Home Berita Review Dell Alienware M15 R6:

Review Dell Alienware M15 R6:

review1st.com – Review Dell Alienware M15 R6 yang baru saja diluncurkan sebagai laptop monster terbaru keluaran Alienware. Bersama ASUS ROG, Acer Predator, Lenovo’s Legion, dan jajaran Raider MSI, Alienware masuk kedalam jajaran laptop gaming kelas atas.

Laptop gaming Dell Alienware M15 R6, yang review1st ulas memiliki varian yang dibanderol dengan harga Rp. 30,7 Juta yang menjadikannya sebagai salah satu laptop gaming premium dengan harga flaship. Unit ulasan saya adalah versi specced out yang dibanderol dengan harga Rp. 46 Juta.

Seri Dell Alienwere M15 merupakan salah satu jajaran laptop 15 inci paling terkenal di dunia dengan spesifikasi supernya. Seri ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2020 dengan desain futuristik (koreksi warna, pengeditan video dan sejenisnya) serta spesifikasi gaming intensif GPU.

Dell Alienwere M15 R6 mendapatkan panel IPS LCD dengan resolusi QHD dan refresh rate 240Hz.

Desain & Tampilan

Dell Alienware M15 R6 hadir dalam kombinasi warna matte-black yang menambahkan sentuhan panache. Meskipun penampilan, M15 R6 bukanlah desain unibody logam lengkap, karena juga terdiri dari plastik pada ventilasi heksagonal di atas serta tepi belakang sasis yang sedikit terangkat.

Tutupnya duduk sedikit di depan dan desain engsel, yang tetap konstan selama beberapa iterasi M15 terakhir, memberikan ilusi bahwa layar mengambang. Untuk laptop gaming, Dell Alienware M15 R6 sebenarnya tidak terlalu berat pada 2,48kg dan saya bisa menyelipkannya dengan mudah di ransel saya di samping adaptor 240W yang menyertainya.

Dell Alienware M15 R6 memberikan daya tekan pada merek logo. Logo alien di bagian belakang tutup dan menjaga pencahayaan lampu latar RGB. Di bagian depan, tombol daya juga mempertahankan tampilan yang sama persis dan sangat disayangkan bahwa tidak ada pemindai sidik jari yang tertanam di bawahnya.

BACA JUGA
Mixpanel Luluskan 1.000 Perusahaan dalam Program yang Digelar secara Gratis

Speaker, yang telah menjadi sedikit duri di samping untuk merek, berada di bagian bawah sementara banyak ventilasi pemanas dapat dilihat di bagian belakang dan kedua tepi laptop. Di bezel atas, ada webcam.

Sasis memang memiliki sejumlah kecil flex yang terutama pada keyboard tetapi sebaliknya, membangun laptop sangat kokoh.

Pilihan konektivitas cukup layak pada Dell Alienware M15 R6, yang merupakan tema umum pada perangkat seri Alienware M. Sisi kanan memiliki dua port USB 3.2 Gen A sementara kiri memiliki slot Ethernet bersama dengan headphone 3.5mm dan kombo mikrofon.

Di bagian belakang, ada port USB Gen A lain, USB C dengan Thunderbolt 4, Display Port 1.4, dan kemampuan pengisian kabel terbalik 15W, slot HDMI 2.1 dan port eksklusif untuk pengiriman daya. Untuk konektivitas nirkabel, laptop ini dikemas dalam Bluetooth 5.1 dan Wi-Fi 6 AX1650 (2×2) 802.11ax.

Layar

Dell Alienware M15 R6 memiliki panel LCD IPS, layar 15,4 inci dikemas dalam resolusi QHD dan refresh rate 240Hz yang sangat mengesankan. Yang terakhir ini menyediakan lebih banyak fluiditas di seluruh antarmuka umum laptop dan browsing.

Secara keseluruhan tampilan dan layar, Dell Alienware M15 R6 dipastikan mampu mendukung kebutuhan kreatif desainer profesional dan memuaskan selera setiap gamer.

Keyboard & Trackpad

Yang paling menarik dari label harga setinggi langit M15 R6 adalah CPU Intel i7-11800H generasi ke-11 dan GPU RTX 3080 NVIDIA. Kedua potongan silikon adalah instrumen kinerja tingkat atas dan mengemas sejumlah besar kekuatan bagi para gamer dan desainer profesional.

BACA JUGA
The Origin, Game Fantasy RPG Next-Gen Telah Resmi Diluncurkan

Dell Alienware M15 R6 telah menempatkan ventilasi termal di semua sisi untuk pembuangan panas yang lebih baik sementara kipas ganda berputar dengan kecepatan penuh dan mengeluarkan din yang sangat keras.

