review1st.com – Saat ini wireless earbuds bisa dijumpai dengan mudah dimana saja. Salah satu wireless earbuds terbaru yang hadir di pasaran adalah Samsung Galaxy Buds FE.

Samsung sendiri cukup konsisten merilis wearable device dengan penyempurnaan di setiap generasinya.
Kali ini kami sudah memegang unit review Galaxy Buds FE untuk mengetahui secara menyeluruh berbagai aspek, kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan wearables device generasi baru ini.

Review Samsung Galaxy Buds FE: Harga Terjangkau, Kualitas OK

Desain

Sebelum mengulas lebih jauh unit review Samsung Galaxy Buds FE kita intip dulu paket penjualannya. Dus perangkat ini berukuran kompak dengan material kardus berkualitas.

Dalam kotak kemasannya, Galaxy Buds FE dilengkapi kabel charging dan tiga eartip untuk mengakomodasi ukuran telinga. Namun, dalam pengujian kami memakai versi bawaan.

Memiliki charging case berbahan plastik dengan dimensi ergonomis dan kompak. Untuk headsetnya memiliki fitur khas wireless earbuds dimana terdapat tombol sentuh kapasitif pada bagian sisi luarnya.

Tombol ini berfungsi dalam membantu navigasi dan akses saat kita jauh dari smartphone. Dengan ketukan atau sentuhan, kita bisa mengatur volume, hingga playback, pause saat menyetel musik.

Desain wireless earbuds ini ternyata memiliki kontur yang langsung pas di telinga saya. Untuk mengecek kestabilannya saya menggoyang-goyangkan kepala dan ternyata tetap menempel di telinga.

Lebih jauh lagi, Samsung Galaxy Buds FE mengandalkan sertifikasi IPX2 yang membuatnya tahan percikan air.
Sekedar terkena gerimis atau keringat saat berolahraga masih relatif aman. Tak ada masalah yang berarti, perangkat tetap.bisa beroperasi normal.

BACA JUGA
Pentingnya Data dalam Kesuksesan Galaxy AI Menurut Samsung

Kontrol dan Navigasi

Proses pairing dan pindah antar perangkat juga bisa dilakukan dengan mudah. Saat earbuds dikeluarkan dari case akan muncul notifikasi koneksi earbuds di smartphone. Hubungkan untuk mendapatkan koneksi.

Cara lain, kita bisa melakukan koneksi manual dengan menggunakan pencarian Bluetooth. Atau gunakan Galaxy Wearable jika ingin mendapatkan kontrol penuh terhadap perangkat.

Lebih jauh perangkat ini juga didukung juga dengan fitur Auto Switch yang memudahkan perpindahan koneksi dari satu perangkat ke perangkat Samsung Galaxy lainnya.

Secara umum unit review Galaxy Buds FE dikendalikan menggunakan sentuhan atau ketukan. Kontrolnya sendiri relatif simpel, tak ribet dengan pengaturan macam-macam.

Kita hanya perlu sedikit menghafal beberapa fungsi sentuh pada area datar di bagian belakang earbuds. Permukaan yang menghadap keluar telinga ini mampu merespon sentuhan jari dengan baik.

Sentuh satu kali untuk memutar lagu/pause dan menghentikan fitur baca notifikasi (Bixby). Ketuk dua kali untuk memutar lagu selanjutnya. Atau menjawab dan mengakhiri panggilan telepon.

Ketuk tiga kali untuk memainkan lagu sebelumnya. Dan terakhir jika menyentuh kemudian menahannya beberapa saat kita bisa mengaktifkan preset.

Kontrol perangkat juga bisa dilakukan via aplikasi Galaxy Wearable. Melalui aplikasi ini kita mempunyai keleluasaan lebih untuk mengubah fungsi kontrol. Kita juga bisa mengantur equalizer hingga memantau sisa baterai.

Kualitas Suara

Samsung galaxy buds fe

Unit review Galaxy Buds FE mengantongi kualitas suara yang cukup menjanjikan. Seri ini juga dibenami dengan noise cancellation terbaik di kelasnya.

BACA JUGA
ASUS ROG Ungkap Inovasi Gaming Generasi Baru Berbasis AI di Computex 2024

Dibenami teknologi Active Noise Cancellation (ANC) perangkat ini mampu menangkap dan menghilangkan frekuensi suara yang mengganggu. Alhasil suara dari earbuds tetap bersih dan jernih.

Suara lingkungan sekitar dalam berbagai kondisi bisa diredam dengan baik. Kebisingan di MRT hingga suara jalan raya saat padat kendaraan praktis tak terdengar.

Menariknya, saat kita perlu berkomunikasi dengan orang di sekitar atau mendengar suara di ruangan tinggal aktifkan mode Ambient Sound. Maka suara di sekitar langsung terdengar..

samsung

Semuanya berkat sistem tiga mikrofon canggih yang didukung dengan teknologi Deep Neural Network (DNN) berbasis AI.

Unit review Galaxy Buds FE juga mengantongi detail dan bass yang powerful di telinga. Ini berkat dukungan teknologi New 1-way speaker.

Secara teknis, gadget ini disokong chip Bluetooth 5.2 yang mendukung codec SBC, AAC dan SSC (Samsung Scalable Codec). Profile Bluetooth-nya antara lain A2DP,AVRCP,HFP.

Baterai

Galaxy Buds FE didukung kapasitas baterai yang cukup besar di masing-masing earbud juga di charging case. Tiap buds bekapasitas 60mAh non-removable. Sementara dibekali baterai berkapasitas 479mAh non-removable.

Di atas kertas berdasarkan data teknis, Buds FE memiliki waktu standby hingga 30 jam dalam sekali pengisian. Ini termasuk kombinasi waktu yang dihasilkan dari earbuds sendiri dan case pengisian.

Daya tahannya memang bukan yang terbaik tetapi masih mampu menghadirkan pengalaman optimal saat digunakan.

BACA JUGA
Samsung Electronics Mendominasi Pasar Monitor OLED Global

Baterai earbuds ini bisa digunakan selama 6 jam lebih (50% volume, ANC aktif). Jika dalam kondisi 50% volume dan mode normal, baterai bisa bertahan hingga 8 jam lebih untuk memutar musik.

Untuk pengecasan, kita bisa memakai kabel USB-C. Teknisnya, hanya butuh mengisi daya sekitar beberapa menit saja buat menikmati musik selama satu jam di earbuds.

Kesimpulan

Samsung Galaxy Buds FE adalah sebuah wireless earbuds yang cocok buat kalian yang membutuhkan perangkat berukuran mungil dengan harga terjangkau.

Charging case-nya pun berukuran kompak sehingga mudah masuk kantong dan nyaman saat dibawa kemana-mana. Sayang, pengisian daya hanya bisa dilakukan menggunakan USB-C dan tak tersedia wireless charging.

Earbuds ini ditawarkan seharga Rp 1.399.000. Sebuah harga yang cukup menjanjikan untuk perangkat besutan vendor papan atas.

Shares: