Home Tips & Trik Tips Cara Jualan Online di Shopee, WA, IG, Facebook

Tips Cara Jualan Online di Shopee, WA, IG, Facebook

Tips jualan online

review1st.com – Cara jualan online makin dicari baik di Shopee, WA, Facebook karena makin hari makin menemukan tempat para kaum milenial. Banyak kalangan mau beli barang atau mau jualan gak perlu lagi sewa tempat, cukup manfaatkan internet dengan membuat toko online.

Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, cara jualan Online di Shopee, WA dan FC juga mulai banyak digandrungi. Social media yang dulunya hanya tempat untuk berinteraksi secara virtual, kini menjadi marketplace yang sangat menjanjikan.

BACA JUGA
Cara Ganti Nama HP Android Dan iPhone

Tidak mengherankan jika anda membuka beranda Shopee, Facebook, WA atau IG anda akan menemukan akun teman anda yang menjual barang atau jasa. Hal tersebut ternyata juga di follow-up-i oleh pihak pengembang social media yang menambahkan fitur jual beli.

Dengan demikian, membuat pemilik akun social media akan semakin mudah dan simpel dalam berinteraksi serta jual beli.

Cara jualan Online di social media seperti Shopee, WA, IG atau Facebook juga ada strateginya, jadi tidak boleh asal jualan saja. Selain itu, jika anda ingin mendapatkan penjualan yang maksimal, perlu diingat bahwa social media bukan tempat penjualan utama anda.

Anda juga perlu website atau toko online untuk memaskimal penjualan produk anda.

Gunakan social media sebagai media pemasaran dan undang calon pelanggan anda ke website anda, mengingat fitur-fitur penjualan Online di social media sangat terbatas.

Cara Jualan Online di Facebook dan WA

Ini merupakan platform social media untuk jualan terbesar di Indonesia, mengingat facebook itu banyak penggunanya dari berbagai latar belakang umur, pendidikan serta pekerjaan. Jika anda ingin jualan Online di social media ini, berikut ialah langkah-langkah yang bisa anda lakukan.

  • Buat fans page untuk promosi bisnis anda
  • Pakai foto serta cover yang bagus dan menarik minat banyak orang
  • Jangan lupa deskripsi usaha juga harus dilengkapi, gunakan kata-kata yang bisa menarik minat pembeli
  • Pakai link website jualan anda

Facebook ini memang banyak penggunanya, dan bisa jadi target pasar yang sangat potensial. Namun tidak boleh sembarangan jualan di facebook.

Fitur spam yang super ketat akan sedikit menyulitkan anda. Pihak mereka bahkan dengan mudah me-labeli sebagai tukang spam tanpa ada pemberitahuan terlebih dulu. Maka hati-hati promosi di facebook ini.

Banyak follower atau like di facebook juga belum efektif untuk mendongkrak penjualan anda. Maka dari pastikan bahwa setiap anda posting, mendapatkan banyak tanggapan entah itu like, komentar atau share. Bagaimana cara jualan online di Facebook? Berikut yang bisa anda posting.

  • Berita atau tren yang sedang hits yang terkait dengan produk yang anda jual.
  • Gunakan foto menarik, lebih baik real picture sehingga meningkatkan minat pembeli
  • Kadang kala boleh gunakan kata mutiara atau kata inspiratif

Perbandingan antara posting promosi dengan prostingan non promosi kurang lebih antara 1:9. Jadi misal 1 postingan promosi harus diimbangi dengan 9 postingan non-promosi. Jangan dikit-dikit postingan promosi, nanti bisa ditinggal oleh followers anda.

Kemudian, jaga jarak postingan anda, jangan satu hari posting 5 kali atau lebih, maksimal dua kali sehari saja dan pastikan bahwa postingannya berkualitas dan tidak membosankan.

Baca juga : pemasaran produk lewat website? Beli hosting nya disini http://www.domainesia.com

Cara Jualan Online di IG atau Shopee

Selain facebook, instagram dan Shopee juga sangat popular untuk jualan. Pernah ada riset yang membandingkan instagram dan faceebok, ternyata hasilnya mengejutkan. Cara jualan online di IG banyak dicari.

Engagement rate pada tiap postingan di instagram bisa mencapai 4,21% sementara facebook hanya antara kisaran 0,05% hingga 1%. Cukup jauh bukan perbedaannya?

Itu menandakan bahwa foto atau gambar jauh lebih disukai oleh netizen. Makanya lebih banyak orang Indonesia itu jualan di instagram dibandingkan social media yang lainnya.

Berikut strategi cara jualan Online di IG atau Shopee dengan instagram:

  • Pastikan punya akun dulu
  • Lengkapi akun anda dengan deskripsi atau biografi serta kontak yang bisa dihubungi
  • Sertai link ke website atau toko online anda

Setelah itu, tinggal siapkan amunisi promosi produk anda di instagram. Agar jualan anda, mendapatkan feedback yang banyak dari followers, maka bisa memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Foto harus berkualitas, unik dan indah. Kalau foto anda hanya biasa saja, maka akan kalah dengan yang lainnya
  • Pakai #hashtag yang relevan dengan produk anda, antara 5 hingga 10-an
  • Jangan terlalu sering posting, maksimal 2 kali aja sehari. Tapi kalau anda punya foto atau gambar yang menarik, bisa lebih namun jangan terlalu banyak, takutnya follower anda bosan.
  • Jangan lupa tambahi caption/ deskripsi, cara beli serta harganya, biar jelas untuk semua
  • Jangan spam komentar ke akun orang lain, hanya untuk promosi dan yang lain.

Itulah tips jitu jualan Online di social media baik menggunakan facebook atau instagram. Jualan online ini memang menjadi peluang yang sangat menjanjikan yang tidak memerlukan banyak modal dan waktu.

Bagi yang masih bingung mau bikin usaha atau kerjaan sampingan, jualan online dengan memaksimalkan social media bisa jadi pilihan yang terbaik.

Previous articleCara Download Lagu Dari YouTube Jadi File MP3 di HP Android
Next articleRazer Merilis Kolaborasi Terbaru Bersama Hello Kitty And Friends

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here