Untuk beban kerja sehari-hari, Alienware M15 R6 jelas sangat poerfull dengan hampir tidak ada yang perlu dikeluhkan seperti yang ditunjukkan dengan skor PCMark 10 perangkat 6.561.

Pada Cinebench R23, skor multi-core 10.160 terasa sedikit lebih rendah untuk chipset meskipun kinerja single-core berada di 1.442. Skor Geekbench 5 M15, cukup bagus dengan 9.126 dan 1.535 sebagai hasil multi-core dan single-core.

Meski begitu, di CrystalDiskMark, SSD NVMe PCIe M.2 1TB. mengumpulkan kecepatan baca dan tulis data berkecepatan 3.495MB / s dan 3.354MB / s yang tidak mendekati 6GB / s seperti milik Lenovo Legion 5i. Versi M15 R6 yang saya terima juga dilengkapi dengan RAM DDR5 32GB.

Kinerja Grafis

Adapun kemampuan GPU dalam menghadirkan game beroktan tinggi, tolak ukur grafis intensif seperti 3DMark’s Time Spy menghasilkan hasil yang belum pernah dilihat sebelumnya dari 10.985. Benchmark Shadow of the Tomb Raider, dengan tampilan yang ditetapkan pada FHD dan grafis tertinggi, mengembalikan hitungan 95fps.

Kinerja Gaming

Pada game Cyberpunk 2077 dengan Ray Tracing di Ultra dan mendapat 60-65fps yang konsisten dengan penurunan hingga sekitar 50fps di area output tekstur tinggi. G-Sync NVIDIA tersedia untuk pengalaman bermain game bebas lag dan saya sangat terkesan dengan seberapa baik Call of Duty: Cold War disampaikan hampir 120fps dengan Ray Tracing diaktifkan. 

Valorant dan Counter Strike: Global Offensive juga mendapatkan manfaat dari G-Sync dan menghasilkan 140fps sementara saya telah menyimpan resolusi di QHD (1.440p). GPU menarik sekitar 125W daya dengan tambahan 10W dorongan dinamis yang tampaknya agak rendah dibandingkan dengan beberapa laptop bertenaga 3080 lainnya, tetapi kemampuan termal R6 mampu lebih dingin dan mempertahankan frame rate tinggi untuk waktu yang lebih lama.

BACA JUGA
Baru! Solusi Digital Banking 2.0 dari Huawei

Speaker & Kamera

Speaker di kedua sisi sasis cukup keras tetapi tidak memiliki kedalaman dan bass, menawarkan suara lebih stabil. Anda mungkin ingin berinvestasi dalam sepasang headphone yang bagus untuk game imersif tetapi untuk konsumsi konten kasual, speakernya lebih dari baik-baik saja.

Sedangkan untuk kualitas webcam, resolusi 720p cukup baik untuk panggilan Zoom tetapi selalu ada ruang untuk perbaikan. Masa pakai baterai pada M15 R6 tidak ada yang perlu diteriakkan dan tidak mengherankan bahwa baterai 86Wh hanya bertahan sekitar 3 jam pada kecerahan layar 60 persen.

Kesimpulan

DellAlienware M15 R6 adalah laptop yang memiliki keunggulan pada sektor kinerja dapur pacu dan kemampuan grafis yang luar biasa. Laptop ini memiliki amplop termal yang sangat efisien yang membuat sistem tetap dingin dan memberikan game berkualitas.

Satu-satunya keluhan saya adalah daya tarik watt RTX 3080 yang relatif rendah dibandingkan dengan beberapa laptop lain disektor harga sama, yang berpotensi merusak potensi sebenarnya dari GPU. Sektor layar tidak diragukan lagi adalah salah satu yang terbaik. Jika Anda mencari laptop yang berpusat pada kinerja yang menangani tugas grafis tinggi, maka Alienware M15 R6 adalah laptop yang cocok.

Peringkat editor: 4 / 5

Pro

  • Desain yang kaku namun ramping
  • Kinerja luar biasa
  • Speaker yang layak
  • Refresh rate 240Hz bekerja sangat baik

Kontra

  • Tingkat kecerahan tidak bagus
  • Masa pakai baterai sub-par
Previous articleRedmi 10 (2022) Muncul di Geekbench: dengan MediaTek Helio G88
Next articleCanggihnya Fitur AI Cinemagraph pada HUAWEI P50 Pro
Sederhana dalam sikap, kaya dalam karya, bikin hidup, terasa lebih hidup