Home Berita Huawei Luncurkan Solusi Komputasi Awan Serbaguna

Huawei Luncurkan Solusi Komputasi Awan Serbaguna

Huawei Luncurkan Solusi Komputasi Awan Serbaguna

review1st.com – Minggu ini, Huawei menggelar “Carrier Cloud Transformation Summit” sebagai sesi penting dalam acara “Win-Win Innovation Week”.

Lewat sebuah paparan berjudul “Huawei Cloud: Enabling New Growth for Carriers” (Huawei Cloud: Mewujudkan Pertumbuhan Baru bagi Operator Telekomunikasi), DirectorCarrier IT Marketing & Solution Sales, Huawei, Chen Xuejun, melansir rangkaian pertama solusi komputasi awan Huawei yang berbasiskan skenario penggunaan dan berskala global untuk operator telekomunikasi.

Sederet solusi ini berfokus pada monetisasi jaringan, inovasi jaringan, dan optimasi kegiatan operasional agar operator menyambut transformasi komputasi awan dan akselerasi pertumbuhan.

Dengan kemajuan yang terwujud dalam 5G, komputasi awan, big data, dan edge computing, transformasi komputasi awan menjadi masa depan bagi operator telekomunikasi.

Menurut Gartner, operator di seluruh dunia akan menambah investasi infrastruktur TI dalam rangka transformasi komputasi awan dengan laju pertumbuhan tahunan majemuk (CAGR) sebesar 27% dalam lima tahun mendatang.

Huawei pun mengandalkan pengalamannya selama lebih dari tiga dekade di sektor telekomunikasi dan komputasi awan dalam beberapa faktor penting berikut untuk mendukung transformasi komputasi awan bagi operator:

  • pertama, pemilihan strategi transformasi dengan mempertimbangkan keunggulan masing-masing operator;
  • kedua, perencanaan jalur transformasi yang mempertimbangkan keamanan data, stabilitas sistem, dan kecepatan layanan;
  • ketiga, pemilihan mitra tepercaya, berpengalaman, dan kompeten demi mewujudkan kolaborasi yang saling menguntungkan.
BACA JUGA
Apa yang dapat kita pelajari dari efisiensi energi superkomputer
Chen Xuejun menyampaikan paparan

Huawei mengembangkan tiga faktor tersebut dalam solusi komputasi awan bagi operator telekomunikasi (carrier cloud).

Pertama, “Jaringan + Komputasi Awan” memperluas cakupan monetisasi jaringan. Solusi analisis jaringan dan komputasi awan-jaringan (cloud-network) mendukung operator dalam memperluas layanan dan cakupan pasar demi mewujudkan nilai tambah jaringan secara maksimal.

Bagi klien perusahaan di Tiongkok, Huawei Cloud menyediakan solusi implementasi Komputasi Awan + Jaringan + Keamanan yang memperluas cakupan solusi konvensional dengan TIK yang terintegrasi untuk melipatgandakan nilai tambah jaringan.

Kedua, Layanan + Komputasi Awan mempercepat inovasi layanan. Huawei Cloud mengandalkan pengalaman Huawei di industri telekomunikasi dan fitur platform komputasi awan canggih guna mempercepat pengembangan layanan oleh operator, serta inovasi di pasar.

Di Afrika, klien mengimplementasikan platform dompet seluler (mobile wallet) pada Huawei Cloud. Hasilnya, klien mempersingkat durasi peluncuran layanan dari hitungan bulan menjadi minggu.

Ekosistem Huawei Cloud bahkan semakin mempersingkat durasi dari hitungan bulan menjadi hanya satu minggu.

Ketiga, Kegiatan Operasional + Komputasi Awan meningkatkan efisiensi operasional. Huawei Cloud melakukan praoptimasi atas solusi komputasi awan untuk mendukung layanan telekomunikasi dasar, memperluas skala pengguna, dan menggerakkan pertumbuhan berkelanjutan pada layanan utama.

Sebuah operator telekomunikasi asal Asia menghitung bahwa hanya 10% pelanggan 5G yang memakai paket layanan 5G dan cakupan jaringan 5G.

Maka, Huawei memakai solusi data lake yang terdistribusi untuk melakukan analisis kolaboratif atas data business support system (BSS), meningkatkan efisiensi operasional, dan memperbesar konversi pemasaran untuk implementasi layanan 5G sebesar 180%.

BACA JUGA
Rekomendasi Perangkat Streaming Game JBL

Chen Xuejun menutup paparannya dengan komitmen Huawei Cloud. “Kunci bagi transformasi komputasi awan yang dijalankan operator terletak pada pemanfaatan komputasi awan yang lebih cerdas untuk jaringan, layanan, dan kegiatan operasional.

Huawei Cloud akan bekerja sama dengan operator global guna mentransformasi dan membuka ruang pertumbuhan baru.”

Acara “Win-Win·Huawei Innovation Week” berlangsung dari 18-21 Juli di Shenzhen, Tiongkok.

Bersama operator global, praktisi industri, dan pemuka opini, Huawei mengulas berbagai topik seperti 5,5G, pembangunan hijau, dan transformasi digital guna mewujudkan kesuksesan bersama di ekonomi digital. Informasi lebih lanjut tersedia di https://carrier.huawei.com/en/events/winwin-innovation-week

Previous articleEricsson Mendirikan Kantor Baru Kelas Duniadi Indonesia
Next articleMariSilicon X, Hadirkan Peningkatan Signifikan untuk Fotografi Potret
Hey there, I am using my mind.