review1st.com – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) Group mengumumkan komitmen untuk mengintegrasikan platform NVIDIA Blackwell ke dalam infrastrukturnya, bertujuan untuk memajukan Indonesia ke era baru teknologi AI berbasis kedaulatan.

Langkah ini menegaskan peran Indosat dalam mendorong adopsi AI dan machine learning di Indonesia, yang akan menjadi pendorong utama inovasi, pertumbuhan ekonomi, dan kedaulatan nasional.

Dengan platform revolusioner seperti Blackwell, Indosat bertekad membawa gelombang inovasi dalam layanan AI cloud di Indonesia.

Vikram Sinha, Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, “Integrasi produk NVIDIA Blackwell ke dalam infrastruktur kami menunjukkan komitmen kami terhadap kemajuan teknologi dan kedaulatan nasional.

Dengan teknologi Blackwell, kami memperkuat langkah kami dalam memberdayakan Indonesia, memimpin perubahan dalam kedaulatan AI, serta mendorong inovasi dan pertumbuhan ekonomi.”

Bayu Hanantasena, Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Lintasarta, menambahkan, “Penambahan teknologi terbaru dari NVIDIA ke dalam layanan kami mendukung visi kami untuk menjadi salah satu penyedia layanan cloud terkemuka di Indonesia, memperluas jangkauan kami ke lebih banyak pelanggan.”

Ronnie Vasishta, Wakil Presiden Senior Telecom NVIDIA, mengatakan, “Kedaulatan AI semakin menjadi fokus utama bagi negara-negara yang ingin mempercepat inovasi dan meningkatkan produktivitas.

Dengan mengadopsi platform Blackwell, Indosat siap untuk mengembangkan bisnisnya dan mendorong pengembangan Large Language Model yang akan memberdayakan Indonesia dengan AI generatif.”

BACA JUGA
Cara Baru Merchant Shopify Memperkuat Koneksi dengan Pelanggan Melalui Chatbot AI Sendbird

Dengan integrasi platform NVIDIA Blackwell, Indosat memberdayakan ekosistem bisnisnya dan menciptakan dasar bagi Indonesia untuk menjadi pemimpin global dalam kedaulatan AI.

Dengan kekuatan pemrosesan platform Blackwell NVIDIA, Indosat membuka peluang baru untuk berbagai industri, memanfaatkan potensi penuh AI dan machine learning untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan inovasi.

Indosat akan memanfaatkan GPU Tensor Core NVIDIA yang berbasis platform Blackwell untuk memberikan percepatan besar pada beban kerja inferensi, memungkinkan kinerja real-time untuk model bahasa multitriliun-parameter yang membutuhkan sumber daya besar.

Selain itu, GPU Tensor Core NVIDIA dengan DPU NVIDIA BlueField-3 akan mempercepat jaringan cloud, penyimpanan komposabel, keamanan zero-trust, dan elastisitas komputasi GPU di hyperscale AI clouds.

GPU Tensor Core NVIDIA, yang juga berbasis platform Blackwell, akan tersedia di NVIDIA DGX Cloud, layanan superkomputasi AI yang memberikan akses langsung kepada perusahaan untuk infrastruktur dan perangkat lunak yang diperlukan untuk melatih model AI generatif yang canggih.

Kolaborasi strategis antara Indosat dan NVIDIA yang pertama kali diumumkan di Mobile World Congress 2024 pada bulan Februari, menandai langkah awal Indonesia menuju keunggulan teknologi dan daya saing global.

Dengan platform NVIDIA Blackwell, Indosat siap untuk membuka potensi penuh AI dan machine learning, serta membantu Indonesia menegaskan posisinya sebagai kekuatan global dalam era baru kedaulatan AI.

Shares: