Home Tips & Trik 12 Trik WhatsApp Yang Jarang Diketahui Pengguna

12 Trik WhatsApp Yang Jarang Diketahui Pengguna

trik whatsapp

#kamisukareview – Sebagai layanan aplikasi pesan instan populer WhatsApp memiliki sejumlah fitur yang menarik, namun kebanyakan dari kita jarang memanfaatkan fitur tersebut. Ternyata ada 12 trik Whatsapp lho yang jarang dicoba.

Entah fitur yang ada itu tidak penting atau mungkin kamu tidak mengetahui bahwa fitur itu ada dalam aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan.

Ini dia Trik WhatsApp yang jarang diketahui

Pada tulisan kali ini kami ingin berbagi trik WA yang jarang diketahui pengguna. Mungkin bermanfaat bagi yang sering memakai WA tapi kurang ‘ngeh’ kalau ada beberapa fitur tersembunyi ini.

1. Mencoret-coret Foto Sebelum Mengirimkannya.

Sebelum kamu mengirimkan foto, kamu bisa menambahkan coretan atau bahkan sticker-sticker menarik yang bisa kamu pilih. Tool ini tersedia dengan memilih gambar pensil yang ada di bagian kanan atas layar.

Kamu juga bisa memilih warna pensil yang diinginkan dengan mengeser-geser palet warna yang tersedia.

2. Mengarsipkan Percakapan

Percakapan kamu di trik WhatsApp bisa diarsipkan dengan men-tap dan menahan percakapan tersebut, hingga nantinya akan muncul ikon arsip yang ada di bagian kanan atas layar, tap ikon tersebut maka percakapan akan hilang dari daftar obrolan.

Namun itu tidak akan menghapus percakapan tersebut, kamu bisa melihat semua percakapan yang sudah diarsipkan dengn men-scroll jendela obrolan hingga bawah.

BACA JUGA
Apa Sih Kuota Lokal Telkomsel & Cara Pakai Jadi Internet Reguler

3. Menggunakan Akun WhatsApp Yang Sama Pada Dua HP

WhatsApp telah menghadirkan fitur WhatsApp Web, fitur ini menjadikan kamu bisa membuka satu aku WA yang sama pada dua HP yang berbeda selama HP nya terhubung ke Internet.

Untuk melakukan trik WA ini, kamu buka WhatsApp Web pada Chrome di hp kedua dan klik Request Desktop Site dari menu.

Setelah itu, scan kode QR dan kamu bisa memulai menggunakan WhatsApp. Selain itu, notifikasi di desktop juga bisa diaktifkan pada Chrome untuk menginformasikan bila ada pesan yang masuk.

4. Menggunakan Dua Akun WA Berbeda Pada Satu HP

Trik ini adalah kebalikan dari trik WA yang ada pada nomor 3, kamu bisa menggunakan dua akun berbeda dalam satu HP yang sama. Caranya dengan menggunakan aplikasi Parallel Space dan menjalankannya dalam ‘sandbox’, sebenarnya tidak hanya WhatsApp, tapi aplikasi apapun bisa digandakan.

5. Mengatur Notifikasi Berbeda untuk Sejumlah Kontak

Kamu bisa mengatur suara notifikasi berbeda untuk satu atau dua kontak, sehingga jika ada pesan masuk kamu bisa tahu sebelum membukanya.

Untuk mengaktifkannya, bukan profil kontak seseorang yang akan dibedakan notifikasinya.Kemudian kkik Custom Notification lalu. Pilih suara notifikasi dan pola getar yang diinginkan.

6. Menyembunyikan Preview Pesan

Adakalanya jita tidak ingin pesan yang masuk tidak terlihat oleh orang lain, kamu bisa menyembunyikan preview ‘konten sensitif’ ini, suara notifikasi akan tetap terdengar namun pesan tidak muncul saat layar terkunci.

BACA JUGA
10 Aplikasi Edit Video di HP Buat Tiktok, Jedag Jedug, Youtube

Cara mengaktifkannya, klik Settings Settings—> Apps—> WhatsApp—> Notifications dan aktifkan pilihan Hide Sensitive Content.

7. Mengutip Obrolan Saat Membalas Pesan

WhatsApp versi lawas tidak memiliki fitur ini, namun di versi teranyar kamu bisa “mengutip” / “quote text”, sehingga kamu bisa merespon pesan spesifik yang ingin kita balas. Untuk menggunakannya, cukup klik ikon panah ke kiri pada pesan yang ingin kita respon.

8. Menyebut Seseorang Dalam Percakapan Group

Di sejumlah layanan jejaring sosial, kamu bisa me-mention atau men-tag seseorang, di WhatsApp juga bisa melakukannya, kamu bisa menambahkan tanda @ sebelum menulis nama kontak yang ingin di mention.

Nantinya dia akan mendapatkan pemberitahuan walaupun ia memasang opsi Mute di Groupnya.

Selain itu, fitur ini membantumu secara spesifik menunjukkan kepada siapa kamu berbicara.

9. Mengetahui Siapa Yang Membaca Pesan Kita di Group

Dalam obrolan individu, kamu bisa mengetahui oesan tersebut terkirim atau sudah dibaca dengan melihat tanda contreng dua berwarna biru.

Nah, di group fitur itu tidak terlihat, untuk bisa melihat siapa yang sudah membaca pesan kita di group, kamu hanya tinggal men-tap dan menahan pesan kamu, kemudian pilih menu Message Info.

Maka akan terlihat siapa saja yang sudah membaca pesanmu, disertai jam berapa mereka melihatnya.

10. Membuat Link Undangan Group untuk Publik

Dengan fitur ini, admin Group tidak harus menambahkan kontak ke group satu per satu. Dengan adanya fitur ini nantinya Admin group hanya tinggal meng-klik “Invite to grup via link” dan membagikannya kepada calon anggota naru di grup yang dikelolanya.

BACA JUGA
Cara Mengganti Password Wifi Lewat HP: IndiHome, First Media, MNC Play

11. Mengubah Format Tulisan

Kamu bisa membuat tiga buah format tulisan yang berbeda di WhatsApp, ketiga format itu ialah tebal, miring dan coret tengah.

Untuk membuat tulisan menjadi tebal, tambahkan tanda * sebelum dan sesudah kalimat yang dibuat tebal.

Untuk garis miring, gunakan tanda underscore _

Sementara untuk coret tengah, gunakan tanda ~ dengan cara yang sama dengan cara-cara di atas.

Kamu bisa mengkombinasikan ketiga tanda tersebut untuk membuat tulisan yang kamu inginkan.

12. Membuat GIF Sendiri

Selain menawarkan gambar GIF yang sudah ada, kamu bisa membuat ganbar GIF sendiri, karena WhatsApp memiliki fitur untuk bisa mengubah video menjadi GIF secara instan.

Untuk mengkonversi video menjadi GIF kamu hanya tinggal memotong bagian video selama 6 detik dengan aplikasi cropping tool yang sudah disediakan, Icon video kecil akan muncul di pojok kanan atas, klik di bagian tersebut untuk mengubahnya menjadi bentuk GIF.

WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan untuk ponsel cerdas (smartphone) dengan basic mirip BlackBerry Messenger.

WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain.

Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi internet 3G, 4G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain.

Demikian trik Whatsapp yang mungkin sebagian sudah kamu ketahui dan bisa dioptimalkan saat kamu melakukan percakapan pada aplikasi tersebut.

Previous articleBeli HP Garansi Toko, Ini Resikonya!
Next articleUpdate Harga HP iPhone Terbaru (Mei 2021)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here