review1st.com – LinkedIn, jaringan profesional terbesar global, telah merilis data terkini mengenai pekerjaan, industri, dan skill yang sedang berkembang pesat di Indonesia, menawarkan wawasan berharga bagi para fresh graduates yang memasuki pasar kerja. Analisis LinkedIn menyoroti bahwa skill seperti analitik, desain, dan teknik menjadi pilihan utama di kalangan pemula saat ini.

Tren penempatan kerja di perusahaan-perusahaan di Indonesia menunjukkan kestabilan, dengan 75,3% posisi untuk tingkat pemula tetap berlokasi secara fisik, sementara 24,7% tetap dalam format hybrid.

Meskipun kesadaran akan tren kerja hybrid meningkat, perusahaan masih memberikan prioritas pada penempatan kerja di lokasi fisik. Oleh karena itu, para lulusan baru perlu menyesuaikan diri dengan dinamika industri yang terus berubah.

LinkedIn Ungkapkan Trend Pekerjaan dan Skill Paling Diminati untuk Fresh Graduates di Indonesia
Skills yang paling banyak dicari fresh graduates S1 di tahun 2023

Menurut Laporan Career Starter 2024 dari LinkedIn, sektor Layanan Konsumen menjadi primadona bagi para lulusan sarjana baru, sementara sektor lain seperti Minyak, Gas, dan Pertambangan, Konstruksi, Pendidikan, serta Layanan Administrasi juga menawarkan banyak peluang. Para pemegang gelar Master, khususnya, memiliki prospek yang cerah di sektor Minyak, Gas, dan Pertambangan, serta Jasa Keuangan.

Data LinkedIn juga mengungkapkan berbagai pekerjaan populer berdasarkan tingkat pendidikan. Sarjana dapat mengeksplorasi peran sebagai Spesialis Pemasaran, Spesialis Administrasi, dan Desainer Grafis, sementara pemegang gelar Master dapat memperoleh kesempatan sebagai Dosen atau Spesialis Administrasi. Tidak hanya itu, individu tanpa gelar akademis juga dapat meniti karier sukses sebagai Spesialis Administrasi, Spesialis Penjaminan Kualitas, atau Desainer Grafis.

BACA JUGA
Mendorong Pariwisata di Filipina Traveloka dan Cebu Pacific Menjadi Kemitraan Strategis

Terlepas dari latar belakang pendidikan, berbagai fungsi pekerjaan mengalami pertumbuhan pesat. Sarjana memiliki kesempatan di bidang-bidang seperti Spesialis Data, Spesialis Program, dan Data Entry.

Ketersediaan posisi remote jobs berdasarkan senioritas

“Memasuki pasar kerja memang menantang, terutama bagi para fresh graduates. Namun, dengan memahami tren industri dan peran yang diminati, serta bersedia mengeksplorasi peluang yang belum pernah terpikirkan sebelumnya, akan membuka jalan bagi karier yang sukses.

Keterampilan yang dimiliki saat ini dapat diterapkan secara lintas industri, sementara perkembangan teknologi seperti kecerdasan buatan menciptakan permintaan baru akan profesional dengan latar belakang yang beragam.

Penting bagi para pencari kerja untuk terus mengembangkan keterampilan mereka dan membangun jaringan dengan sesama profesional,” ungkap Serla Rusli, Ahli Karier LinkedIn.

Berikut adalah tips dari LinkedIn untuk memulai pencarian kerja tahun ini:

  1. Tampilkan keterampilan Anda secara jelas di profil LinkedIn Anda untuk meningkatkan visibilitas Anda di kalangan perekrut.
  2. Tunjukkan minat pada peluang kerja baru dengan fitur Open to Work di LinkedIn, dan berbagi konten tentang tren industri yang relevan. Kesempatan baru bisa muncul hanya dengan satu komentar.
  3. Perluas pandangan Anda. Banyak industri di luar bidang teknologi kini mencari profesional dengan keterampilan pemrograman karena peran AI semakin penting. Tetap up-to-date dengan tren perubahan karier semacam ini untuk memperluas peluang Anda. Bergabunglah dengan grup LinkedIn yang sesuai dengan keterampilan Anda untuk memperluas jaringan dan mendapatkan informasi tentang peluang karier.
BACA JUGA
Tingkatkan Literasi Digital dengan Internet BAIK Series 8 dari Telkomsel

Untuk membantu lulusan meningkatkan keterampilan mereka, LinkedIn menawarkan kursus LinkedIn Learning secara gratis hingga 30 Juni 2024:

  • Wawancara Kerja Virtual untuk Penutur Bahasa Inggris Non-Native
  • Optimalkan Profil LinkedIn Anda
  • Membangun Citra Profesional Anda di Pekerjaan Baru
  • Dasar-dasar Negosiasi
  • Menciptakan Kesan Pertama yang Hebat

Baca Panduan LinkedIn 2024 untuk Memulai Karier Anda untuk informasi lebih lanjut tentang membangun karier di industri yang berkembang di Indonesia.”

Shares: