New MacBook Air (M1) 2020: Kelebihan, Harga dan Spesifikasi

#kamisukareview – New MacBook Air (M1) 2020 akhirnya resmi diluncurkan Apple pada acara launching 10 November ini. Meskipun kita telah melihat MacBook Air (2020) awal tahun ini, model baru ini hadir dengan beberapa perubahan yang cukup besar.

Oleh karena itu tidak seperti model sebelumnya, New MacBook Air M1 (2020) membuang prosesor Intel yang kemudian digantikan chip berbasis ARM milik Apple, yaitu New Apple M1 yang juga dilengkapi dengan macOS 11 Big Sur yang sudah diinstal sebelumnya.

Kelebihan New Macbook Air (2020)

Kelebihan New Macbook Air M1 (2020)

Persis seperti janji Apple yang mengatakan akan membawa perubahan besar pada macOS selama beberapa tahun ke depan demi memuaskan dan memudahkan kerja penggunanya. Laptop terbaru ini dirancang berjalan menggunakan chip M1.

Chip Apple M1

Menurut Apple, kelebihan chip khusus M1 ini akan memungkinkan New MacBook Air M1 (2020) untuk bekerja lebih baik dan bekerja lebih lama dengan penyimpanan baterai yang tangguh, sekaligus membawa manfaat kinerja besar lainnya.

Semua aplikasi yang biasanya dijalankan pada macOS pada MacBook berbasis Intel akan berfungsi dengan baik dan tanpa gangguan pada generasi baru (2020) ini. Berkat beberapa keajaiban perangkat lunak dengan alat Rosetta Apple, yang memungkinkan aplikasi berjalan pada arsitektur baru.

Kinerja Lebih Cepat

Apple juga mengklaim New MacBook Air ini tiga kali lebih cepat dari laptop lain di kelasnya, dan lebih cepat 98% dari laptop PC yang terjual dalam satu tahun terakhir.

Kinerja dapur pacunya sembilan kali lebih cepat dari versi sebelumnya, dan SSD-nya dua kali lebih cepat berkat M1 dan teknologi flash terbaru. Laptop ini akan hadir dengan layar Retina 13 inci, pengenalan wajah otomatis, dan banyak lagi.

Pada acara peluncuran New MacBook Air (2020) Apple, perusahaan menyatakan bahwa laptop tipis dan ringan keluaran terbaru dari Apple ini sekarang sudah tersedia dan dapat dipesan melalui online, dengan unit dapat mulai dikirim pada 16 November ini.

Harga New Mabcbook Air (2020)

Harga New Mabcbook Air (2020)

Harga New MacBook Air (2020) mulai dari $ 999 atau bila dirupiahkan akan berharga sama dengan Rp. 14.222.000. Seperti biasa, ada sejumlah spesifikasi yang tersedia saat peluncuran.

Dan kamu dapat menyesuaikannya lebih lanjut untuk mendapatkan New MacBook Air (2020) yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kamu.

Berikut adalah dan harga sesuai dengan konfigurasi yang ditawarkannya:

  • $ 999 (Rp. 14.222.000) : 8GB / 256GB, GPU 7-core, RAM 8GB dan SSD 256GB
  • $ 1.249 (Rp. 17.800.000) : 8GB / 512GB, GPU 8-core, RAM 8GB, SSD 512GB

Sebagai perbandingan, MacBook Air (2020) diluncurkan awal tahun ini dengan harga kisaran sekitar Rp. 14.222.000, yang sebenarnya lebih murah daripada harga peluncuran generasi tahun lalu (2019).

Versi MacBook Air (2020) sebelumnya yang sepenuhnya dimaksimalkan hadir dengan prosesor Intel Core i7 1.2GHz, RAM 16GB dan SSD 2TB, dan harganya $ 2.249 (Rp. 32.000.000). Akankah kita melihat konfigurasi top-end serupa?

Spesifikasi Kunci

Spesifikasi Kunci

Apple mengklaim peningkatan kinerja pada New MacBook Air M1 (2020) ini setara dengan grafik 5x lebih cepat dan kinerja CPU umum 3,5x lebih cepat.

Sebagai contoh kekuatan di sini, Apple mengatakan Anda dapat mengedit beberapa aliran rekaman ProRes 4K dan itu lebih cepat dari 98% laptop MacBokk edisi tahun lalu.

Selain itu, dengan chip M1 bertenaga rendah, MacBook ini tidak akan memerlukan kipas untuk pendinginan, membuatnya benar-benar senyap dan efesien.

Mengenai masa pakai baterai, kita tahu ‘Apple Sillicon’ baru akan lebih hemat daya, jadi tidak mengherankan jika New MacBook Air ini akan memiliki masa pakai baterai paling lama dari lini generasi sebelumnya

Bisa bertahan hingga 15 jam jika digunakan kerja online seperti berselancar diinternet, live streaming, atau kinerja yang lebih berat bahkan mampu bekerja hingga 18 jam jika hanya digunakan menonton video dan kerja offline lainya menurut Apple.

Ada beberapa peningkatan pada webcam juga, namun sepertinya resolusinya tidak ditingkatkan. Apple telah merinci beberapa peningkatan dari pada model Intel, berikut spesifikasi peningkatanya tersebut:

  • Ekspor proyek untuk web dengan iMovie hingga 3x lebih cepat.
  • Integrasikan efek 3D ke dalam video di Final Cut Pro hingga 5x lebih cepat.
  • Untuk pertama kalinya, putar dan edit beberapa aliran video 4K ProRes kualitas penuh di Final Cut Pro tanpa menghilangkan bingkai.
  • Ekspor foto dari Lightroom hingga dua kali lebih cepat.
  • Gunakan fitur berbasis ML seperti Smart Conform di Final Cut Pro untuk membingkai klip dengan cerdas hingga 4,3x lebih cepat.
  • Tonton lebih banyak film dan acara TV dengan masa pakai baterai hingga 18 jam, terlama di MacBook Air.
  • Perpanjang FaceTime dan panggilan video lainnya hingga dua kali lebih lama dengan sekali pengisian daya.

Apple juga mengumumkan detail spesifikasi dan konfigurasi New MacBook Air (2020). Konfigurasi dasar hadir dengan chip Apple M1, dengan CPU 8-inti dan GPU 7-inti, ditambah ‘Neural Engine’ 16-inti.

Ada RAM 8GB, penyimpanan SSD 256GB, ditambah layar Retina 13 inci dengan True Tone. Touch ID disertakan, dan ada dua port Thunderbolt.

Lalu ada versi dengan chip Apple M1 dengan CPU 8-core dan GPU 8-core. Inti ekstra yang dapat membuat perbedaan nyata dalam kinerja grafis New MacBook Air (2020).

Apple telah berjanji MacBook ini akan dapat memainkan game modern populer terbaru, sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh generasi sebelumnya. Bagaimana apakah kamu sekarang tertarik untuk memiliki macBook Air M1 baru ini?