review1st.com – PT XL Axiata Tbk telah memastikan kesiapan jaringannya untuk mendukung arus mudik Lebaran tahun ini di seluruh lokasi yang akan dijangkau oleh masyarakat, termasuk jalur transportasi darat dan laut.

Khususnya untuk transportasi laut, XL Axiata telah memperkuat jaringannya di tiga jalur utama penyeberangan, yaitu Merak – Bakauheni, Ketapang – Gilimanuk, dan Padang Bai – Lembar.

I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, menyatakan, “XL Axiata telah menambah kapasitas, melakukan upgrade teknologi, dan mendirikan newsite untuk memastikan pelanggan kami mendapatkan sinyal 4G yang kuat selama berada di kapal penyeberangan.

Dengan demikian, mereka dapat menikmati berbagai layanan data seperti streaming video, gaming, dan browsing dengan nyaman, bahkan saat berada di tengah laut.”

Darmayusa menambahkan bahwa dengan adanya penguatan jaringan ini, sinyal 4G dapat meningkat secara signifikan, mencapai kecepatan hingga 95 Mbps saat di laut.

Sebelumnya, pelanggan sering mengalami kesulitan akses internet saat kapal berada di tengah laut karena jauh dari BTS yang melayani. Dengan penguatan ini, layanan internet juga dapat diakses oleh penumpang dalam jumlah yang lebih besar.

Sebagai contoh, sepanjang tahun, jutaan penumpang menyeberangi ketiga jalur penyeberangan tersebut. Merak – Bakauheni sepanjang 16 mil laut dengan waktu tempuh sekitar 2 jam, menghubungkan Jawa dengan Sumatera, sementara Ketapang – Gilimanuk sepanjang sekitar 3 mil laut dengan waktu tempuh sekira 1 jam, menghubungkan Jawa dengan Bali.

BACA JUGA
Semarak Muharram 1446H: Karyawan XL Axiata Membantu Anak Yatim di 15 Kota

Jalur Padang Bai – Lembar sepanjang 38 mil laut dengan waktu tempuh sekitar 4,5 jam menghubungkan Bali dengan Lombok.

Penguatan akses internet di jalur penyeberangan laut ini dilakukan sebagai antisipasi terhadap lonjakan trafik penggunaan data selama libur panjang Lebaran.

XL Axiata juga telah melakukan uji jaringan di jalur utama pulang kampung di berbagai daerah, dengan perkiraan trafik layanan akan meningkat sekitar 10% – 20% dibandingkan hari biasa.

Selain meningkatkan kapasitas, XL Axiata juga melakukan langkah-langkah antisipasi lain, seperti optimasi jaringan dan penyiagaan sumber daya yang memadai. Tim teknis siaga dan armada mobile BTS telah disiapkan untuk mendukung penguatan jaringan di berbagai lokasi rawan kepadatan trafik.

Selain itu, pemantauan kondisi jaringan dilakukan secara langsung melalui pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC). Dengan semua langkah ini, XL Axiata siap untuk memastikan sinyal lancar jaya selama perjalanan Lebaran bagi semua pelanggan mereka.

Shares: