review1st.com – Aplikasi native Yotube atau aplikasi Youtube bawaan memang memiliki keterbatasan, karena itulah aplikasi Youtube Vanced muncul. Ia menjadi aplikasi alternatif modifikasi Youtube yang hadir dengan segudang kemampuan.

Beberapa kelebihan Youtube Vanced yang dimiliki aplikasi ini ialah, kemampuannya untuk memblokir iklan, bisa berjalan di background, memiliki opsi untuk memilih tema gelap (dark mode), dan masih banyak lagi.

Perlu kamu tahu bahwa pada awal kemunculannya, aplikasi ini mengharus kamu untuk melakukan root terlebih dahulu pada HP Android yang akan digunakan, namun kini Youtube Vanced menyediakan versi untuk bisa digunakan pada HP non-root.

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu bisa langsung mengunduh file APK-nya melalui situs resminya. Pada kolom Non-Root Download, pilih aplikasi yang paling atas dari daftar yang ada untuk menguduh versi terbaru.

Aplikasi Youtube Vanced memang tidak tersedia di Google PlayStore, namun jangan khawatir, kamu juga tidak harus menghapus aplikasi native Youtube yang sudah ada karena aplikasi Youtube Vanced bisa berjalan berdampingan.

Agar bisa masuk ke akun Youtube yang sudah kamu miliki, kamu juga harus mengunduh aplikasi tambahan bernama MicroG, yang juga tersedia di situs yang sama.

BACA JUGA
Snapdragon Mobile Challenge in Mobile Legends: Bang Bang Kembali ke Indonesia

Setelah aplikasi Yutube Vanced terinstal, masuklah ke akun Youtube yang sudah kamu miliki dengan menekan tombol login yang ada di bagian kanan atas layar, dan nikmati sejumlah fiturnya seperti ;

Memblokir semua Iklan Youtube (beberapa opsi dapat diaktifkan), fitur pemutaran di latar belakang, Force VP9 (atau HDR) atau sebaliknya, Override Max Resolution, Pinch to Zoom pada semua perangkat.

Lantas ada Casting togglable (dapat dipaksa off), Tema Togglable (Putih / Gelap / Hitam), Picture in Picture (Hanya Oreo), Jendela video gaya baru atau lama, fitur Video berulang, fitur pengaturan resolusi & kecepatan, kontrol gesek untuk volume dan kecerahan.

Apa Itu YouTube Vanced dan Risikonya Menggunakannya

YouTube adalah platform yang sangat dikenal bagi pengguna yang ingin menikmati beragam konten video. Namun, bagi pengguna YouTube gratis, ada beberapa masalah yang mengganggu saat mengakses video di platform tersebut.

Beberapa masalah tersebut termasuk munculnya banyak iklan baik di awal maupun selama pemutaran video.

Selain itu, pengguna juga tidak dapat menggunakan fitur pemutaran latar belakang. Maka dari itu, pengguna harus selalu membuka aplikasi jika ingin video tetap diputar.

Problem seperti iklan dapat dihindari dengan menggunakan YouTube Premium. Namun, ternyata banyak pengguna yang lebih suka menikmati video dengan nyaman dan tetap gratis menggunakan YouTube Vanced.

YouTube Vanced adalah aplikasi modifikasi (MOD) dari YouTube yang memiliki banyak fitur. Banyak orang mulai menggunakan YouTube Vanced karena memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh YouTube resmi, seperti pemblokiran iklan, zoom layar, dan lainnya.

BACA JUGA
Ulang Tahun Blibli ke-13: Promo dan Hadiah Berlimpah untuk Kamu yang Berulang Tahun di Bulan Juli!

Apakah YouTube Vanced aman? Sebenarnya alasan mengapa YouTube Vanced tidak tersedia di Play Store adalah karena Google sudah memiliki aplikasi YouTube, sehingga Anda harus mengunduh YouTube Vanced dari sumber lain. Jutaan orang di seluruh dunia mempercayai YouTube Vanced.

Fitur YouTube Vanced

Berikut adalah fitur utama yang ditawarkan oleh YouTube Vanced, seperti yang dikutip dari Vanced App.

  1. Tema gelap AMOLED untuk mengurangi ketegangan mata dan penggunaan baterai.
  2. Pemblokiran semua iklan video dan pemutaran video latar belakang.
  3. Kontrol gesek yang memungkinkan Anda mengatur kecerahan dan volume seperti pada aplikasi pemutar video lainnya, seperti VLC atau MX Player.
  4. Fitur pengulangan otomatis yang baru.
  5. Pemindahan bagian komentar.
  6. Kemampuan untuk melewati segmen sponsor yang mengganggu.

Berbagai Penyesuaian yang Dapat Dilakukan

  1. Anda dapat mengganti opsi Codec, misalnya, memaksa H264 untuk perangkat lama atau VP9.
  2. Anda dapat mengubah kecepatan pemutaran default.
  3. Anda dapat mematikan iklan di beranda.

Risiko Menggunakan YouTube Vanced

Meskipun YouTube Vanced menawarkan banyak fitur, itu tidak terlepas dari risiko. Sebelum Anda memutuskan untuk mengunduhnya, Anda perlu mempertimbangkan risikonya. Berikut adalah empat risiko penggunaan YouTube Vanced, seperti yang dilansir oleh Apk Venue.

  1. Kemungkinan menerima pemblokiran dari Google

Saat menggunakan YouTube, Google dapat mendeteksi jenis perangkat dan aplikasi yang Anda gunakan, dan mereka dapat mengetahui jika Anda menggunakan aplikasi yang dimodifikasi. Oleh karena itu, saat menggunakan YouTube Vanced, kemungkinan Google bisa memblokir akun Anda. Bagi mereka yang menggunakan layanan Google lainnya seperti Gmail, Google Drive, dan Google Maps, hal ini tentu akan menjadi masalah.

  1. Harus diperbarui secara manual
BACA JUGA
Juara Turnamen e-Sports GoPay Arena Community Championship 2024

Saat menggunakan aplikasi resmi dari Play Store, pembaruan aplikasi akan diunduh otomatis ke ponsel Anda. Namun, aplikasi modifikasi tidak bekerja seperti ini. Jadi, jika ada exploit atau malware baru yang muncul di Android, Anda harus memperbarui aplikasi secara manual. Selain itu, tidak ada jaminan bahwa pengembang aplikasi modifikasi akan secara teratur memperbarui aplikasinya karena mereka bukan perusahaan resmi.

  1. Tidak ada pemeriksaan dari pihak ketiga

Setiap aplikasi yang masuk ke Play Store harus melewati proses pemeriksaan oleh Google Play Protect untuk mencegah adanya malware, spyware, dan perangkat lunak berbahaya lainnya. Bahkan dengan sistem ini, masih ada banyak aplikasi berbahaya yang berhasil lolos dari pengawasan Google. Bayangkan seberapa besar risiko jika Anda menggunakan aplikasi yang tidak melewati proses ini.

  1. Data pribadi Anda mungkin tidak aman

Perusahaan besar seperti Google dan Facebook seringkali gagal melindungi data pengguna, apalagi aplikasi modifikasi yang dikembangkan oleh individu yang tidak dikenal. Ingatlah bahwa jika Anda menggunakan akun Google untuk masuk ke berbagai situs dan aplikasi, akun Anda akan memiliki banyak data sensitif, yang membuat penggunaan aplikasi modifikasi menjadi berisiko.

Nah, bagaimana tertarik untuk mencoba Yotube Vanced?

Shares: