review1st.com – Windows 11 resmi diluncurkan. Pembaruan, yang disebut “next generation” dari Windows, hadir dengan desain pembaharuan besar-besaran dari pendahulunya, mulai dari layar boot baru dan suara startup ke menu Start yang ditempatkan secara terpusat dan widget yang ditingkatkan.

Windows 11 juga menghapus elemen termasuk layar selamat datang “Hi Cortana” yang mengganggu dan Live Tiles.

Perusahaan yang berbasis di Redmond, Washington pada dasarnya bertujuan untuk melawan orang-orang seperti macOS dan Chrome OS dengan sistem operasi terbarunya.

[bacajuga number=3 tag=”laptop”]

Fitur Windows 11

1. Antarmuka baru

detail windows 11

Layar pengaturan baru dengan memberikan tampilan dan nuansa segar di semua elemen inti Windows. Ada sudut membulat pada menu dan jendela yang terlihat mirip dengan rilis iPadOS terbaru. Anda juga akan melihat menu Start di tengah yang ditujukan untuk memberikan pengalaman modern.

Pemosisian baru ini membuat Windows 11 lebih familiar bagi orang-orang yang menggunakan macOS atau Chrome OS. Anda juga dapat mengubah posisi dan membawa tombol Start ke kiri dengan masuk ke pengaturannya.

2. Suara notifikasi baru

Windows 11 juga hadir dengan suara dan peringatan baru, termasuk suara startup yang baru. Ada perubahan halus dalam hal gerakan juga. Selain itu, Anda akan mendapatkan tema baru, beberapa wallpaper baru, dan mode gelap yang ditingkatkan. Windows 11 juga menyertakan pengalaman widget yang diperbarui.

BACA JUGA
Samsung Galaxy S24 Ultra Membuka Olimpiade Paris 2024 dengan Spektakuler

3. Tampilan Multitasking

multitasking

Untuk pengalaman multitasking yang ditingkatkan, tombol maksimalkan sekarang memungkinkan Anda membagi layar aktif di antara beberapa area desktop. Microsoft menyebut pengalaman baru ini Snap Layouts. Tata letak ini memungkinkan Anda secara bersamaan membuka beberapa layar berbeda di komputer hanya dengan mengarahkan mouse ke tombol maksimalkan.

4. Keyboard sentuh

Windows 11 juga dilengkapi dengan keyboard sentuh yang ditingkatkan yang mencakup integrasi GIF dari Tenor. Ada juga keyboard virtual yang telah dimuat sebelumnya yang dapat ditempatkan di mana saja di layar. Pengguna juga dapat menggunakan dukungan dikte suara di seluruh sistem. Ada juga opsi seperti pengetikan suara dan perintah suara untuk memudahkan pengetikan Anda. Selanjutnya, ada beberapa tweak tingkat antarmuka untuk memungkinkan pengalaman sentuhan yang lebih baik.

5. Fitur multi-monitor khusus

interface

Windows 11 juga meningkatkan pengalaman bagi orang-orang yang menggunakan banyak monitor. Microsoft juga telah mengintegrasikan platform kolaborasinya Teams dalam Windows 11 dan menambahkan fungsionalitas mute dan unmute universal untuk membantu orang melakukan panggilan virtual dengan mudah. Demikian pula, ada fitur Desktop Share untuk memungkinkan pengguna berbagi jendela mereka dengan orang-orang yang terhubung melalui rapat virtual.

6. Peningkatan kinerja browser

Microsoft juga telah meningkatkan kinerja untuk browser berbasis Chromium. Selanjutnya, ada peningkatan khusus untuk Microsoft Edge, termasuk peningkatan dukungan untuk mengakses banyak tab dan untuk mesin dengan sumber daya terbatas. Browser Edge pada Windows 11 juga dilengkapi dengan dukungan tab vertikal.

BACA JUGA
Smartfren Run 2024: Wujudkan Gaya Hidup Sehat dengan Half Marathon di Jakarta

7. Fitur Gaming

Bersamaan dengan peningkatan yang berfokus pada produktivitas, Windows 11 memiliki beberapa perubahan signifikan untuk para gamer PC.

Ini termasuk dukungan untuk HDR Otomatis dan DirectX 12 Ultimate. Windows 11 juga menyertakan integrasi xCloud untuk mengaktifkan game cloud. Selanjutnya, ada akses Xbox Game Pass untuk para gamer yang memainkan daftar game populer di komputer mereka.

8. Microsoft Store

microsoft store windows 11

Microsoft Store pada Windows 11 dengan kemampuan pencarian baru dan desain yang ditingkatkan untuk memberikan jangkauan yang lebih baik kepada pembuat aplikasi.

Perusahaan juga telah memperkenalkan pendekatan ekonomi baru, yang disebut zero-revenue share, di mana itu akan memungkinkan pengembang untuk menyediakan aplikasi mereka melalui Microsoft Store tanpa mengambil komisi apa pun.

Perubahan khusus ini akan berlaku mulai 28 Juli dan akan memungkinkan pengembang untuk menggunakan platform perdagangan pihak ketiga mereka sendiri di aplikasi mereka dan mempertahankan 100 persen dari pendapatan mereka.

Microsoft Store juga telah mengintegrasikan Amazon Appstore untuk memungkinkan pengguna Windows 11 mendapatkan aplikasi Android langsung di komputer mereka.

Windows juga telah diberikan kemampuan untuk membuat aplikasi mereka tersedia melalui Microsoft Store seperti Win32, .NET, UWP, Xamarin, Electron, React Native, Java, atau Progressive Web Apps.

Microsoft juga mengumumkan bahwa Adobe Creative Cloud, Disney+, TikTok, Zoom, dan beberapa aplikasi aslinya seperti Microsoft Teams, Visual Studio, dan bahkan Notepad dan Paint akan hadir di Microsoft Store di Windows.

BACA JUGA
realme Kenalkan Teknologi "Ultra Clear Camera with AI" pada realme 13 Pro Series 5G, Memimpin Era Baru Fotografi

9. Pembaharuan belakang layar

Windows 11 juga menyertakan berbagai pembaruan di balik layar untuk menghadirkan pengalaman yang lebih cepat secara keseluruhan.

Microsoft mengklaim bahwa sistem operasi baru akan menerima pembaruan Windows 40 persen lebih kecil dan itu akan berjalan di latar belakang untuk memberikan pengalaman yang mulus kepada pengguna di ujung depan. Versi baru ini juga disebut-sebut memberikan daya tahan baterai yang lebih baik di perangkat seluler.

Ketersediaan Windows 11

Windows 11 awalnya akan tersedia untuk tujuan pengujian bagi anggota Windows Insider mulai minggu depan. Ini juga akan tersedia sebagai peningkatan gratis untuk pengguna Windows 10 akhir tahun ini.

Pada tahun 2022, pelanggan juga akan memiliki opsi untuk membeli Windows 11 dan menginstalnya di perangkat Windows 7 yang kompatibel.

Shares: