STB XL Home dengan mendukung tindakan tegas dari Polda Sumatera Utara (Sumut).

Melalui Satuan Reserse Kriminal, Polda Sumut berhasil menggulung sindikat penipuan dan pencurian STB yang mengaku sebagai petugas XL Home, dengan menangkap pelaku di Medan dan Binjai pada bulan Januari 2024 lalu.

Dalam operasi penangkapan tersebut, polisi berhasil menangkap pelaku penggelapan, penipuan, dan penadah STB dan ONT XL Home. Sebanyak 4 orang terduga pelaku yang mengaku sebagai petugas XL Home dan 1 orang penadah berhasil ditangkap. Dari tangan pelaku, disita sejumlah barang bukti berupa STB dan ONT sebanyak 15 unit.

Kasubdit III Jatanras Polda Sumatera Utara, Kompol Bayu Putra Samara, menyatakan bahwa penangkapan dilakukan setelah adanya laporan dari masyarakat dan koordinasi dengan XL Axiata.

Modus operandi keempat terduga pelaku adalah dengan berpura-pura menjadi petugas XL Home, mendatangi rumah pelanggan, dan mengambil perangkat XL Home dengan berbagai alasan. Para pelaku akan menghentikan status berlangganan jika pelanggan belum melakukan pembayaran.

Reza Mirza, Group Head Corporate Communications XL Axiata, mengapresiasi tindakan cepat dari Polda Sumut dalam menindaklanjuti laporan tersebut.

Meskipun pelanggan tidak dirugikan secara material, namun tindakan para pelaku telah mengganggu layanan XL Home dan merugikan nama baik perusahaan. XL Axiata tetap berkomitmen untuk melindungi pelanggan dari tindak kejahatan terkait layanan telekomunikasi dan data.

BACA JUGA
Peluncuran Produk Inovatif Huawei di Dubai Kreasi Global Lewat Teknologi Terkini

XL Axiata juga menghimbau pelanggan agar waspada terhadap tindak kejahatan, seperti penipuan, dan melaporkan ke Polisi atau nomor pengaduan pelanggan jika mencurigai adanya aktivitas mencurigakan.

Perusahaan juga mendorong pelanggan untuk melakukan pengecekan identitas petugas XL Home atau XL SATU Fiber dan menanyakan surat tugas kepada mereka sebelum memberikan akses ke rumah.

Dengan kerjasama antara pihak kepolisian dan XL Axiata serta kesadaran pelanggan, diharapkan keamanan dan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan XL Home dapat terus terjaga.

Shares: