review1st.com – Dalam konteks keamanan siber, fokus utama seringkali pada pencegahan dan penanganan sebelum terjadinya serangan. Namun, penting juga untuk mempertimbangkan tindakan pasca-serangan yang krusial, seperti forensik digital.

Forensik digital merupakan prosedur penting yang harus diimplementasikan oleh setiap organisasi setelah terjadinya insiden keamanan siber.

Analoginya seperti memasang sistem alarm dan alat pemadam kebakaran serta memiliki rencana pemulihan pasca-bencana. Proses ini tidak hanya membantu mengidentifikasi penyebab dari serangan tersebut, tetapi juga menyediakan bukti yang kuat bagi proses hukum.

Menurut pakar forensik digital Muhammad Nur al-Azhar, kesadaran akan pentingnya forensik digital masih kurang di Indonesia, yang juga mempengaruhi kebutuhan akan peningkatan tenaga ahli dan sumber daya manusia di bidang ini.

Thomas Gregory, Direktur Blue Team Operation PT Spentera, menegaskan perlunya meningkatkan implementasi forensik digital di Indonesia untuk memperkuat keamanan siber.

Berikut adalah beberapa praktik terbaik dalam implementasi forensik digital:
  1. Identifikasi: Mengidentifikasi dan mendokumentasikan bukti relevan dengan memprioritaskan bukti berdasarkan nilai dan volatilitasnya.
  2. Pengumpulan: Mengumpulkan perangkat digital yang potensial mengandung data berharga dan mengangkutnya ke laboratorium forensik untuk analisis lebih lanjut.
  3. Akuisisi: Memperoleh bukti digital dengan memastikan integritas data terjaga, menggunakan write blocker untuk mencegah perubahan data dan memverifikasi akurasi salinan menggunakan nilai hash.
  4. Preservasi: Memastikan integritas perangkat digital dan bukti dipertahankan melalui rantai kepemilikan yang terdokumentasi dengan baik untuk penggunaan di pengadilan.
BACA JUGA
Infinix XPAD Resmi Meluncur 27 Agustus: Tablet Perdana dengan Layar Luas untuk Pengalaman Gaming Tanpa Batas

Thomas Gregory menambahkan, “Dalam menangani insiden keamanan siber, pemahaman dan analisis yang mendalam sangat penting. PT Spentera siap memberikan dukungan melalui solusi forensik digital yang komprehensif untuk membantu organisasi di Indonesia mengatasi tantangan keamanan siber.”

Dengan memahami pentingnya forensik digital dan menerapkan praktik terbaik ini, organisasi dapat lebih siap menghadapi serangan siber serta meningkatkan keamanan dan integritas data mereka secara keseluruhan. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.spentera.com atau hubungi kami di PT Spentera.

Shares: