review1st.com – Sejak 2018, TikTok menjadi tempat pilihan para kreator dan komunitas saling terhubung. Mereka mengekspresikan diri, menciptakan tren, belajar, dan menghibur satu sama lain.

Konten yang diunggah para kreator TikTok juga memberikan dampak positif di bidang sosial dan ekonomi di Indonesia. Ini memperkuat misi TikTok untuk menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan global.

Untuk menghargai kreator yang memberikan dampak positif, TikTok berbagi cerita inspiratif dari kreator yang menciptakan dunia daring yang lebih baik untuk komunitas dan masyarakat di Indonesia.

Siapa saja kreator tersebut? Mari kita simak ceritanya berikut ini. 

1. Bantu generasi muda lebih asertif dan percaya diri, Daffa bagikan kiat public speaking yang praktis dan mudah untuk diterapkan   

Teuku Daffa, atau Daffa, adalah seorang kreator muda yang rajin berbagi tips praktis tentang public speaking di TikTok. Melalui akun pribadinya, @daffaspeaks, Daffa ingin membantu masyarakat mengatasi rasa takut berbicara di depan umum dengan cara seru dan menyenangkan. Daffa, yang memiliki sertifikat Public Speaker dari BNSP RI, aktif membagikan skillnya sejak pandemi di TikTok.

Sebagai seorang yang dulunya pemalu, Daffa merasa bahwa public speaking merupakan sebuah skill dasar yang perlu dimiliki oleh semua orang. Daffa juga berpendapat bahwa kemampuan public speaking seseorang perlu dipupuk sedari dini agar semua orang, khususnya generasi muda, tidak hanya pintar dari segi kompetensi, tapi juga merasa percaya diri dalam menyampaikan pemikirannya.  

Selain berbagi teori dasar seputar public speaking melalui video singkat, Daffa juga membuat tantangan reguler yang ia namakan ‘PubSpeak challenge’. Melalui fitur ‘Duet’ di TikTok, Daffa mengajak komunitas TikTok untuk melakukan praktik langsung setelah mempelajari kiat dan teori public speaking yang ia bagikan.  

BACA JUGA
Telkomsel Hadirkan Aplikasi Fita di IndiHome TV untuk Gaya Hidup Sehat di Rumah

Berkat usaha Daffa, kini banyak anak muda Indonesia yang mampu mengembangkan keterampilan berbicara di depan umum. Beberapa dari followers Daffa bahkan juga merasa semakin percaya diri saat berbicara di depan umum, bahkan mendapat pujian dari sang dosen! Konten edukasi milik Daffa ini berhasil memikat hati para komunitas di TikTok, mendapatkan lebih dari 523 ribu followers dengan 5,9 juta   likes, loh! Salut banget ya buat Daffa! 

2. Dini menginspirasi para wanita dan ibu di seluruh Indonesia untuk terus konsisten dan tekun  dalam berkarya 

 

 

Dini Nurul Islami atau yang biasa disapa Dini merupakan seorang kreator affiliate di TikTok. Setelah mendapat restu dari sang suami, Dini pertama kali mengawali perjalanannya sebagai kreator TikTok pada tahun 2021. Melalui akunnya, @dininrli,Dini mulai menggunggah konten dan mengadakan sesi livestreaming untuk menawarkan kue kering jualannya.

Namun, perjalanan Dini tidak mulus karena video unggahan maupun sesi livestream yang ia adakan tidak berhasil menarik perhatian komunitas TikTok. Tidak patah semangat, Dini terus konsisten mengunggah konten yang lebih kreatif dan interaktif. Kerja keras Dini pun berbuah manis hingga membuat Dini kewalahan menangani banyaknya pesanan yang masuk setiap harinya.  

Melalui interaksi sehari-hari dengan para pengikutnya yang mayoritas berasal dari kategori ibu, Dini menyadari ada banyak ibu di luar sana yang mengalami kesulitan dalam memahami produk teknologi. Dini pun mulai merambah kategori teknologi dan bergabung dalam program affiliate di TikTok Shop untuk mengulas dan berjualan produk teknologi, khususnya yang dapat membantu kegiatan para ibu di rumah.  

BACA JUGA
Laporan Terbaru CyberArk: Serangan Identitas Meningkat di Perusahaan APJ

Berkat jerih lelahnya, Dini berhasil menjadi salah satu kreator affiliate teratas untuk kategori produk teknologi di TikTok Shop. Selain membantu masyarakat Indonesia menemukan produk teknologi dengan harga terbaik, Dini juga tidak segan untuk berbagi kisah suksesnya kepada para kreator affiliate melalui ajang seperti TikTok Shop Electronics Bootcamp.  

Sebagai kreator teknologi, Dini membuktikan perempuan juga bisa sampaikan penjelasan dan ulasan produk teknologi. Video dan livestream-nya membantu komunitas TikTok temukan produk sesuai kebutuhan.

Dini tunjukkan profesi kreator affiliate tak bisa dipandang sebelah mata. Berkat affiliate, Dini bantu perekonomian keluarga, beli mobil, dan kirim orang tua jalankan ibadah haji.
Kisah Dini sungguh menginspirasi!

3. Bentuk budaya anti-hoax, dr. Pras ajak masyarakat lawan misinformasi dan disinformasi seputar kesehatan umum bersama TikTok 

Sebagai seorang praktisi medis peduli kesehatan, dr. Pras sadar pentingnya peran dokter melawan disinformasi seputar kesehatan.
Dia melihat banyak informasi keliru tentang COVID-19 di platform digital tiga tahun lalu.

Oleh karena itu, dr. Pras bertanggung jawab untuk meluruskan informasi yang ada. Dia memanfaatkan interaksi dua arah di TikTok LIVE melalui akun @this.is.pras.

Dr. Pras membahas informasi dan fakta terkini tentang COVID-19.
Berkat respons positif dari komunitas TikTok, dr. Pras secara konsisten melakukan livestreaming hingga saat ini.

Setelah pandemi COVID-19 usai, dr. Pras berbagi ilmu dan informasi seputar kesehatan di TikTok secara real-time. Selama sesi LIVE, dr. Pras memberikan konsultasi gratis kepada audiens tentang masalah kesehatan. Ia juga membuat video singkat dengan tips praktis, misalnya mengatasi kaki kram saat tidur.

BACA JUGA
Ingin Menjelajahi Galaxy S24 Series Tanpa Khawatir? Ini 4 Tips Penting!

Apabila sebelumnya, masyarakat dan komunitas TikTok merasa kesulitan mencari sumber informasi yang dapat dipercaya mengenai kesehatan umum, berkat upaya dr. Pras, kini semua orang dapat dengan mudah mengakses informasi seputar kesehatan dari sumber terpercaya.

“Kami mengapresiasi para kreator TikTok yang menginspirasi masyarakat luas, termasuk di Indonesia. Dengan kreativitas dan partisipasi aktif, konten mereka memberikan manfaat langsung. Mulai dari tips kreatif pengembangan diri, info kesehatan, hingga ulasan produk yang jujur.

“Bersama para kreator, TikTok berkomitmen menciptakan dampak positif di Indonesia,” kata Mahwari Sadewa Jalutama, Country Head of Operations, TikTok Indonesia.

Dengan banyaknya kreator yang hadir setiap harinya, TikTok terus bersemangat untuk menyaksikan bagaimana para kreator luar biasa ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia. Simak berbagai kisah menarik tentang kreator lainnya di situs web tiktok.com atau aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di Apple App Store dan Google Play Store.  

Shares: