Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Beli Smartphone Baru

review1st.com – Beli smartphone baru dengan fitur dan model kekinian tentu hal yang sah-sah saja dilakukan siapa pun. Apalagi jika smartphone Anda sudah tertinggal jauh dari segi teknologi dan spesifikasi jika dibandingkan smartphone terbaru keluaran 2021.

Belum lagi jika kondisi smartphone Anda saat ini sudah punya banyak goresan di bodi belakang atau malah layar yang sudah retak di ujung-ujung sudutnya.

Nah, jika Anda ingin beli smartphone baru, ada beberapa hal penting menyangkut spesifikasi dan berbagai fitur smartphone yang harus Anda perhatikan. Hal ini agar Anda dapat menemukan smartphone yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

1. Cari tahu chipset yang digunakan

Chipset Snapdragon 888

Chipset dan prosesor adalah komponen penting dalam smartphone yang perlu Anda perhatikan karena keduanya berperan sebagai ‘otak’ dari smartphone. Kedua komponen ini yang menentukan kecepatan performa sebuah smartphone.

Dengan chipset yang mumpuni, Anda dapat bebas melakukan banyak aktivitas dengan smartphone tersebut. Mulai dari streaming video, menjalankan berbagai aplikasi, edit foto maupun video hingga main game online tanpa lag yang berarti.

Tergantung kebutuhan Anda, ada baiknya memilih smartphone dengan chipset terbaru atau paling tidak terbaik di kelasnya. Sebagai info, chipset paling canggih yang dipakai smartphone kelas flagship adalah Snapdragon 888.

Namun jika Anda hanya menggunakan smartphone untuk aktivitas ringan, seperti browsing, membuka sosial media dan menonton video, maka chipset Snapdragon seri 600 juga sudah mumpuni.

2. Perhatikan RAM dan kapasitas memorinya

Selain chipset, komponen lain yang perlu Anda perhatikan adalah kapasitas RAM dan juga memori internal smartphone. RAM berfungsi untuk mendukung kinerja smartphone agar lancar saat digunakan.

Begitu juga memori internal yang menjadi tempat penyimpanan berbagai data dan aplikasi. Jika memori internal penuh maka akan memperlambat kinerja smartphone.

Jika ingin smartphone yang ngebut atau paling tidak lancar untuk digunakan sehari-hari, pilihlah smartphone dengan kapasitas RAM dan memori internal yang besar.

Saat ini untuk smartphone kelas entry-level sekalipun sudah ada yang menggunakan RAM 3GB yang sudah tergolong mumpuni. Sedangkan untuk memori internal, ada yang sudah menggunakan memori internal dengan kapasitas 128GB.

Jika Anda suka bermain game online maupun menggunakan berbagai aplikasi, ada baiknya pilih smartphone dengan kombinasi RAM dan memori internal yang mumpuni; paling tidak 4GB/32GB agr aktivitas anda tetap lancar.

3. Sudah dibekali kamera dengan fitur canggih

kamera beli smartphone baru

Jika dulu smartphone mahal identik dengan kamera yang canggih, namun kini smartphone kelas mid-range pun sudah dibekali dengan kamera yang mumpuni. Hal ini salah satunya disebabkan oleh semakin meningkatkan kebutuhan pengguna dalam membuat konten video maupun foto.

Jika Anda termasuk yang sering menggunakan kamera untuk mengambil foto atau merekam video, maka memilih smartphone kekinian yang sudah dibekali dengan tiga hingga empat kamera utama tentu pilihan yang pas.

Contohnya Samsung Galaxy A51 yang punya empat kamera utama dengan resolusi kamera utamanya 48MP.

Namun jika Anda termasuk yang tidak begitu masalah dengan resolusi kamera yang tinggi dan punya budget terbatas, smartphone kelas entry-level saat ini juga bisa jadi pilihan menarik lho.

4. Sudah dilengkapi NFC

NFC merupakan salah satu fitur yang biasanya disematkan pada smartphone kelas flagship. Dengan fitur ini Anda bisa mentransfer file dengan cepat tanpa harus menggunakan kabel, cukup menempelkan smartphone Anda ke smartphone lainnya yang juga mendukung NFC.

Selain itu fitur ini juga bisa membantu untuk mengecek saldo dan juga top up e-money yang bisa dipakai untuk berbagai keperluan.

Jika Anda menginginkan smartphone baru nantinya memiliki fitur ini, maka Galaxy A51 bisa jadi pilihan yang pas. Harga Samsung A51 ini berada di kisaran Rp 4 jutaan saja kok.

5. Baterai berkapasitas besar + fast charging

Smartphone masa kini biasanya sudah dibekali baterai besar di atas 4.000 mAh untuk mendukung penggunanya menjalankan berbagai aktivitas.

Selain itu umumnya smartphone saat ini sudah mendukung fitur fast charging yang membuat waktu pengisian daya menjadi lebih singkat.

Fitur fast charging merupakan fitur kekinian yang rasanya sayang Anda lewatkan. Maka dari itu ada baiknya pilih smartphone yang sudah dibekali fitur ini agar aktivitas Anda tak sering terganggu jika harus charge baterai smartphone terlalu lama.

Demikianlah info mengenai berbagai hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli smartphone baru. Meski Anda memiliki budget yang besar untuk upgrade smartphone Anda, namun ada baiknya untuk tetap memperhatikan spesifikasi dan juga harganya.

Hal ini agar Anda bisa mendapatkan smartphone sesuai kebutuhan tanpa menghabiskan banyak uang karena salah memilih produk.

Buka opsi Anda untuk berbagai brand dan jangan berpaku pada satu brand saja karena saat ini hampir semua brand memiliki produk smartphone unggulan dengan harga yang bersaing.