review1st.com – MSMB (PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa), sebuah startup agritech dari Sleman, Yogyakarta, telah menjalin kemitraan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam menerapkan teknologi berbasis IoT (Internet of Things) pada 7 greenhouse di Temanggung, Jawa Tengah.

Terletak di Desa Bansari, Temanggung, teknologi sistem pintar irigasi dan fertigasi presisi bernama Amerta telah diterapkan pada greenhouse di 7 kelompok tani, termasuk Kelompok Tani Bhumi Asih Agro, Kelompok Tani Gemah Ripah, dan lainnya.

MSMB, yang fokus pada pengembangan teknologi smart farming berbasis IoT, berharap implementasi layanan IoT ini dapat memberikan dampak positif pada sektor pertanian dan memudahkan petani dalam melakukan pertanian secara lebih efisien.

Implementasi Sistem Pintar Berbasis IoT oleh MSMB untuk 7 Green House di Temanggung

Aju Widya Sari, Direktur Telekomunikasi, Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, menekankan bahwa kolaborasi dalam implementasi IoT ini dapat meningkatkan ekonomi melalui pemanfaatan teknologi yang berkembang.

Didi Widjanarko, Chief Technology Officer (CTO) MSMB, menjelaskan bahwa Amerta akan membantu petani dalam proses irigasi dan fertigasi secara presisi dengan menggunakan sensor kelembaban dan suhu serta dashboard RiTx Smart Farming.

Harapan dari implementasi teknologi berbasis IoT ini adalah meningkatkan produktivitas dan efisiensi proses budidaya pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Kolaborasi dengan berbagai pihak dalam implementasi IoT ini adalah bagian dari komitmen MSMB untuk membantu petani menjadi lebih efisien dan produktif.

BACA JUGA
Telkomsel Menjadi Pionir Teknologi Wi-Fi 7 di Indonesia
Shares: