Tips Menghemat Baterai Semua Jenis HP

#kamisukareview – Umur baterai yang pendek kerap menjadi permasalahan tersendiri buat pengguna ponsel. Nah, panduan tips menghemat baterai kali ini mungkin bisa membantu semua pengguna HP.

Apapun jenis HP tips menghemat baterai ini bisa bermanfaat. Tips ini juga diperlukan supaya lebih bisa mengenali apa saja problem yang bisa membuat baterai cepat menyusut dayanya.

Bicara artikel mengenai tips dan trik seputar peningkatan daya tahan baterai pada iOS atau Android tentu sudah sering diulas. Beberapa kali kami sudah pernah memberikan panduan atau tipsnya.

Saat ini, hampir semua kalangan memiliki HP Android atau iPhone. Bisa dibilang permasalahan baterai ini sebenarnya juga dialami pengguna HP terutama yang kapasitas baterainya kecil.

Memahami apa saja yang menyebabkan baterai cepat habis pada smartphone tablet atau ponsel jenis apapun tentu bisa membantu pengguna ponsel apapun jenisnya untuk mengoptimalkannya.

Berikut ada beberapa hal yang bisa diperhatikan jika ingin umur atau daya tahan baterai lebih panjang. Yuk simak tips menghemat baterai kami berkut, dan mengetahui faktor apa yang menyedot daya baterai.

Tips Menghemat Baterai: Atur Tingkat Kecerahan Layar

Layar pada perangkat mobile atau ponsel terlihat semakin besar dan lebar saja setiap tahun. Kamu tentu sudah terbiasa melihat ponsel terbaru dengan layar besar semisal LG G3 dengan resolusi 2560×1440 piksel. Memang layarnya sangat lebar dan menakjubkan, tapi inilah sumber utama yang menyedot daya baterai. Jadi jika kamu ingin baterai ponsel lebih awet, kurangi brightness atau tingkat kecerahan layar. Hindari setting auto brightness dan lakukan pengaturan secara manual.

No service

Pada ponsel yang terkoneksi ke jaringan permasalahan ‘no service’ bisa menjadi momok. ponsel yang tak memiliki kemampuan terkoneksi ke internet menjadi benar-benar kurang berguna jaman sekarang kecuali saat tersedia jaringan Wifi.

Coba perhatikan saat sinyal kurang stabil atau tidak konsisten, biasanya baterai akan lebih cepat habis. Pasalnya, ponsel akan terus berupaya mencari sinyal dan berkomunikasi dengan tower pemancar. Nah, untuk menghindari pemborosan baterai akibat permasalahan ini, gunakan mode Airplane atau pilih saja jaringan Wifi di area yang jaringannya kurang stabil atau nyaris tak ada sinyal.

Streaming Video dan Bermain Game

Kebutuhan daya ponsel untuk menonton video streaming atau bermain game ternyata cukup besar. Bermain sebentar memang tak akan terlalu bermasalah. Namun saat kamu menonton streaming video HD atau bermain game berat maka baterai akan merosot dengan sangat cepat. Bahkan sampai 50 persen.

GPS dan Layanan Lokasi

Fitur ini ternyata cukup menyita baterai. Oleh karena itu, jangan lupa mematikan fitur ini saat tak dipakai. Pasalnya, layanan ini akan terus beroperasi saat dalam kondisi aktif.

Tips Menghemat Baterai: Kurangi Screen Timeout

Kurangilah screen timeout atau waktu mati otomatis layar ketika tidak digunakan. Jika saat ini Anda mengaturnya selama 1 menit, kurangilah menjadi 30 atau 15 detik saja. Selain itu biasakanlah untuk mematikan layar secara langsung ketika sedang tidak digunakan.

Beberapa produsen juga sudah banyak yang membekali perangkatnya dengan fitur tersebut, seperti Sony dengan fitur STAMINA Mode-nya. Selain itu, aktifkanlah fitur Airplane Mode ketika Anda tidur di malam hari agar penghematan baterai semakin maksimal.

Matikan Fitur yang Tidak Dipakai

Beberapa fitur umum seperti GPS, Bluetooth, atau NFC serta fitur khusus seperti air gestures dan smart scrolling memakan cukup banyak daya baterai. Jika Anda tidak menggunakannya, maka matikanlah fitur-fitur tersebut.

Tips Menghemat Baterai: Atur Konektivitas Wi-Fi

Jika Anda terhubung ke internet melalui koneksi Wi-Fi, maka matikanlah koneksi melalui mobile data. Rubah juga pengaturan Wi-Fi di perangkat Anda menjadi ”Always on during sleep” karena hal ini akan mengkonsumsi lebih sedikit daya dibandingkan dengan harus melakukan reconnecting setiap kali Android Anda menyala.

Gunakan Lockscreen Widget

Jika perangkat Android Anda sudah mendukung fitur lockscreen widget, maka gunakanlah fitur tersebut. Dengan fitur tersebut Anda dapat mengakses aplikasi secara langsung melalui lockscreen tanpa perlu membuka kunci perangkat Anda terlebih dahulu.

Meskipun tetap menyalakan layar, namun waktu yang dibutuhkan jauh lebih sedikit ketimbang membukanya terlebih dahulu. Jika smartphone atau tablet Anda menggunakan layar AMOLED, maka gunakan juga lockscreen background dengan warna hitam atau gelap.

Hapus Widget yang Tidak Diperlukan

Hapuslah berbagai macam widget yang tidak diperlukan, terutama widget yang terhubung ke internet seperti Facebook, Twitter, ataupun widget cuaca.

Tips Menghemat Baterai: Update Aplikasi

Selalu update aplikasi secara berkala untuk mendapatkan performa yang optimal. Para pengembang biasanya memberikan update untuk mengoptimalkan penggunaan baterai serta memori. Selain itu, hapuslah aplikasi yang sudah tidak digunakan agar aplikasi tersebut tidak berjalan di background dan memakan jatah memori serta baterai Anda.

Di setiap perangkat Android pasti dipenuhi dengan berbagai aplikasi Google. Namun tentunya tidak semua aplikasi tersebut kita butuhkan. Maka dari itu agar tidak menghabiskan daya baterai, matikanlah opsi sinkronisasi pada aplikasi yang tidak dibutuhkan tersebut.

Matikan Auto-Sync Aplikasi

elain aplikasi Google, beberapa aplikasi juga biasanya melakukan sinkronisasi secara otomatis untuk memperbaharui kontennya. Beberapa aplikasi yang biasa melakukan hal tersebut di antaranya adalah aplikasi Twitter client, Facebook, dan lainnya.

Nah, mungkin beberapa panduan ini bisa membantu kamu menghemat baterai. Selamat mencoba!

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”