3 HP Lipat Samsung Bakal Rilis di 2021

#kamisukareview – Sebuah laporan oleh peneliti OLED dari UBI Research mengatakan tiga HP lipat Samsung bakal meluncur pada tahun 2021. Sebenarnya ini bukan pertama kalinya kita mendengar tentang hal ini.

Samsung disinyalir fokus pada tipe HP layar sentuh lipat flagship yang berkembang pesat. Dan bahkan akan mengorbankan lini Note-nya demi menghadirkan Galaxy Z Fold 3, Z Fold Lite dan Z Flip 2. Laporan tersebut memberikan detail tentang layar yang akan digunakan trio tersebut.

3 HP Lipat Samsung Rilis di 2021

Diketahui jika Samsung Display sedang mempersiapkan tiga jenis panel OLED yang dapat dilipat, kata perusahaan riset tersebut, yang mengindikasikan tiga model smartphone yang dapat dilipat.

HP lipat Samsung kemungkinan besar adalah Galaxy Z Flip 2, Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Fold Lite baru. Ketiga model tersebut akan menggunakan kaca ultra tipis sebagai penutup jendelanya.

HP Lipat Samsung

Samsung Galaxy Z Flip 2 akan memiliki layar internal 6,7 inci dan layar eksternal 3 inci. Ukuran layar internal sama dengan Galaxy Z Flip pertama yang diluncurkan awal tahun ini.

Tetapi ukuran layar eksternal telah meningkat dari 1,1 inci Flip asli. Tidak ada perubahan pada desain tampilan lubang, kata UBI Research.

Sedanngkan pada perangkat yang digadang-gadang akan menjadi unggulan utama Samsung di tahun depan, Samsung Galaxy Z Fold 3, akan memiliki layar internal berukuran 7 inci dan layar eksternal berukuran 4 inci, demikian prediksi firma riset tersebut.

Layar eksternal lebih kecil daripada Galaxy Z Fold 2 yang berukuran 6,2 inci. Namun Galaxy Z Fold 3, HP lipat Samsung ini akan memiliki kamera panel bawah dan menawarkan dukungan stylus.

Layar juga akan memiliki transistor film tipis polikristalin oksida (LPTO) suhu rendah (TFT) yang diterapkan untuk efisiensi daya yang lebih baik di layar, serta perangkat ini juga akan memiliki S pen yang dapat ditanam didalam ponsel.

Pada Galaxy Z Fold Lite terbaru akan menjadi model budget alias versi murah dari Galaxy Z Fold 3. Model ini juga akan memiliki layar internal 7 inci dan layar eksternal dengan kisaran 4 inci.

galaxy z fold 3

Ketiganya akan menampilkan layar lipat UTG (Ultra-Thin Glass) generasi terbaru dan menggunakan teknologi LTPO untuk mengurangi konsumsi daya.

Z Fold 3, bagaimanapun, akan menjadi serj yang populer dengan kamera selfie di bawah layar. Namun ukuran layarnya akan menyusut menjadi 7 “dari 7.6”. Layar luarnya juga akan berada dalam kisaran 4 “.

Jadi, dari penelusuran ini, ada kemungkinan kita akan melihat HP lipat Samsung yang lebih kecil dari Galaxy Z Fold 2 atau generasi sebelumnya.

Untuk mengaplikasikan stylus pada Galaxy Z Fold 3, Samsung Display sedang meneliti kacamata ultra tipis dengan ketebalan 60 atau 100 mikrometer. Ini lebih tebal dari kacamata yang digunakan untuk smartphone lipat tahun ini yang memiliki ketebalan 30 mikrometer.

Ukuran 30 mikrometer memungkinkan kaca menjadi lebih fleksibel tetapi tidak dapat menahan tekanan dari titik pena tanpa meninggalkan bekas.

Kacamata 60 mikrometer atau yang lebih tebal dapat menahan tekanan ini tetapi kurang fleksibel. Samsung Display bekerja sama dengan LPKF Jerman untuk membuat area layar yang dilipat lebih fleksibel.

Prediksi Jadwal Peluncuran

Galaxy Z Fold Lite akan diluncurkan pada kuartal pertama 2021; Galaxy Z Flip 2 dan Galaxy Z Fold 3 akan diluncurkan pada kuartal ketiga 2021, kata UBI Research. Ketiga HP Samsung tersebut akan menggunakan metode lipat.