Apple Watch Series 3 vs Apple Watch SE: Pilih Mana?

review1st.com – Untuk pertama kalinya, Apple meluncurkan jam tangan pintar Apple Watch mid-range baru yang siap mengguncang pasar sektor jam pintar. Apple Watch SE berada di antara Apple Watch Series 3 dan Series 6 dalam jajaran Apple, dan memberikan gabungan fitur yang menarik.

Berikut kami merangkum apa saja keunggulan dan kekurangan serta perbedaan antara Apple Watch Series 3 vs. Apple Watch SE ini.

Desain dan Tampilan

Salah satu perbedaan paling mencolok antara Apple Watch Series 3 dan Apple Watch SE adalah desainnya. Apple Watch Series 3 menampilkan desain yang lebih kotak dengan layar lebih kecil dan bezel lebih besar. Ini adalah desain yang sama dengan model Apple Watch pertama yang digunakan dan tersedia dalam ukuran 38mm dan 42mm.

Di sisi lain, Apple Watch SE memiliki desain fisik yang sama dengan Seri 4, Seri 5, dan Seri 6. Ini berarti kamu mendapatkan bezel yang lebih ramping dengan sudut layar membulat. Dalam praktiknya, perbedaan ini menghasilkan peningkatan yang mencolok pada area tampilan dengan Apple Watch SE dibandingkan dengan desain Apple Watch Series 3 generasi sebelumnya.

Jika kamu ingin mencari tampilan yang selalu menyala, sepertinya kamu kurang beruntung dengan Apple Watch Series 3 dan Apple Watch SE; sebaliknya, fitur ini hanya tersedia di Apple Watch Series 5 dan Apple Watch Series 6.

Apple Watch Series 3 dan Apple Watch SE sama-sama menampilkan layar Retina OLED dengan kecerahan maksimal 1000 nits, meskipun Apple Watch SE juga menyertakan teknologi layar LTPO yang menghemat daya yang dapat membantu masa pakai baterai.

Performa dan masa pakai baterai

Perbedaan utama lainnya antara Apple Watch Series 3 dan Apple Watch SE adalah kinerjanya. Apple Watch Series 3 didukung oleh prosesor S3 dual-core Apple, sedangkan Apple Watch SE menampilkan prosesor S5 Apple. Dalam hal kinerja dunia nyata, Apple mengatakan Apple Watch SE hingga dua kali lebih cepat dari Seri 3.

Ini berarti kamu dapat mengharapkan kinerja aplikasi, Siri, Peta, dan fitur lainnya untuk bekerja lebih cepat dengan Apple Watch SE dibandingkan dengan Apple Watch Series 3. Apple Watch SE juga lebih mungkin menerima fitur perangkat lunak tambahan di masa mendatang, sedangkan Seri 3 bisa dikecualikan karena masalah kinerja.

Mengenai daya tahan baterai, Apple mengatakan bahwa Apple Watch Series 3 dan Apple Watch SE dapat bekerja hingga 18 jam dengan sekali pengisian daya. Masa pakai baterai yang sebenarnya akan selalu bervariasi, tetapi tolok ukur 18 jam ini adalah cara yang baik untuk membentuk ekspektasi kamu.

Fitur kesehatan

Baik Apple Watch Series 3 dan Apple Watch SE kehilangan fitur kesehatan terbaru Apple, termasuk dukungan elektrokardiogram dan deteksi tingkat oksigen darah. Jika kamu mencari Apple Watch terbaik dalam hal fitur kesehatan secara keseluruhan, Apple Watch Series 6 adalah pilihan terbaik.

Namun dengan itu, Apple Watch Series 3 dan Apple Watch SE keduanya mendukung pemberitahuan detak jantung tinggi dan rendah serta pemberitahuan irama jantung tidak teratur. Kedua model juga menampilkan fitur SOS Darurat Apple, tetapi hanya Apple Watch SE yang memiliki dukungan panggilan darurat internasional, pemantauan kebisingan, dan deteksi jatuh.

Apple Watch SE dan Apple Watch Series 3 keduanya memiliki fitur dukungan untuk aplikasi Apple’s Fitness dan layanan Fitness + yang membayangi, memastikanpengguna dapat menutup cincin, melacak kemajuan kebugaran, bersaing dengan teman, dan banyak lagi.

Seluler vs GPS

Salah satu perbedaan utama antara Apple Watch Series 3 dan Apple Watch SE adalah pilihan konektivitas yang tersedia. Apple Watch SE tersedia dalam dua konfigurasi: GPS dan GPS + Seluler. Konfigurasi terakhir memungkinkan Apple Watch Anda untuk terhubung ke jaringan seluler dan bekerja secara independen dari iPhone Anda.

Ini juga berdampak pada fitur Pengaturan Keluarga baru di watchOS 7, yang memungkinkan pengguna dapat mengatur Apple Watch untuk anggota keluarga tanpa iPhone, seperti anak-anak atau kerabat lanjut usia. Karena Apple Watch beroperasi sepenuhnya sendiri dalam pengaturan ini, bagaimanapun, koneksi seluler diperlukan. Apple Watch Series 3 tidak tersedia dengan konektivitas seluler dan oleh karena itu tidak didukung oleh Pengaturan Keluarga.

Harga Apple Watch Series 3 vs Apple Watch SE

Apple Watch Series 3 tersedia dalam jajaran Apple dalam ukuran 38mm yang dibanderol dengan harga $ 199 (sekitar Rp. 2.830.000) dan 42mm yang dibanderol dengan $ 229 (sekitar Rp.4.246.000). Ini adalah dua opsi konfigurasi yang tersedia.

Sedangakn untuk Apple Watch SE tersedia dalam konfigurasi 40mm dengan banderol harga $ 279 (Rp.3.962.000) dan 44mm dengan banderol harga $ 309 (Rp. 4.373.000).

Sesuatu yang perlu dipertimbangkan di sini adalah jika kamu berencana memilih Apple Watch Series 3 42mm seharga $ 229 (Rp. 3.241.000), kamu dapat mempertimbangkan Apple Watch SE 40mm. Ada perbedaan harga sekitar $ 50 (Rp. 707.000), tetapi Apple Watch SE 40mm sebenarnya memberi lebih banyak area tampilan (759 mm persegi) daripada Apple Watch Series 3 42mm (740 mm persegi).

Grafik perbandingan

Kesimpulan

Untuk seseorang yang ingin memasuki ekosistem Apple Watch dengan harga paling terjangkau, Apple Watch Series 3 adalah pilihan yang bagus. Meskipun usianya sudah beberapa tahun, ini adalah salah satu jam tangan pintar terbaik di pasar dan salah satu pelacak kebugaran terbaik yang tersedia.

Namun, jika kamu dapat membenarkan lonjakan harga tambahan ke Apple Watch SE, ini adalah pilihan terbaik bagi kebanyakan orang. Kamu akan mendapatkan kinerja yang jauh lebih baik, desain yang lebih modern, penyimpanan internal empat kali lipat, integrasi Family Setup, dan banyak lagi.

Thariq M

Sederhana dalam sikap, kaya dalam karya, bikin hidup, terasa lebih hidup