Home Berita Cari Cuan Hanya Bermodalkan HP dan Layanan Data, Caranya?

Cari Cuan Hanya Bermodalkan HP dan Layanan Data, Caranya?

cara berbisnis modal smartphone dan smartfren

review1st.com – Di era internet seperti sekarang, kita dituntut kreatif dalam mendulang rejeki. Bahkan yang menarik, hanya dengan menggunakan smartphone dan layanan data saja ternyata kita bisa meraup rupiah lho.

Selidik punya selidik, ternyata peran penyedia layanan internet dalam mendorong industri kreatif sangat krusial. Selama masa pandemi dua tahun terakhir, ruang gerak masyarakat terbatas.

Pandemi Covid-19 mengubah segalanya. Pengangguran semakin meningkat, perusahaan gulung tikar, ekonomi merosot. Bahkan, ada momentum dimana kita hanya bekerja dan beraktivitas dari rumah.

Akhirnya sebagian dari kita ‘dipaksa’ kreatif demi ‘bertahan hidup’ dan menyesuai diri dengan situasi. Celah-celah rejeki baru dicari dan cara berbisnis minim modal pun bermunculan.

Dan ternyata cukup mengandalkan sarana yang biasa kita gunakan sehari-hari, kita bisa mendulang rejeki. Salah satunya dengan memanfaatkan peran smartphone dan layanan data operator.

Jualan Karpet Bermodalkan HP dan Layanan Data

Adalah Yayan Mulyana, asal Subang, Jawa Barat, pedagang karpet online yang justru menemukan celah bisnis barunya lewat internet. Hanya bermodal layanan data dan smartphone dia bisa meraup cuan yang bisa dibilang lumayan.

Ia sukses membuka peluang menggunakan smartphone dan layanan data Smartfren. Peran internet serta fasilitas ‘seadanya’ tersebut tak dinyana membawa berkah.

Yayan awalnya mencoba ide berjualan karpet online minim modal lewat e-commerce. Menjadi reseller pedagang karpet besar. Tak disangka penjualannya lumayan. Sedikit demi sedikit pelanggan bertambah.

BACA JUGA
Serba 'Yang Pertama' di Perangkat Desain keren OPPO A57

Memanfaatkan paket data unlimited Smartfren dia tak harus pusing dengan akses internet sehari-hari. Biaya yang dikeluarkan tak besar.

bisnis dari smartphone

Selanjutnya, cukup dari smartphone dia pun mulai bergerilya melakukan pemasaran di situs jejaring sosial. Grup Facebook terkait jual beli karpet dia sambangi dan dijadikan lahan memburu pembeli. Juga berjualan lewat status Whatsapp.

Bahkan sambil berjualan menggunakan Facebook, pengguna yang memerlukan paket data dapat melakukan pembelian layanan data dengan mengklik kotak “buy data” di pojok kanan aplikasi Facebook.

Disamping pembelian paket data dengan pulsa, Smartfren kini mengaktifkan empat dompet digital terkemuka (Gopay, Dana, OVO, Shoppe) sebagai opsi pembayaran untuk pembelian paket data melalui Facebook Mobile Center.

Dengan opsi dompet digital, Smartfren memberikan kemudahan dan fleksibilitas dalam pembayaran paket data oleh pelanggan. Kemudahan yang ditawarkan Smartfren sebenarnya membantu pengusaha seperti Yayan jadi lebih fleksibel. Waktunya pun bisa dimanfaatkan secara efisien.

Dengan kesempatan dan waktu lebih luang, Yayan lantas membuat website gratisan sebagai landing page atau toko online sendiri. Selepas itu ia belajar sedikit seputar bisnis online dan digital marketing dari ‘mbah Google’ dan Youtube.

Dalam tempo singkat, dengan memanfaatkan kualitas dan jangkauan internet cepat Smartfren, Yayan sudah memegang jurus berbisnis online serta cara pemasaran karpetnya.

Setelah cukup modal, ia pun mulai mengiklankan lapak dan produknya di Google, Facebook hingga Instagram. Penjualannya makin meningkat.

BACA JUGA
Gandeng Vidio, MyRepublic dan Smartfren Wujudkan Kolaborasi Strategis 

Tak peduli ia tinggal di daerah, ternyata jaringan operator seperti Smartfren tetap menghadirkan kualitas setara kota besar. Bahkan tak hanya pasar lokal, Yayan berhasil membesarkan penjualan karpetnya dalam skala ‘provinsi’.

Secara nasional peningkatan kualitas dan coverage jaringan Smartfren mencapai 18% dan telah cukup untuk menangani lonjakan traffic internet yang diperkirakan mencapai 14-20%.

Smartfren secara konsisten terus meningkatkan kualitas jaringan dan coverage di seluruh wilayah operasionalnya

Artinya, meskipun lapak online Yayan ada di daerah terpencil sekalipun, dia bisa mengatur dan mendistribusikan karpetnya ke berbagai daerah. Lagi-lagi cukup menggunakan smartphone dan layanan data.

Dari awalnya hanya menjadi reseller, kini Yayan bisa membuat gudang penyimpanan karpet sendiri. Meskipun masih kecil tapi minimal ia bisa mendapat keuntungan lebih besar. Di sisi lain, ia pun kini bisa menjalankan bisnis online dan offline karpet sekaligus.

Ya, hanya bermodalkan ide kreatif, smartphone dan layanan data Smartfren, Yayan berhasil membuka peluang baru dan meraup cuan. Ini membuktikan bahwa peran operator telekomunikasi dalam mendorong industri kreatif ternyata cukup krusial.

Yayan hanya contoh kecil, dan tentu saja ada yang lebih sukses di luar sana dengan memanfaatkan sarana serupa. Jika kreatif sebenarnya kita bisa mencari cuan dengan modal minim.

Previous articleLimelight Rampungkan Akuisisi Edgecast Yahoo, Ubah Merek Menjadi Edgio
Next articleErajaya Active Lifestyle Buka Pre-Pre-Order DJI RS Series
Ordinary man in this extra ordinary world.