Facebook Messenger & DM Instagram Digabung, Begini Fiturnya!

#kamisukareviewFacebook akhirnya berhasil mewujudkan langkah besar yang sudah hampir dua tahun direncanakannya, yaitu menggabungkan Facebook Messenger dan Chat Instagram. Dengan begitu, sistem memungkinkan pengguna bertukar pesan pada semua aplikasi mobile miliknya.

Mengintegrasikan chat Instagram dengan Facebook Messenger merupakan langkah pertama yang berhasil diaplikasikan Facebook. Ini sejalan dalam rencana besarnya mengintegritaskan penggunaan trisula aplikasi besar miliknya yaitu Instragram, WhatsApp dan Facebook Messenger agar bisa saling berkomunikasi lansung.

integrasi facebook dan instagram
Sumber gambar: 9to5mac.com

Integrasi Facebook Messenger dan DM Instagram

Rencana ini sebenarnya sudah diumumkan sejak 2018 lalu, Chief Executive Officer (CEO) Mark Zuckerberg mengatakan alasan pengintegrasian ini untuk mempermudah pengguna mengirim pesan di seluruh aplikasi milik Facebook Group. Namun, hal ini akan terealisasi tahun 2020 atau akan sempurna berjalan di tahun berikutnya.

“Kami menghubungkan pengalaman Messenger dan Instagram untuk menghadirkan beberapa fitur terbaik Messenger ke Instagram, sehingga Anda memiliki pengalaman akses perpesanan terbaik, apapun aplikasi yang Anda gunakan,” tulis Facebook pada pengumuman resminya.

Ini merupakan langkah besar Facebook untuk terus menjadi platform media sosial paling diminati diseluruh dunia dengan meminimalisir terlalu banyak aplikasi perpesanan.

Saat ini terlalu banyak aplikask perpesanan sangat membingungkan penggunanya. Jadi hal ini dilakukan gar para pengguna tidak lagi cenderung lupa di mana percakapan tertentu yang mereka miliki.

Facebook juga menuliskan, “Dalam penelitian kami, empat dari lima orang yang menggunakan aplikasi perpesanan di Amerika Serikat mengatakan bahwa menghabiskan waktu berhubungan dengan teman dan keluarga dengan aplikasi-aplikasi ini sangat penting bagi mereka.

“Akan tetapi satu dari tiga orang terkadang sulit mengingat di aplikasi mana mereka melakukan rangkaian percakapan tersebut. Dengan adanya pembaruan ini, membuat Anda lebih mudah terhubung dengan teman dan keluarga tanpa harus mengingat aplikasi apa yang digunakan.”

Lebih lanjut, Facebook menjelaskan, “Perubahan utamanya adalah orang yang menggunakan aplikasi Messenger sudah bisa menjangkau Anda di Instagram tanpa harus mengunduh aplikasi baru dan juga sebaliknya.

“Anda juga dapat mengontrol di mana Anda ingin menerima pesan dan panggilan, seperti dalam chat Anda, dalam permintaan pesan atau tidak sama sekali.”

Pengguna Messenger Facebook maupun Instagram dapat saling berinteraksi dengan mengirim pesan antar kedua aplikasi tanpa harus memiliki kedua aplikasi tersebut, serta rangkaian percakapan yang dilakukan di Messenger dapat terlihat juga di Instagram DM.

Namun, pesan dan panggilan yang sudah ada di Instagram DM sebelumnya, hanya akan berada di Instagram saja. Penggabungan lintas platform ini juga menghadirkan fitur-fitur baru dan menarik yang layak dicoba.

Cara Menggunakan Fitur Baru

Terhitung mulai hari kemarin (28/10) para pengguna Instagram sudah dapat mencoba fitur terbaru ini pada akun miliknya, caranya mudah sekali, yuk kita pelajari:

  • Pengguna hanya cukup membuka akun Instagram lalu mengklik pemberitahuan pesan lintas aplikasi pada akun Instagram tersebut, lalu menyetujui pilihan untuk perbaharui, lalu pilih lanjut untuk memperbaharui.
  • Lalu mengikuti langkah untuk instal fitur baru sesuai petunjuk dan arahan dari aplikasi Instagram untuk kemudian menautkan akun Instagram ke akun Facebook milik pengguna, maka secara otomatis sekarang pesan Facebook Massanger sudah terintegritasikan kedalam direck massage Instagram milik pengguna, selamat mencoba!

Fitur-Fitur Unggulan

Pihak Facebook juga memberi bocoran informasi jika mereka akan segera menghadirkan fitur-fitur menarik secara bertahap yang sangat layak untuk ditunggu para milenials pengguna Messenger dan Instagram.

Berikut fitur-fitur dalam kolaborasi tersebut:

  • Selfie Stickers: Fitur ini merupakan gabungan dari “boomerang, emoji dan selfie” yang dapat digunakan saat bertukar pesan.
  • Chat Colors: Dengan fitur ini, pengguna dapat memberi warna atau gradien pada kolom chat di kedua platform.
  • Custom Emoji Reactions: Kini, pengguna dapat membuat shortcut emoji favorit untuk merespon pesan teman dengan cepat.
  • Vanish Mode: Ini adalah fitur yang dapat langsung menghilangkan pesan setelah dilihat atau ketika sudah menutup percakapan.
  • Watch Together: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menonton video di Facebook Watch, IGTV, Reels, acara TV dan film, dan lain-lain, bersama teman dan keluarga saat melakukan panggilan video.
  • Message Controls: Sama seperti Instagram Direct pada umumnya, pengguna dapat mengatur pesan siapa saja yang dapat langsung diterima dan tidak.
  • Enhanced Reporting and Blocking Updates: Kini, pengguna dapat melaporkan percakapan lengkap selain pesan tunggal di Instagram dan menerima saran pemblokiran proaktif di kedua platform saat menambahkan akun di Pusat Akun Baru.