review1st.com – Gelaran MotoGP di Mandalika akan segera dilaksanakan, tentunya banyak orang yang ingin menonton event Internasional tersebut, termasuk ingin tahu bagaimana caranya mencapai sirkuit Mandalika.

Oleh karena itu, bagi Anda yang akan menonton acara ini dari kota Jakarta, ada baiknya segera memesan tiket Jakarta Lombok di Traveloka sebab antusias masyarakat sangat tinggi. Anda pastinya tidak ingin gagal menonton MotoGP hanya karena telat membeli tiket bukan?

Setelah sampai di Lombok, sebenarnya Anda bisa mengikuti petunjuk jalan yang cukup jelas untuk bisa sampai di sirkuit Mandalika.

Ada beberapa  pintu kedatangan yang mendapat perhatian dari pemerintah untuk menonton acara ini, yaitu Bandara Internasional Lombok, Terminal Lombok Kayangan, serta Pelabuhan Lembar.

Nah, kenali yuk rute dan tata cara dari setiap pintu kedatangan supaya bisa tiba di sirkuit Mandalika dengan selamat!

1. Lokasi Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika digadang-gadang sebagai sirkuit balap tercantik di dunia. Hal ini terungkap dari cuitan akun resmi MotoGP di twitter. Sirkuit ini sendiri dibangun mulai tahun 2018 dan kurang lebih telah menelan biaya Rp1,1 triliun.

Menurut situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif secara total sirkuit Mandalika memiliki luas 1.035,67 hektar.

Selain dekat dekat Pantai Mandalika, sirkuit balap ini juga hanya berjarak 30 menit menggunakan kendaraan dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid di Lombok.

BACA JUGA
Telkomsel Hadirkan Aplikasi Fita di IndiHome TV untuk Gaya Hidup Sehat di Rumah

Arena balap ini memiliki 17 tikungan dan memiliki panjang lintasan 4,31 kilometer. Anda bisa mencapai sirkuit ini menggunakan kendaraan seperti mobil, bus DAMRI, taksi, bahkan pesawat. 

Untuk bisa memasuki lokasi pagelaran, Anda yang sudah membeli tiket secara elektronik wajib menukarkannya dengan gelang di area transit hub yang ada di lapangan parkir.

Di area ini Anda juga diminta untuk memverifikasi status vaksinasi melalui aplikasi PeduliLindungi.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk naik angkutan shuttle bus di dalam kawasan Mandalika. Ada tiga trayek yang yang disediakan untuk mengangkut para penonton menuju gerbang sirkuit.

2. Shuttle Bus di Dalam Sirkuit Mandalika

Setelah Anda menukarkan gelang maka ada tiga trayek bus yang sudah disiapkan untuk membawa Anda ke pintu gerbang sirkuit. Trayek pertama berwarna hijau, kemudian biru, dan yang terakhir berwarna ungu. Masing-masing shuttle bus memiliki kapasitas 30 orang penumpang.

Shuttle bus dengan trayek berwarna hijau melayani penumpang dari parkir barat Masjid Nurul Bilad menuju Gate 3 pada bagian barat sirkuit.

Jarak keberangkatan bus dengan trayek berwarna hijau sendiri adalah satu menit sekali. Adapun trayek dengan warna biru menghubungkan area parkir barat dengan Gate 1 di sebelah utara sirkuit Mandalika. Jarak keberangkatan tiap bus dengan trayek warna biru ini adalah dua menit sekali. 

Adapun shuttle bus dengan warna ungu melayani penumpang yang ingin masuk ke area sirkuit melalui Gate 1 dan Gate 3 dari area parkir timur Sunggung.

BACA JUGA
Redmi A3: Solusi Stylish untuk Pengguna Smartphone Entry level

Karena jaraknya yang lumayan jauh, kurang lebih 11 kilometer, bus ini memiliki waktu tempuh terlama. Namun, jadwal keberangkatan bus hanya berjarak satu menit sekali. 

3. Menuju Sirkuit Mandalika dari Bandara Internasional Lombok

Moda transportasi yang tersedia menuju Sirkuit mandalika adalah mobil pribadi atau sewaan, kemudian taksi, serta bus DAMRI.

Selain dari bandara, Perum DAMRI juga menawarkan rute dari sejumlah kawasan di Lombok, antara lain dari Senggigi, Pelabuhan Lembar, serta terminal Lombok Kayangan.

Harga tiket bus juga sangat terjangkau. Untuk sekali tiket perjalanan Anda hanya cukup merogoh kocek antara Rp15 ribu – Rp25 ribu. 

Apabila Anda berangkat dari bandara Internasional Lombok, maka bus menuju sirkuit Mandalika tersedia pada pukul 10 pagi, pukul 12 siang, kemudian pukul 2 siang, serta pukul 3 sore.

Setelah sampai di area parkir, Anda bisa menuju gerbang sirkuit menggunakan shuttle bus. Untuk informasi lebih lanjut mengenai moda transportasi bus DAMRI di sirkuit Mandalika, Anda bisa melihatnya di website dan aplikasi Perum DAMRI. 

4. Menuju Sirkuit Mandalika dari Pelabuhan Lembar

Pelabuhan Lembar sendiri diprediksi akan menjadi pintu masuk bagi kurang lebih 50% penonton yang hadir saat MotoGP. Ada 26 bus yang siap siaga melayani penumpang dari pelabuhan ini. Bus yang mengangkut penumpang sendiri akan melalui Jalan Bypass Mandalika.

Bagi Anda yang memilih untuk menggunakan Bus DAMRI bisa memilih jadwal bus pada pukul 8 pagi atau 9 pagi. Sedangkan jadwal bus dari sirkuit Mandalika menuju pelabuhan Lembar tersedia pada pukul 13.00 WITA dan pukul 14.00 WITA. Tiket bus dari pelabuhan Lembar menuju Sirkuit Mandalika hanya Rp25 ribu saja. 

BACA JUGA
Refresh Pikiranmu dengan Staycation yang Mengagumkan di Youre.at!

5. Menuju Sirkuit Mandalika dari Terminal Kayangan

Jika Anda memutuskan untuk berangkat dari Terminal Lombok Kayangan, maka Anda dapat menjumpai moda transportasi umum  bus DAMRI ini pada pukul 7 pagi, pukul 8 pagi, pukul 1 siang, serta pukul 2 siang.

Sedangkan bus arah kembali dari sirkuit Mandalika menuju Terminal Kayangan tersedia pada pukul 10.00 WITA, 11.00 WITA, 16.00 WITA dan 17.00 WITA.

Karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari sirkuit, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp15 ribu untuk tiket bus DAMRI. Sangat terjangkau bukan.

Itu dia rute dan tata cara menuju sirkuit Mandalika bagi Anda yang ingin menikmati gelaran Internasional MotoGP di Lombok. Selamat menonton dan tetap jaga protokol kesehatan!

Shares: