review1st.com – Selama kuartal I 2023, belanja online tetap populer di Indonesia dengan sekitar 80% konsumen digital yang meningkatkan penggunaan layanan digital. Ini juga terlihat dari tren belanja online di Tokopedia.

“Pada kuartal I 2023, produk seperti makanan dan minuman, perlengkapan kebersihan serta perawatan tubuh dan kecantikan menjadi beberapa produk yang paling laris di Tokopedia, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 3x lipat, dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya,” ungkap Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya. 

Ini Produk Terlaris di Tokopedia Selama Kuartal I 2023, Transaksi Produk Makanan Melesat Tajam

Pada kuartal I 2023, masyarakat melengkapi kebutuhan sehari-hari, khususnya produk makanan dan minuman di Tokopedia. “Kami mencatat produk seperti daging dan seafood, makanan sarapan serta beras dan makanan kering (seperti beras shirataki dan kacang almond) masing-masing mengalami peningkatan transaksi lebih dari 3x lipat, lebih dari 4x lipat dan lebih dari 6x lipat,” jelas Ekhel.

Masyarakat bisa dengan mudah melakukan belanja online dan mendapatkan bahan makanan segar serta produk kebutuhan lainnya dalam waktu 2 jam. Pembayaran cepat dan bebas ongkir dapat dilakukan melalui Tokopedia NOW!.

Tokopedia NYAM! menawarkan flash sale menu makanan dan minuman terkurasi mulai dari Rp10 ribu.

Peningkatan transaksi pada produk perlengkapan kebersihan di Tokopedia melebihi 3,5x lipat pada kuartal I 2023 dibandingkan tahun sebelumnya. Produk seperti sabun cuci piring, pembersih kaca, dan pengharum ruangan sangat diminati di Indonesia.

BACA JUGA
HUAWEI MatePad 11.5 S Resmi Rilis di Indonesia: Tablet Serba Bisa untuk Produktivitas, Kreativitas, dan Hiburan

Masyarakat bisa dengan mudah beli produk perlengkapan kebersihan melalui kampanye Waktu Indonesia Bersih. Kampanye ini menawarkan promo menarik seperti diskon hingga 90% untuk berbagai pilihan perlengkapan kebersihan, termasuk cairan pembersih dan pengharum ruangan.

Produk perawatan tubuh dan kecantikan sangat diminati masyarakat. Transaksi produk seperti sampo, vitamin, dan pengharum rambut meningkat hampir dua kali lipat pada kuartal I 2023, menurut Ekhel. Anda dapat menemukan berbagai produk perawatan tubuh dan kecantikan di Tokopedia Beauty dengan promo flash sale hingga 90%.

Transaksi Penjual yang Menggunakan Dilayani Tokopedia Naik Hampir 6x Lipat Berkat Inisiatif Hyperlocal Tokopedia

“Melihat tingginya antusiasme masyarakat dalam berbelanja online lewat Tokopedia, kami berupaya untuk terus membantu pelaku usaha memanfaatkan kanal digital sebaik-baiknya, untuk menciptakan peluang tanpa hambatan (zero barriers) lewat berbagai inisiatif, salah satunya lewat inisiatif yang berpendekatan Hyperlocal,” kata Ekhel. 

Kumpulan Toko Pilihan (KTP) misalnya, sebuah halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli. “Beberapa wilayah dengan kampanye KTP seperti Karawang (Jawa Barat), Madiun (Jawa Timur) dan Gianyar (Bali) mengalami peningkatan transaksi tertinggi di Tokopedia pada kuartal I 2023 dengan rata-rata peningkatan sebesar lebih dari 4x lipat,” jelas Ekhel.*

Di sisi lain, untuk membantu pelaku usaha menjangkau pasar yang lebih luas tanpa harus berpindah ke kota besar, Tokopedia menghadirkan Dilayani Tokopedia. Layanan pemenuhan pesanan ini memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi.

BACA JUGA
Menghadirkan vivo Y28: Desain Trendi dan Baterai Awet

“Data internal Tokopedia menunjukkan, pada kuartal I 2023 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, penjual yang memanfaatkan Dilayani Tokopedia mengalami rata-rata peningkatan penjualan hampir 6x lipat,” jelas Ekhel. 

Belanja Online Tetap Populer di Indonesia, Tokopedia Ungkap Produk Terlaris dan Peningkatan Transaksi di Kuartal I 2023
Foto: Layanan pemenuhan pesanan Dilayani Tokopedia bantu pelaku usaha untuk menjangkau pasar yang lebih luas 

Berkat Hyperlocal, Berbagai Wilayah Alami Peningkatan Transaksi pada Kuartal I 2023

Kehadiran inisiatif Hyperlocal mendorong pemerataan ekonomi di Indonesia. Wilayah seperti Maluku Barat Daya, Konawe Kepulauan, dan Lombok Utara mengalami peningkatan transaksi yang signifikan pada kuartal I 2023, hampir 2,5x lipat. Ungkap Ekhel.

Ekhel menyatakan bahwa Maluku Barat, Konawe Kepulauan, dan Lombok Utara merupakan wilayah dengan pertumbuhan transaksi antarpulau tertinggi di Tokopedia. Pada kuartal I 2023, rata-rata peningkatan transaksi mencapai hampir 2,5 kali lipat.

Prabumulih, Pandeglang, dan Pemalang menjadi wilayah dengan peningkatan transaksi tertinggi di Tokopedia pada kuartal I 2023.

Shares: