review1st.com – Eaton, perusahaan pengelola daya global, mengumumkan bahwa Televisi Republik Indonesia (TVRI) telah mengadopsi iCube 2.0 Micro Data Center (MDC) Eaton sebagai bagian dari transformasi digitalnya.

TVRI, lembaga penyiaran publik di negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, menggunakan Eaton iCube 2.0 di kantor pusatnya di Jakarta.

Solusi ini mendukung digitalisasi operasional di 29 cabang daerah dan memberikan layanan berkualitas tinggi kepada pemirsa di 18.000 pulau di Indonesia.

Upaya terbaru TVRI dalam digitalisasi merupakan bagian dari transformasi bisnis yang sedang berlangsung. Sejak tahun 2010, TVRI telah meluncurkan layanan penyiaran digital dan pada tahun 2018, mereka memperkenalkan layanan streaming online dan video-on-demand.

Tujuannya adalah menjadi platform yang dapat diakses di mana saja, kapan saja. Namun, tantangan bagi TVRI adalah memastikan transformasi digital merata di seluruh cabang mereka yang tersebar di wilayah Indonesia. Hal ini dikarenakan beberapa lokasi berada di wilayah terpencil yang belum terjangkau oleh jaringan listrik.

Solusi Infrastruktur Data Center Eaton iCube 2.0 untuk Pusat TVRI

Eaton iCube 2.0 adalah solusi infrastruktur data center “all-in-one” dengan komponen terintegrasi dan terkonfigurasi sebelum pengiriman. Dipasang dengan cepat di kantor pusat TVRI.

Teknologi edge computing memungkinkan dukungan komputasi dan penyimpanan dekat dengan pusat data, mengurangi latensi dan meningkatkan kinerja di kantor cabang TVRI. Respons real-time dan komunikasi yang cepat sangat penting dalam layanan penyiaran.

BACA JUGA
realme GT 6: Flagship Terbaru dengan Performa Terbaik, Rilis Global pada 20 Juni!

Ade Dianofiar, Kepala Tim Perencanaan dan Pengendalian Teknologi Informasi dan Media Baru TVRI, mengatakan, “Dengan Eaton iCube 2.0, kami memusatkan data di kantor pusat di Jakarta dan mengurangi redudansi di cabang.” Dianofiar menambahkan, “Seiring digitalisasi di setiap cabang, MDC membantu studio utama TVRI mendukung cabang di daerah menciptakan konten lokal.”

Dilengkapi dengan fitur anti-seismik, Eaton iCube 2.0 telah memperkuat ketahanan dan kesinambungan bisnis TVRI. Hal ini penting mengingat meningkatnya bencana alam yang dapat merusak infrastruktur daya dan mengganggu operasional penyiaran dan produksi.

Jimmy Yam, Wakil Presiden, Asia Timur di Eaton Electrical, menyatakan, “Lembaga penyiaran publik berperan penting menyampaikan informasi cepat, menghasilkan konten berkualitas, dan layanan telekomunikasi di lokasi terpencil. Dengan Eaton iCube 2.0 MDC, TVRI dan perusahaan penyiaran nasional lainnya dapat memperluas misi mereka.”

Setelah sukses menerapkan Eaton iCube 2.0 MDC di kantor pusat, TVRI berencana memodernisasi infrastruktur TI dan manajemen energi di stasiun daerah lain dengan data center mikro di masa depan.

“Kinerja Eaton iCube 2.0 telah menempatkan kami pada posisi yang lebih baik untuk mempercepat upaya digitalisasi kami,” ujar Dianofiar. “Kami yakin bahwa kami akan dapat memenuhi permintaan yang terus meningkat untuk konten siaran yang selalu aktif, sekaligus tetap tangguh dalam lingkungan operasional yang mudah berubah-ubah.”

Shares: