review1st.com – PT Metrodata Electronics Tbk (“Metrodata”) menggelar Metrodata Solution Day (MSD) 2024 di Shangri-La Hotels Jakarta. Dengan tema “AI Reimagined: Transforming the Future of Work”, MSD kali ini fokus pada peran penting kecerdasan buatan (AI) dalam meningkatkan efisiensi dan inovasi di dunia bisnis. Ini adalah tahun ke-19 penyelenggaraan MSD.

Generative AI (Gen AI) menawarkan peluang besar bagi dunia bisnis, mulai dari penghematan biaya dan peningkatan produktivitas hingga peluang inovasi baru.

Gen AI dapat mengotomatiskan produksi konten pemasaran, mempercepat desain produk, mengotomatisasi proses rutin, serta melakukan analisis data dengan presisi tinggi untuk pengalaman pelanggan yang lebih personal.

Di Indonesia, adopsi AI masih dalam tahap awal, memberikan peluang bagi bisnis untuk beradaptasi dan meningkatkan daya saing mereka.

Metrodata, melalui Solusi 8 Pilar yang mencakup Business Application, Cloud Services, Consulting & Advisory Services, Cybersecurity, Data & AI, Digital Business Platform, Hybrid IT Infrastructure, dan Managed Services, mendukung transformasi digital perusahaan di berbagai industri untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing.

“Di dunia yang terus berkembang ini, beradaptasi dan merangkul perubahan sangat penting untuk tetap relevan. AI adalah bagian integral dari strategi bisnis kita. Di MSD, kami menawarkan wawasan tentang adopsi teknologi AI untuk membantu bisnis berinovasi dan berkembang di era digital ini,” ujar Susanto Djaja, Presiden Direktur PT Metrodata Electronics Tbk.

BACA JUGA
Revolusi Pengalaman Pelanggan: XL Axiata Rayakan Hari Pelanggan Nasional 2024 dengan Promo Eksklusif dan Fitur AI

Menurut laporan Work Trend Index 2024 dari Microsoft dan LinkedIn, 92% karyawan kantoran di Indonesia sudah menggunakan generative AI di tempat kerja. 92% pemimpin bisnis lokal menyadari pentingnya AI untuk mempertahankan keunggulan kompetitif, meski 48% masih memerlukan rencana penerapan AI yang jelas.

MSD berupaya membantu organisasi dalam merumuskan visi dan rencana tersebut melalui empat peluang transformasi AI: memperkaya pengalaman karyawan, merevolusi hubungan pelanggan, menata ulang proses bisnis, dan menyederhanakan inovasi.

Ini dihadirkan melalui inisiatif Mitra Integrasi Informatika – Artificial Intelligence (MIAI) yang diluncurkan sejak Maret lalu.”AI generatif telah memasuki tahap produksi dan semakin banyak pelanggan yang beralih dari eksperimen ke produksi skala besar.

Bersama Metrodata, Google Cloud mendukung organisasi dari berbagai ukuran untuk berinovasi secara aman dan bertanggung jawab, membuka peluang untuk pertumbuhan jangka panjang,” ujar Fanly Tanto, Country Director, Indonesia, Google Cloud.

“Analitik prediktif dan AI generatif membuka cakrawala baru dalam inovasi bisnis, dari mengotomatisasi tugas rutin hingga menciptakan antarmuka percakapan. Anaplan berada di garis depan evolusi teknologi ini, membantu perusahaan memaksimalkan nilai data mereka,” kata Magdalena Hendrata, Area Vice President, Asia, Anaplan.

“Data streaming adalah teknologi dasar untuk masa depan AI, merevolusi cara kerja dengan meningkatkan kelincahan bisnis, mengurangi biaya, dan menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Platform data streaming Confluent menyediakan aliran data real-time yang mendukung aplikasi AI. Kami bangga berkolaborasi dengan Metrodata untuk mewujudkan potensi AI di Indonesia,” ujar Rully Moulany, Area Vice President, Asia, Confluent.

BACA JUGA
Erajaya Active Lifestyle Perkenalkan DJI NEO: Drone Ideal untuk Pemula

“Kolaborasi dalam ekosistem mitra yang kuat sangat penting untuk keberhasilan proyek AI dengan open source. Kerja sama kami dengan Metrodata memudahkan perusahaan di Indonesia untuk memanfaatkan potensi AI. Kami berharap dapat terus berkolaborasi untuk menciptakan solusi inovatif dalam hybrid cloud dan AI,” ujar Vony Tjiu, Country Manager, Indonesia, Red Hat.

Shares: