review1st.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) telah menjalin kerjasama dengan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dan Mastercard Indonesia untuk meluncurkan akademi daring.

Inisiatif ini bertujuan untuk melatih satu juta individu dalam bidang keamanan siber, sejalan dengan upaya memperkuat ekosistem digital di Indonesia.

Meningkatkan Kesiapan Keamanan Siber

Akademi daring ini memanfaatkan platform Digital Talent Scholarship (DTS) milik Kominfo, fokus pada pengembangan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang keamanan siber.

Kominfo Bersama Indosat Ooredoo Hutchison dan Mastercard untuk Latih 1 Juta Talenta Keamanan Siber di Indonesia

Inisiatif ini bertujuan untuk memastikan individu dan usaha kecil dapat melindungi diri di dunia digital yang semakin kompleks, serta meningkatkan jumlah spesialis keamanan siber di Indonesia.

Sinergi Indosat dan Mastercard

Indosat dan Mastercard akan mengintegrasikan keahlian masing-masing, menggabungkan pengembangan talenta digital Indosat dengan solusi keamanan siber yang ditawarkan Mastercard. Melalui program DTS, peserta akan mempelajari keterampilan penting seperti:

  • Menginventarisasi perangkat dan aplikasi.
  • Pembaruan perangkat lunak dan keamanan daring.
  • Melindungi diri dari serangan phishing dan malware.
  • Mengamankan data bisnis melalui backup.

Mendorong Indonesia Menjadi Pemimpin Keamanan Digital

Budi Arie Setiadi, Menteri Komunikasi dan Informatika, mengungkapkan, “Kemitraan ini merupakan tonggak penting bagi pengembangan digital Indonesia. Dengan dukungan Indosat dan Mastercard, kami membangun fondasi yang kuat untuk talenta digital Indonesia menghadapi tantangan masa depan.”

Pentingnya Keamanan Siber

Aileen Goh, Country Manager Mastercard Indonesia, menambahkan bahwa dengan pertumbuhan ekonomi digital, serangan siber juga meningkat. Diperkirakan, kejahatan siber dapat merugikan dunia hingga US$13,8 triliun pada tahun 2028.

BACA JUGA
Garena dan Samsung Electronics Jalin Kemitraan untuk Free Fire World Series Southeast Asia

Oleh karena itu, pengembangan kapasitas dan pelatihan talenta keamanan siber sangat penting untuk menjaga ketahanan ekonomi digital.

Cybersecurity Center of Excellence

Kolaborasi ini merupakan bagian dari Cybersecurity Center of Excellence yang diluncurkan pada April 2024. Inisiatif ini tidak hanya akan menetapkan standar baru dalam pelatihan keamanan siber tetapi juga menjadi model untuk program pengembangan talenta digital di masa depan.

Dengan langkah ini, Indonesia diharapkan dapat meningkatkan posisi di ranah ekonomi digital global dan mempersiapkan masyarakat menghadapi ancaman keamanan di dunia digital.

Shares: