Fitur Baru, Cara Menyembunyikan Retweet di Twitter

review1st.comTwitter kembali merilis fitur baru berupa cara menyembunyikan retweet dari akun yang kita ikuti (following). Fitur ini sebelumnya dikatakan Twitter sebagai salah satu request terbanyak pengguna mereka yang belum mereka wujudkan.

Akhirnya setelah dengan perhitungan matang, Twitter resmi meluncurkan fitur ini untuk bisa mulai digunakan. Dengan adanya fitur baru ini membuat pengguna Twitter dapat dengan mudah menyeleksi retweet dari akun-akun yang diikutinya.

tips sembunyikan retweet

Apakah kita membiarkan retweet tetap muncul di linimasa atau menyembunyikanya dari lini masa. Seperti yang kita ketahui selama ini banyak pengguna yang merasa terganggu dengan retweet yang tidak jelas dari akun-akun yang diikuti.

Namun di lain sisi ada pula yang merasa terbantu dengan berbagai retweet tersebut karena dirasa memberi hiburan dan informasi penting dan masih memiliki relevan dengan hobi pengguna.

Berita mengenai fitur baru ini secara resmi dikonfirmasi oleh akun resmi Twitter Support yang menuliskan “Jika Anda menyukai tweet dari sebuah akun, tapi tidak menyukai retweet, Anda bisa menon-aktifkannya,” pada laman akunya.

Cara menyembunyikan retweet

Cara menyembunyikan retweet akun tertentu cukup mudah, apabila kamu menemukan atau melihat retweet yang dirasa mengganggu dari akun yang kamu ikuti, kamu tinggal membuka profil akun tersebut.

Kemudian klik ikon menu yang dilambangkan dengan titik tiga (…). Lalu pilih “matikan retweet”/”turn off retweets”.

Maka dapat dipastikan retweet yang dibagikan oleh akuntersebut tidak akan muncul lagi pada beranda kamu, dengan tapa berhenti mengikuti akun tersebut dan kamu akan tetap bisa melihat tweet lansung dari akun tersebut.

Pengaturan turn off retweets ini juga sama sekali tidak bersifat resiprokal (dua arah). Artinya, apabila akun tersebut juga mengikuti kamu, retweet yang kamu bagikan masih akan tetap muncul di linimasanya seperti biasa.

Selain itu retweet yang dibagikan sebelum disembunyikan juga masih tetap muncul di linimasa kamu. Sementara itu pengaturan ini sudah tersedia dan bisa lansung digunakan melalui aplikasi Twitter versi mobile di Android dan iOS, namun belum tersedia di versi desktop.

Setelah opsi fitur baru turn off retweets, masih ada satu lagi request yang diminta banyak pengguna Twitter untuk dihapuskan atau dibuat pilihan turnoff-nya, yaitu menghilangkan munculnya dilimasa tweet yang disukai (liked) oleh akun-akun yang diikuti.

Sejauh ini, pihak Twitter belum memberikan opsi untuk menyembunyikan tweet yang disukai tersebut. Mungkin saja dalam pembaharuan berikutnya fitur ini akan diluncurkna juga oleh Twitter, agar bermain Twitter menjadi terasa lebih efektif dan simpel.