Home Tips & Trik Tips Pilih Adapter Charger HP dengan Bijak & Benar

Tips Pilih Adapter Charger HP dengan Bijak & Benar

review1st.com – Memiliki baterai berkapasitas besar merupakan salah satu syarat utama masyarakat kekinian dalam memilah ponsel yang mau dibelinya dan merupakan hal penting untuk ponsel masa kini. Hal ini dikarenakan tren bermain game online yang terus meningkat tajam yang menuntut ponsel-ponsel kekinian wajib memiliki kapasitas baterai badak.

Namun memiliki ponsel berbaterai besar harus berbanding lurus dengan kualitas pencatu daya atau charger ponsel yang juga mumpuni dan dan memiliki daya besar pula, sebab jika hal ini tidak selaras, ponsel berbaterai besar dan hanya meiliki charger berdaya rendah, tentu saja akan membuat pengisian daya menjadi sangat lama sekali. Karena hal tersebut maka pemilihan spesifikasi charger yang tepat sangat penting demi menunjang kenyamanan penggunanya, seperti dengan memiliki cahrger dengan kemampuan teknologi fast charging.

Yang menjadi persoalan dalam hal ini adalah ketika adapter pengisi daya yang original bawaan ponsel tiba-tiba rusak atau hilang, memasangkan ponsel berbaterai besar dengan adapter biasa akan membuat waktu pengisian daya menjadi sangat lama bahkan bisa merusak ponsel, selain itu dipasaran offline maupun online sering kali justru yang beredar dipasaran kebanyakan barang palsu dan tidak sebaik adapter bawaan ponsel kinerjanya. Berikut kami memberikan tuntunan mengenai hal yang harus diperhatikan saat kamu handak membeli adapter.

Jangan Beli yang Murah

Fakta jika barang bagus memang biasanya dibanderol dengan harga tinggi memanglah benar adanya. Dalam hal ini membeli produk adapter dengan harga yang murah, besar kemungkinan kualitasnya tidak terjamin. Kami sarankan kamu untuk belanja ditoko resmi baik melalui online maupun offline.

BACA JUGA
Cara Mengaktifkan WhatsApp di PC & Laptop Tanpa Ponsel Online Terbaru

Periksa Tegangan Daya pada Adapter

Secara teri daya pengisian akan didasari pada tiga hal yaitu daya/power (P) yang biasanya diukur dalam Watt, arus (I) diukur dalam amp atau milimeter, dan tegangan (V) diukur dalam volt. Jumlah daya ditentukan oleh persamaan P = IV. Artinya daya adalah produk dari arus yang dikalikan dengan tegangan.

Saat kamu memilih pengisi daya maka hendaknya kamu terlebih dahulu memeriksa keterangan tegangan pada kemasan charger atau melalui kepala charger biasanya juga tersedia. Charger yang baik tentu saja akan memiliki keterangan tegangan pada bagian kepalanya.

Periksa teknologi pengisian daya pada ponsel

Tiap produser asal ponsel sebenarnya punya standar pengisian daya yang berbeda. Ada Quick Charge, VOOC, Super Charge, Adaptive Charge, dan lain sebagainya. Maka periksalah terlebih dahulu ponsel kamu mendukung teknologi mana biasanya supaya fitur tersebut bisa dipakai.

Baca Keterangan Charger

Input

Input diartikan sebagai tegangan listrik masuk yang bekerja pada charger tersebut. Contohnya, jika input menunjukkan 100-240V – Frekuensi 50-60Hz 0,35 A maka charger bisa digunakan dalam tegangan listrik antara 100-240 Volt. Standar arus listrik di Indonesia adalah 220V dan frekuensi 50Hz .

Output

Selain input, pada keterangan charger juga terdapat angka output yaitu tegangan api keluar dari adapter menuju ponsel, hal ini sangat perlu diperhatikan karena jika kamu memilih pengisi daya yang memiliki output lebih besar dari spesifikasi adapter bawaanya, maka dikhawatirkan ponsel kamu akan mengalami kendala dimasa yang akan datang seperti kebocoran baterai dan suhu ponsel disaat pengecasan akan mengalami overheat.

BACA JUGA
Cara Memindahkan Kontak HP Android ke iPhone

Cek Fitur

Tips terakhir adalah sebelum membeli adapter terlebih dahulu hendaknya kamu memahami fitur-fitur yang ada di dalam charger tersebut, biasanya bisa melalui searching di Google agar kamu mengetahui barang yang akan dibeli, lalu cocokan dengan kebutuhan kamu. Jika smartphone kamu sudah mendukung fitur fast charger, maka pilihlah charger yang juga mendukung fitur yang sama agar pengisian daya smartphone kamu bisa lebih cepat.

Previous articleCuitan Elon Musk dan Bos Twitter Dibeli Jutaan Dollar
Next articleGrab for Business Hadirkan Sejumlah Solusi Digital Baru
Sederhana dalam sikap, kaya dalam karya, bikin hidup, terasa lebih hidup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here