review1st.com – Gizmologi dan GadgetDiva resmi menggelar acara perayaan award tahunan Indonesia Gadget Award 2023 di Assembly Hall Menara Mandiri, Jakarta pada 14 November 2023.

Berkolaborasi dengan firma riset global Counterpoint, acara ini digelar untuk memberikan insight terbaru seputar gadget di tahun ini dan ke depannya, serta memberikan penghargaan khusus kepada sejumlah gadget terbaik yang layak dengan inovasi-inovasi terbaik.

Membawa tema “Inovasi dan Kolaborasi Wujudkan Resiliensi”, masyarakat Indonesia kini memasuki era endemi, di mana kegiatan sehari-hari telah dilakukan seperti sebelum pandemi berlangsung.

Dibandingkan dua tahun sebelumnya, intensitas untuk beraktivitas, bertatap muka, serta berkolaborasi tentu jauh lebih tinggi. Membutuhkan pendamping seperti gadget yang bisa membantu segala aktivitasnya.

Semangat kolaborasi juga selalu ditekankan oleh Presiden RI, Joko Widodo, agar kita semua dapat mengedepankan kerja sama di tengah rivalitas global yang terjadi saat ini. Untuk itu, kolaborasi menjadi bagian dari tema Indonesia Gadget Awards 2023. Hal tersebut turut dikonfirmasi oleh Prasetyo Herfianto selaku Ketua Pelaksana IGA 2023.

“Ide untuk melibatkan firma riset Counterpoint sendiri sudah kami rencanakan sejak tahun lalu, menjadikan IGA sebagai acara yang juga bisa memberikan hasil riset terkini tentang pasar gadget di Indonesia.

Tentunya tidak semerta dari kami, kami juga melibatkan para pembaca Gizmologi dan GadgetDiva untuk mengisi polling survei yang kemudian memberikan hasil penilaian dalam acara award ini.

Kami juga berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung kelancaran acara, termasuk teman-teman media, KOL, tech reviewer, brand, serta rekan PR yang ikut meramaikan acara ini.”

BACA JUGA
Telkomsel Sambut Iduladha 1445 H dengan Program CSR 'Sambungkan Senyuman'

Counterpoint Paparkan Tren Pasar Smartphone Q3 2023 

Menjadi salah satu bagian inti acara Indonesia Gadget Award 2023, perwakilan dari Counterpoint secara langsung membagikan insight baru terkait pasar smartphone selama Q3 2023.

Dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu, tren perilisan model smartphone baru meningkat hingga 10% YoY. Terutama pada segmen harga kurang dari Rp3 jutaan, dengan beberapa contoh seperti Infinix GT10 Pro, Redmi 12, maupun iTel P40. 

Dibandingkan tahun lalu, Samsung masih tetap merajai pasar smartphone Indonesia dengan jumlah pengapalan mencapai 20%, meski ada penurunan 1% dibandingkan tahun lalu.

Febriman Abdillah, Senior Analyst Counterpoint mengatakan, Samsung berhasil meraih peringkat pertama berkat dukungan dari smartphone dengan segmen harga kurang dari Rp3 jutaan maupun rentang harga Rp3-6 juta.

Yang tidak kalah menarik, Xiaomi berhasil menjadi brand smartphone yang behasil naik ke urutan ketiga, menorehkan nilai kenaikan tertinggi hingga 30% YoY di Q3 2023.

“Xiaomi terus berupaya dalam memperkuat pasokan, distribusi, serta program penjualannya melalui sejumlah metode seperti promosi maupun diskon khusus,” jelas Febriman.

Counterpoint memperkirakan bila ke depannya anggaran untuk membeli smartphone bakal menjadi tolak ukur dalam menentukan pilihan. Terkait hal ini, berbagi faktor seperti promosi  harga, program bundling, trade-in, hingga skema cicilan bisa menjadi pilihan yang mampu menarik pembelian.

Selain itu, intensitas penggunaan yang tinggi membuat konsumen semakin mengharapkan peningkatan spesifikasi seperti RAM, penyimpanan, baterai, layar, dan fitur kamera dalam harga terjangkau. 

BACA JUGA
HUAWEI MatePad 11.5 S Resmi Rilis di Indonesia: Tablet Serba Bisa untuk Produktivitas, Kreativitas, dan Hiburan

Lanjutkan Kolaborasi Demi Mendorong Pertumbuhan Ekosistem Teknologi

Keberhasilan brand dalam menghadirkan gadget terbaik dengan inovasi terdepan, terbukti langsung dengan hasil survei polling Gizmologi & GadgetDiva yang membuat mereka menjadi pemenang di Indonesia Gadget Award 2023.

Melibatkan masyarakat secara langsung, Gadget of the Year 2023 berhasil diraih oleh Samsung dengan smartphone terbaiknya, Galaxy S23 Ultra 5G yang serbabisa dan menjadi idaman pembaca. Menjadi bukti akan kualitas perangkat yang tinggi.

Indonesia Gadget Award 2023 telah melibatkan 1146 responden melalui survei yang dibagikan selama kurang lebih dua pekan.

Dari hasil survei tersebut, ditemukan tiga faktor penting penentu masyarakat ketika membeli smartphone, yakni kinerja yang mulus (20,53%), kualitas kamera (18,84%), serta harga yang bersaing (14,60%).

Dua poin penting setelahnya adalah dukungan baterai yang tahan lama serta memori lega untuk menyimpan banyak file maupun aplikasi.

Selain inovasi, kolaborasi juga dapat dilakukan untuk bersama-sama membangun industri lebih sehat, seperti yang disampaikan oleh Bambang Dwi Atmoko selaku Chief Editor Gizmologi.

“Pada kesempatan ini, mari kita merayakan semangat inovasi dan kolaborasi sebagai upaya untuk mewujudkan resiliensi dalam industri kita. Kita apresiasi pencapaian-pencapaian luar biasa untuk terus mendorong pertumbuhan ekosistem teknologi dan digital di Indonesia.”

Ke depannya, Indonesia Gadget Award akan diadakan secara rutin setiap tahun, secara kontinyu berkolaborasi dengan berbagai pihak demi memberikan insight yang relevan bagi semua pihak. Terus merayakan beragam inovasi baru yang akan hadir sepanjang tahun, memudahkan aktivitas maupun meningkatkan kualitas hidup sehari-hari.

BACA JUGA
Telkomsel Memperingati HUT ke-29 dengan Acara Nonton Bareng dan Program Loyalitas

Indonesia Gadget Award 2023 kali ini terselenggara berkat dukungan dari ASUS, Samsung, Telkomsel, Indosat, dan XL, serta beberapa media partner di antaranya TrendTech, Teknobuzz, Tek.id, YangCanggih, CanggihID, Gadgetsquad, Traveldiva dan Otodiva. 

Daftar Pemenang Indonesia Gadget Award 2023

Di perhelatan tahun 2023 ini, para pemenangnya adalah:

Best Gadget for Business

  • Best Laptop for Business: Lenovo ThinkPad Z13
  • Best Smartphone for Business: Samsung Galaxy Z Fold5

Best Gadget for Gaming

  • Best Laptop for Gaming: ASUS ROG Zephyrus Duo 16 GX650
  • Best Smartphone for Gaming: ASUS ROG Phone 7
  • Best Value Smartphone for Gaming: Infinix GT 10 Pro

Best Gadget for Creators

  • Best Laptop for Creators: ASUS Vivobook 14X OLED
  • Best Smartphone for Creators: Samsung Galaxy S23 Ultra
  • Best Value Smartphone for Creators: Samsung Galaxy A34 5G

Best Gadget for Education

  • Best Laptop for Education: ASUS Vivobook Go 14
  • Best Tablet for Education: Xiaomi Redmi Pad SE

Best Wearable Devices

  • Best Smartwatch: Huawei Watch GT4
  • Best Value Smartwatch: Xiaomi Redmi Watch 3 Active 
  • Best Audio Devices: JBL Tour Pro 2

Best Smart Home Devices

  • Best Smart TV: Samsung
  • Best Home Security: Bardi
  • Innovative Home Appliances: LG Wash Tower

Best provider

  • Most Innovative Internet Provider: IndiHome by Telkomsel
  • Most Innovative Telco Operator: Indosat Ooredoo Hutchison
  • Most Innovative Fixed Mobile Convergence: XL Satu by XL Axiata

Best Gadget for Woman: Garmin vivoactive 5

Gadget of The Year 2023: Samsung Galaxy S23 Ultra

Shares: