Home Game & Aplikasi 5 Aplikasi Pengganti Whatsapp Terbaik, No. 2 Sempat Viral

5 Aplikasi Pengganti Whatsapp Terbaik, No. 2 Sempat Viral

5 Aplikasi Pengganti Whatsapp Terbaik, Alternatif No. 2 Viral

review1st.com – Dengan lebih dari 1 miliar pengguna di 180 negara, WhatsApp atau WA adalah aplikasi perpesanan favorit dunia. Tapi kini aplikasi alternatif pengganti Whatsapp atau WA tengah banyak dicari oleh pengguna smartphone. Kenapa?

Akuisisi Facebook atas WhatsApp pada tahun 2014 membuat para pakar privasi dan pengguna yang sadar keamanan khawatir. Dan seperti yang sudah kami ulas soal kontroversi kebijakan WA membuat banyak kalangan mencari alternatif pengganti.

Bagaimanapun, Facebook dan aplikasi pihak ketiganya Whatsapp terlibat dalam beberapa pelanggaran keamanan, yang mengakibatkan ribuan informasi pribadi pengguna smartphone bocor.

Namun, mereka selalu bersikeras bahwa itu adalah aplikasi terpisah, yang didedikasikan untuk membuat dan memelihara layanan perpesanan yang aman di smartphone.

Namun Facebook baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk menggabungkan tiga platform perpesanan terpisah.

Mereka berencana untuk menggabungkan fungsi pesan Facebook Messenger, WhatsApp, dan Instagram, yang memungkinkan pengguna untuk saling mengirim pesan di antara tiga jaringan.

Sebuah sumber mengkonfirmasi bahwa rencana saat ini akan mencakup peluncuran enkripsi end-to-end di ketiga platform. artinya hal ini akan membuat Facebook Messenger dan Instagram sejalan sekaligus dengan WhatsApp.

Rekomendasi Aplikasi Pengganti Whatsapp Terbaik

Banyak dikhawatirkan dapat membuat WhatsApp menjadi kurang aman, karena membuatnya sejalan dengan standar platform lain.

Berkaitan dengan hal tersebut, berikut kami sudah menyiapkan rekomendasi aplikasi pengganti WhatsApp terbaik yang dapat kamu gunakan:

1. Telegram Alternatif Pengganti Whatsapp

Aplikasi Telegram Alternatif Pengganti Whatsapp

Dengan lebih dari 200 juta pengguna aktif, Telegram adalah alternatif paling populer untuk menggantikan WhatsApp saat sekarang ini. Aplikasi berbasis cloud ini berfungsi di berbagai platform.

BACA JUGA
Cara Dapatkan Diskon 90% di Free Fire Event Mystery Shop

Mirip dengan WhatsApp, telegram menggunakan sistem centang ganda untuk melihat ketika seseorang menerima pesan.

Aplikasi ini memiliki enkripsi end-to-end default untuk panggilan suara, memastikan bahwa tidak ada yang bisa mendengarkan panggilan pengguna. Namun, enkripsi untuk pesan perlu dihidupkan secara manual untuk mencegah penyimpanan.

Telegram menawarkan kemampuan untuk secara otomatis menghapus pesan setelah waktu tertentu. Telegram juga mendukung file sharing multimedia.

Kelebihan Telegram:

  • Perangkat lunak sumber terbuka
  • Platform yang ramah pengguna
  • Berbasis cloud sehingga pengguna tidak perlu salah hapus data

Kekurangan Telegram:

  • Enkripsi tidak secara default dan perlu diaktifkan secara manual
  • Dibuat enkripsi standar sendiri, yang telah dikritik

2. Signal Pengganti WA

Aplikasi Signal Pengganti WA

Signal, memiliki enkripsi yang kuat, dan juga berfungsi di semua platform seluler. Seperti kebanyakan aplikasi perpesanan lainnya, Signal sangat mudah digunakan.

Signal juga menawarkan panggilan suara dan video, seperti WhatsApp. Signal menyertakan file instalasi desktop sehingga kamu dapat menggunakan aplikasi ini di komputer dan juga ponsel.

Setiap pesan dienkripsi, jadi hanya pengirim dan penerima yang dapat membacanya. Pesan sama sekali tidak dapat dibaca oleh peretas.

Signal menggunakan enkripsi sumber terbuka, yang memungkinkan para ahli untuk mengujinya dan menemukan bug. Ini membuat aplikasi menjadi lebih aman.

Pengguna dapat memilih untuk membiarkan pesan menghilang dengan mengatur interval waktu untuk penghapusan otomatis. Ini menjamin privasi, bahkan jika orang lain memiliki akses ke ponsel kamu.

Signal tidak memiliki emoji animasi. Namun, Anda dapat mengimpor emoji perangkat Anda ke dalam aplikasi.

Kelebihan Signal:

  • Enkripsi end-to-end
  • Enkripsi sumber terbuka
  • Tersedia di semua platform utama
  • Pesan yang hilang

Kekurangan Signal:

  • Tidak ada emoji animasi
BACA JUGA
Cara Membuat Video Slow Motion di TikTok

3. Threema

Threema

Threema menjanjikan privasi penuh. Daftar kontak dan informasi grup hanya disimpan di ponsel, bukan di aplikasi. Pesan dihapus segera setelah dikirimkan.

Selain itu, pengguna juga dapat terhubung dengan orang-orang menggunakan ID Threema 8 digit dan bukan nomor telepon, dan tentu saja akan sangat melindungi privasi penggunanya. Aplikasi ini juga dapat memverifikasi kontak dengan kode QR unik.

Threema menyediakan enkripsi nd-to-end untuk semua jenis pesan, termasuk teks, panggilan suara, file bersama, dan obrolan grup.

Ia bahkan mengenkripsi pesan status pengguna sehingga tidak ada yang dapat melacak apa yang di posting. Pesan hanya dapat dibaca oleh pengirim dan penerima yang dituju.

Pengguna dapat menggunakan Threema dalam browser dengan aman. Seperti WhatsApp, aplikasi ini menawarkan fitur pemformatan, serta lokasi pengiriman dan file.

Tidak seperti WhatsApp, pengguna dapat membuat polling dan meninggalkan umpan balik “suka” pada pesan individu. pengguna bahkan dapat menyembunyikan obrolan tertentu dan melindunginya dengan kata sandi.

Threema berbasis di Swiss, yang dikenal dengan undang-undang pro-privasinya.

Kelebihan Threema

  • Tidak perlu nomor telepon
  • Kontak dapat diverifikasi dengan kode QR
  • Fitur pemformatan teks
  • Lindungi obrolan Anda dengan kata sandi

4. Line

4. Line

Alternatif WhatsApp lain yang dapat kamu coba adalah LINE, yang merupakan aplikasi perpesanan lintas platform yang sangat populer yang dikemas dalam banyak fitur.

Seperti WhatsApp, aplikasi ini memiliki fitur enkripsi end-to-end, dukungan untuk panggilan & pesan suara dan video dan banyak lagi.

LINE juga menghadirkan beberapa fitur unik jika dibandingkan dengan WhatsApp seperti LINE Out (memungkinkan pengguna melakukan panggilan internasional ke pengguna non-LINE), toko stiker, fitur Keep yang keren (memungkinkan menyimpan pesan favorit, foto, dll.),

Dan banyak lagi, LINE juga memiliki fitur timeline di aplikasi, di mana pengguna dapat melihat pembaruan status dan perubahan foto dari teman.

BACA JUGA
Apa Itu Coding & Tips Cara Belajar di HP Android

Fitur berguna lainnya dari LINE termasuk kunci kode sandi, pesan filter, tema, LINE Pay untuk pembayaran, dan banyak lagi. Tidak ada keraguan bahwa LINE adalah aplikasi perpesanan yang sangat mumpuni dan kaya fitur, namun, rasanya sedikit membengkak.

Jadi, penggemar kesederhanaan WhatsApp mungkin tidak terlalu menyukai LINE, tetapi jika kamu tidak merasa terganggu oleh isu yang pembocoran data WhtasApp? kamu harus mencoba LINE.

5. SnapChat

SnapChat

Meskipun Snapchat secara teknis bukan hanya aplikasi perpesanan melainkan sebenarnya merupakan aplikasi media sosial, namun ada beberapa fitur uni dan canggih yang dimilki aplikasi ini.

Misalnya, dapat mengirim pesan yang dapat hancur sendiri setelah jangka waktu tertentu, juga memberi tahu pengguna ketika seseorang mengambil tangkapan layar dari obrolan pengguna dengan mereka.

Fitur perpesanan lain juga ada di sini seperti kemampuan untuk membuat obrolan grup, panggilan suara, panggilan suara grup, gif, dan banyak lagi.

Snapchat juga merupakan salah satu layanan obrolan paling inovatif di pasaran. Fitur yang biasanya dinikmati oleh pengguna WhatsApp atau Facebook Messenger umumnya disalin dari Snapchat.

Jadi, jika kamu ingin mengakses fitur-fitur keren ini dan menjadi yang pertama menerima fitur obrolan terbaru, Snapchat adalah aplikasi yang dapat digunakan.

Nah, itulah 5 aplikasi pengganti Whatsapp buat kalian yang mencari alternatif. Buat yang sangat sensitif terhadap privasi dan keamanan mungkin kalian bisa menjajalnya.

Previous articleLINE: Gundam Wars Rayakan Ulang Tahun ke-5, Gelar Ragam Events Seru
Next articleHarga dan Spesifikasi Vivo Y53s NFC
Sederhana dalam sikap, kaya dalam karya, bikin hidup, terasa lebih hidup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here