review1st.com – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), bersama dengan penyedia solusi ICT global, Huawei, telah menyelesaikan konsolidasi jaringan inti berskala besar. Ini adalah pencapaian pertama di dunia, dengan melibatkan lebih dari 100 juta pengguna dan 26 lokasi di seluruh Indonesia.

Konsolidasi dan transformasi ke cloud core ini memakan waktu 14 bulan dan menandai langkah maju signifikan dalam inovasi teknologi komunikasi seluler.

Transformasi ini secara signifikan meningkatkan pengalaman jaringan bagi pengguna Indosat di seluruh Indonesia, khususnya di daerah pedesaan dan terpencil.

Indosat Selesaikan Konsolidasi Jaringan PS Core Terbesar di Dunia, Tingkatkan Pengalaman Pelanggan

Di Kalimantan, kecepatan unduh rata-rata meningkat 15%, dan rata-rata round trip time (RTT) untuk penggunaan Facebook berkurang 11%. Selain itu, pelanggan di Jawa Tengah melaporkan peningkatan kinerja dalam penggunaan Internet untuk gaming dan video streaming, menurut laporan pihak ketiga.

Desmond Cheung, Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, “Kami bangga menciptakan tolok ukur baru di industri telekomunikasi.

Konsolidasi jaringan inti ini mencerminkan komitmen kami untuk menghadirkan pengalaman digital kelas dunia kepada pelanggan. Dengan pencapaian ini, kami siap terus memberikan layanan yang mengesankan dan mendukung misi kami untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia.”

George Gao, President Huawei Cloud Core Network Product Line, menambahkan, “Melalui kerja sama yang erat, kami sangat senang melihat pencapaian besar ini dalam waktu singkat. Huawei akan terus mendukung Indosat dalam meningkatkan konektivitas, mempercepat inovasi layanan, dan menciptakan nilai dalam transformasi digital.”

BACA JUGA
Indosat Ooredoo Hutchison Rayakan Hari Pelanggan Nasional 2024 dengan Komitmen dan Penawaran Spesial

Proyek ini menunjukkan kekuatan teknologi dan dedikasi dari kedua belah pihak dalam mengatasi tantangan. Proyek ini termasuk analisis mendalam untuk menentukan solusi konsolidasi yang tepat.

Indosat dan Huawei menggunakan teknologi cloud-native terdepan, termasuk bare metal container dan solusi dual-engine container untuk mendukung jaringan inti 5G berskala besar.

Solusi dual-engine container mengelola mesin virtual (VM) dan container dalam platform terpadu, memungkinkan integrasi container yang lancar, mempercepat peluncuran layanan, dan mengurangi time-to-market (TTM).

Indosat dan Huawei juga menerapkan jaringan inti yang siap di masa depan dengan arsitektur cerdas dan hiper-terdistribusi 5G-A, memenuhi kebutuhan jaringan saat ini dan membuka jalan untuk fitur dan layanan 5G yang lebih beragam untuk pengguna toC dan toB.

Ke depan, Indosat dan Huawei akan terus berkolaborasi dalam membangun jaringan komunikasi seluler yang lebih cerdas, efisien, dan aman, serta meningkatkan pengalaman layanan bagi pengguna di Indonesia. Keduanya berkomitmen untuk menghadapi tantangan industri dan mendorong inovasi dalam teknologi komunikasi seluler di tanah air.

Shares: