review1st.com –Tokopedia dorong keberlanjutan bisnis melalui Mitra Tokopedia. Fokus dipersempit untuk hasilkan dampak positif jangka panjang di dalam ekosistem.

“Di aplikasi Mitra Tokopedia, persentase pengguna produk digital (pulsa, paket data, game voucher, token listrik dan lain-lain) jauh lebih tinggi dibandingkan produk grosir (sembako dan produk fisik lainnya),” jelas Head of Mitra Tokopedia, Carlo Yudhistira Praditya.

Kami mengeliminasi fitur Produk Grosir dan fokus pada penjualan Produk Digital dengan harga kompetitif. Tujuannya adalah memfasilitasi individu dan pemilik usaha untuk meningkatkan penghasilan mereka. – tambah Carlo.

21 Produk Digital dibagi dalam 3 kategori: (1) Pembelian (Pulsa, Voucher Game), (2) Dompet Digital (Saldo Dompet Gojek, Top Up GoPay), dan (3) Pembayaran (Tagihan Tokopedia, PDAM).

“Penyesuaian bisnis Mitra Tokopedia ini sejalan dengan tujuan grup perusahaan Tokopedia, yaitu grup GoTo, dalam membangun bisnis yang tetap bertumbuh secara jangka panjang,” kata Carlo.

Transaksi Biaya Pendidikan, Internet dan TV Kabel, serta E-Samsat di Mitra Tokopedia Meningkat Tajam Rata-Rata 4x Lipat

“Selain memberikan manfaat kepada individu dan pemilik usaha, Mitra Tokopedia juga terus berupaya membantu masyarakat, yang masih menghadapi tantangan dalam mengakses produk digital, untuk bisa lebih mudah membeli produk digital dari individu atau pemilik usaha (termasuk warung) yang bergabung di Mitra Tokopedia,” kata Carlo.

Mitra Tokopedia hadir untuk masyarakat di 700+ kota di Indonesia. Akses produk digital, seperti pulsa, paket data, token listrik, dll. Melalui individu atau pemilik usaha yang bergabung.

BACA JUGA
Dukung Pertumbuhan Dunia Kreatif dengan vivo V30e: Solusi Terbaik untuk Content Creator

Biaya Pendidikan, Internet dan TV Kabel, serta E-Samsat merupakan sejumlah produk digital dengan pertumbuhan paling pesat di Mitra Tokopedia pada kuartal I 2023 dibandingkan periode yang sama di tahun 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 4x lipat,” kata Carlo.

Berkat Mitra Tokopedia, Pemilik Warung di Sidoarjo Ini Bisa Bangkit dari Pandemi, Beromzet Belasan Juta Per Hari dan Berdayakan Ribuan Warga

Aditya Hermawan Sanjaya berbisnis sejak kuliah, jual voucher telepon fisik. Berkembang dengan teknologi, Aditya punya warung di Sidoarjo ‘Barokah Cell’ yang fokus berjualan produk digital, termasuk pulsa, paket data, dan tagihan seperti PLN dan BPJS.

“Saat pandemi, keuangan dan (transaksi) warung saya menurun drastis. Saya harus mencari cara supaya bisa terus berjualan.

“Akhirnya di 2022, saya bergabung dengan Mitra Tokopedia. Aplikasi Mitra Tokopedia membantu saya bangkit. Kini omzet warung saya bisa mencapai belasan juta rupiah per hari berkat Mitra Tokopedia,” ungkap Aditya.

Aditya bantu warga sekitar berjualan produk digital & edukasi nilai tambah aplikasi Mitra Tokopedia. Mitra Tokopedia bisa layani pembayaran E-Samsat dan PBB, memudahkan akses layanan publik warga.

Mitra Tokopedia gelar kampanye KETUPAT, hadiah total Rp100 juta. Program termasuk THR Misi Rejeki. Aditya jadi salah satu pemenang.

Minahasa, Raja Ampat dan Manokwari Selatan Jadi Wilayah dengan Peningkatan Transaksi Produk Digital Tertinggi di Mitra Tokopedia

“Ke depannya, Mitra Tokopedia bersama seluruh mitra strategis akan terus fokus membantu pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.

BACA JUGA
Telkomsel Kenalkan Ted: Digital Account Manager Berbasis AI untuk Peningkatan Layanan Bisnis

“Kami percaya bahwa hal tersebut hanya bisa terwujud jika ada kolaborasi dan inovasi,” ungkap Carlo.

Tokopedia dan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia kolaborasi digitalisasi warung. Mendorong adopsi platform digital oleh pemilik warung untuk pengembangan usaha.

Mitra Tokopedia bantu akses layanan publik seperti PBB dan E-Samsat. Transaksi PBB dan E-Samsat meningkat 1,5x lipat di kuartal I 2023 dibandingkan 2022.

Mitra Tokopedia dorong inklusi keuangan dengan Dompet Digital, mudah, aman, dan nyaman top up.

Mitra Tokopedia catat Sabu Raijua, Kaimana, dan Mappi sebagai wilayah penjual produk digital terbanyak. Peningkatan jumlah penjual hampir 3x lipat pada kuartal I 2023 dibanding tahun 2022.

“Kami juga melihat Minahasa (Sulawesi Utara), Raja Ampat (Papua Barat) dan Manokwari Selatan (Papua Barat) menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan transaksi produk digital paling tinggi di Mitra Tokopedia pada kuartal I 2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022, dengan rata-rata peningkatan sebesar lebih dari 5,5x lipat,” ungkap Carlo.

“Tokopedia akan terus mengkaji bisnis Mitra Tokopedia agar dapat dengan lebih baik memenuhi kebutuhan para pengguna khususnya individu dan pemilik usaha di seluruh Indonesia,” tutup Carlo.

Shares: