BeritaGadget

AMD Rilis FidelityFX Super Resolution Saingi Nvidia RTX DLSS

review1st.com – Fitur peningkatan resolusi Super FidelityFX AMD untuk game akan tersedia, dimulai dengan tujuh game dan akan diperluas ke 12 game lainnya dalam waktu dekat. Fidelity FX Super Resolution (FSR) adalah alternatif dari AMD untuk teknologi peningkatan Deep Learning Supersampling (DLSS) Nvidia. Keduanya bekerja secara berbeda, tetapi dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja game dengan memungkinkan game dirender pada resolusi yang lebih rendah dari resolusi asli, mengurangi ketegangan pada GPU, dan kemudian ditingkatkan ke resolusi asli yang diinginkan tanpa terlalu memengaruhi kualitas visual. Ini sangat relevan saat menggunakan efek visual penelusuran sinar intensif perangkat keras.

Menurut AMD, pendekatannya dengan FSR didasarkan pada standar terbuka, dan akan berjalan di berbagai perangkat keras termasuk GPU desktop dan laptop yang berusia beberapa generasi, dan juga GPU yang terintegrasi ke dalam CPU. Salah satu aspek yang menarik dari teknologi ini adalah bahwa itu adalah vendor-agnostik dan akan berjalan bahkan pada perangkat keras Nvidia saat ini dan generasi sebelumnya. Sementara DLSS terbatas pada tingkat GPU GeForce RTX premium Nvidia, FSR dikatakan berjalan bahkan pada model GeForce GTX yang lebih lama dan lebih rendah. Ini dapat membantu memperpanjang masa pakai perangkat keras lama.

Ada empat preset FSR – Ultra Quality, Quality, Balanced, dan Performance, yang masing-masing menargetkan resolusi input yang berbeda sehingga gambar target diskalakan antara 1,3X dan 2X. AMD mengklaim peningkatan 2,4X dalam frame rate rata-rata pada 4K dalam mode Performance. Pengembang game dapat mengubah bagaimana FSR berdampak pada penajaman di setiap game. AMD juga mengatakan akan terus memperbarui dan meningkatkan algoritmenya.

BACA JUGA
CCTV AI Generasi Ketiga: Solusi Keamanan Cerdas untuk Rumah dan Bisnis

Tujuh game yang akan mendukung FSR pada saat peluncuran adalah: Godfall, Anno 1800, Terminator: Resistance, Kingshunt, 22 Racing Series, The Riftbreaker, dan Evil Genius 2. Judul yang akan datang dan yang akan segera diperbarui untuk mendukung FSR termasuk Far Cry 6, DOTA 2, Resident Evil Village, Myst, Baldur’s Gate 3, dan Farming Simulator 22. Selain itu, sejumlah besar pengembang dan studio game bergabung, termasuk EA, Ubisoft, Capcom, Warner Bros Games, Valve, Nixxes, dan Dinamika Kristal.

Dorongan open source platform-agnostik AMD signifikan, karena arsitektur GPU RDNA2 AMD mendukung konsol game Xbox dan PlayStation generasi saat ini serta generasi sebelumnya. Baru-baru ini diumumkan bahwa Exynos SoC andalan Samsung generasi berikutnya juga akan memiliki komponen grafis RDNA2 terintegrasi, dan sistem hiburan dalam kabin terbaru Tesla akan menyertakan platform game bertenaga RDNA2. Belum diketahui apakah atau bagaimana pelanggan perangkat keras AMD akan mengimplementasikan fitur baru ini.

FSR dapat digunakan di Windows dan Linux, dan mendukung DirectX 11 dan 12 serta Vulkan API. Tidak seperti DLSS, penskalaan sepenuhnya spasial dan bukan temporal, yang berarti mendeteksi dan merekonstruksi tepi dan tekstur tetapi tidak perlu mengekstrapolasi data dari bingkai yang dihasilkan sebelumnya. Itu juga tidak memerlukan pelatihan jaringan saraf per game. AMD memuji pendekatannya yang ramah pengembang dan mengatakan bahwa mereka hanya membutuhkan sedikit usaha untuk mengintegrasikan FSR ke dalam game.

BACA JUGA
UiPath dan Indosat Kolaborasi Tingkatkan Talenta Digital Indonesia Lewat Enterprise Automation

Sampai sekarang, FSR didukung pada seri Radeon RX 6000 dan 6000M; Seri RX 5000 dan 5000M; Radeon VII; Seri Radeon Vega; RX 600, RX 500, dan model RX 400 tertentu; serta semua APU Ryzen desktop dan seluler. Di sisi hijau, seri Nvidia GeForce RTX 30 dan 20 serta seri GTX 16 dan seri GTX 10 didukung.

Angka kinerja AMD sendiri menunjukkan Godfall berjalan pada rata-rata 59fps pada 4K pada GPU Radeon RX 6800 XT, dan itu meningkat menjadi 87fps dalam mode Ultra Quality atau hingga 145fps dalam mode Performance. Pada laptop dengan GPU Radeon RX 6800M, game yang sama pada 1440p berjalan pada rata-rata 66fps tanpa FSR, yang melonjak antara 84fps dan 108fps tergantung pada mode FSR. Adapun Nvidia GeForce GTX 1060 yang masih populer, Kingshunt berjalan pada 1440p yang diskalakan dari rata-rata 71fps tanpa FSR hingga antara 93fps dan 131fps dengan fitur ini diaktifkan.

Shares: