Home Berita Review vivo Y100 5G: HP 3 Jutaan dengan Fitur Menjanjikan

Review vivo Y100 5G: HP 3 Jutaan dengan Fitur Menjanjikan

Review vivo Y100 5G: HP 3 Jutaan dengan Fitur Menjanjikan

review1st.com – Vivo mengawali tahun 2024 dengan menghadirkan varian seri Y terbarunya, vivo Y100 5G. Smartphone perdana dari jajaran vivo Y Series ini hadir secara resmi ke Indonesia mulai harga Rp3.899.000.

Selain menawarkan konektivitas 5G. Y100 juga telah menggunakan SoC 5G barudan dibekali dengan layar layar AMOLED 120 Hz. Kehadiran desain kulit fiber premium membuat vivo Y100 5G ini hadir dengan gaya yang elegan dan juga terlihat premium.

Lalu, bagaimana dengan kinerja kameranya? Apakah fitur yang kamu dapat di Y100 sebanding dengan harga yang ditawarkan? Cek review vivo Y100 5G kami.

Review Vivo Y100 5G: Harga, Spek, Kelebihan dan Kekurangan

Desain dan Build Quality

vivo mengambil langkah simpatik dengan merefleksikan keunikan dan keindahan Indonesia dalam desain vivo Y100 5G. 

Dua opsi warna yang ditawarkan, Ungu Anggrek dan Hitam Onyx memiliki cerita masing-masing. Warna Ungu Anggrek terinspirasi dari warna anggrek, salah satu bunga nasional Indonesia.

Sedangkan Hitam Onyx, -unit yang kebetulan kami revew ini-, terinspirasi dari batuan yang populer di Indonesia dan sering kali dipadukan dengan anggrek.

Unit review vivo Y100 5G sendiri menggunakan desain premium dengan memadukan lapisan fiberglass dan lapisan anti-noda. Kombinasi ini memberikan tampilan yang simpel namun tetap elegan dan berkelas.

vivo y100 5g

Tambahan teknologi anti-noda mencegah kotoran menempel, bahkan ketika terkena cipratan minuman atau makanan.

Bagian belakang smartphone ini datar, sementara bagian frame-nya cenderung datar namun dengan lekukan halus di tepinya. Vivo menyebut desain ini sebagai 2.5D Metallic Frame.

Dari segi dimensi, vivo Y100 5G menawarkan ukuran yang ergonimis, ringan, dan nyaman digenggam. Tinggi Y100 163.17 mm, dengan lebar 75.81 mm, ketebalan  7.79 mm (untuk varian Hitam Onyx), dan bobot 185.5 gram.

Tak lupa, HP vivo terbaru ini menyertakan rating IP54, membuat Y100 5G tahan terhadap sekitar debu dan percikan air.

Sisi bagian atas Y100 5G hanya diisi dengan microphone, sementara bagian kanan seperti biasa diisi dengan tombol power dan tombol volume up/down.

Sisi kiri terlihat kosong sedangkan bagian bawah terdapat tray SIM hybrid, microphone, port USB type-C, dan lubang speaker. Oh ya, untuk tray SIM hybrid ini Kamu bisa memilih untuk menggunakan 2 nano sim atau 1nano sim + microSD dengan kapasitas hingga 1TB. 

hp vivo terbaru

Display dan Audio

Dengan layar AMOLED 120 Hz dan ukuran 6,67 inci, vivo Y100 5G menjanjikan pengalaman visual yang menarik. Y100 5G sekaligus menjadi seri Y pertama yang mengadopsi layar AMOLED 120 Hz.

Mengenai refresh rate, pengguna dapat menikmati keunggulan adaptive dengan opsi Smart Switch. Saat dalam keadaanstandby, refresh rate otomatis turun ke 60 Hz. Jika terdapat aktivitas, refresh rate naik secara otomatis ke 120 Hz.

Resolusi Full HD+ 2400 x 1080 piksel menjadi jaminan tampilan layar yang jelas dan tajam. Vivo mengklaim kecerahan layar bisa mencapai 1200 nit, membuatnya tak masalah dipakai di kondis luar ruang.

harga dan spek vivo y100

Berdasarkan pengujian, kecerahan standar layar untuk penggunaan indoor mencapai 500 nit, namun saat simulasi penggunaan outdoor, dapat meningkat hingga 1200 nit, sesuai dengan klaim dari vivo.

Warna yang ditampilkan vivo Y100 5G memnerikan cakupan 100% DCI-P3. Ada Mode Pro yang bisa Kamu gunakan untuk kebutuhan editing foto atau video, yang mendekati cakupan warna 100% sRGB.

Bezel sekitar layar yang tipis menambah kesan modern. Di bawah layar terdapat fitur Screen Touch ID atau fingerprint scanner. Earpiece speaker terletak di bezel atas layar, memberikan output audio stereo ganda yang imersif.

Bicara soal audio, vivo Y100 5G sudah dilengkapi dengan Dual Stereo Speaker dan fitur Audio Booster. Y100 5G mampu menggeber output audionya hingg volume maksimum 300%. Volume yang cukup dan adanya audio booster menjadi nilai tambah saat melakukan panggilan suara atau video.

Dengan kombinasi layar AMOLED 120 Hz yang memukau dan audio yang memuaskan, vivo Y100 5G tidak hanya menawarkan pengalaman visual yang luar biasa, tetapi juga menjanjikan pengalaman audio yang memuaskan bagi pengguna.

Kamera Vivo Y100 5G

kamera

Unit review Vivo Y100 5G menyematkan konfigurasi kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8, Auto Focus), kamera wide-angle 8 MP (f/2.2, Fixed Focus), dan flicker sensor.

Kamera utama 50 MP (f/1.8, Auto Focus) menjanjikan gambar beresolusi tinggi dengan detail dan ketajaman yang luar biasa. Meskipun mendukung autofokus untuk gambar yang tajam, kemampuan perekaman video terbatas pada 1080p pada 30 FPS.

Kamera wide-angle 8 MP (f/2.2, Fixed Focus)memiliki sudut pandang yang luas, memungkinkan pengguna untuk menangkap lebih banyak gambar dalam satu frame. Namun, seperti kamera utama, perekaman video maksimal hanya mencapai 1080p 30 FPS.

Flicker Sensor berfungsi untuk memastikan gambar tanpa efek berkedip, terutama saat memotret objek dengan layar LCD. Selain itu, terdapat pula rear flash untuk membantu Kamu mendapatkan hasil foto yang lebih etrang, terutama dalam kondisi minim cahaya. 

Di bagian depan, Vivo Y100 5G dilengkapi dengan kamera selfie 8 MP (f/2.0) yang disematkan dalam desain punch-hole di bagian atas layar. Memfasilitasi swafoto berkualitas tinggi dan juga panggilan video, kamera selfie ini dapat melakukan perekaman video 1080p pada 30 FPS.

Fitur Kamera:

Vivo Y100 5G menawarkan beragam fitur untuk meningkatkan pengalaman fotografi, termasuk:

  • Super Night Mode: Cocok untuk menangkap adegan dengan pencahayaan rendah dengan kejelasan yang ditingkatkan dan noise yang dikurangi.
  • Dual-View Video: Memungkinkan perekaman simultan menggunakan kamera belakang dan depan, menawarkan kemungkinan kreatif untuk pembuatan konten.
  • Bokeh Flare Portrait: Menambahkan efek bokeh yang unik pada potret, meningkatkan daya tarik estetika gambar.
  • Pro (Mode Foto): Memungkinkan penggemar fotografi untuk menyesuaikan pengaturan kamera secara manual untuk kontrol yang lebih besar atas hasil foto mereka.
  • Mode Dokumen: Mengoptimalkan pengaturan kamera untuk menangkap dokumen atau teks dengan kejelasan.
  • Slow Motion: Menawarkan kemampuan merekam video slow motion pada 720p dan 120 FPS.
  • Video Ultra Stabil: Memastikan rekaman video yang lancar dan stabil, meminimalkan blur gerakan dan getaran.

Hasil Kamera:

hasil kamera review vivo y100 5G

Performa

Vivo Y100 5G hadir dengan performa yang tangguh, didukung oleh chipset Snapdragon 4 Gen 2 yang inovatif dan spesifikasi yang mumpuni. 

Vivo Y100 5G menjadi salah satu perangkat pertama yang memperkenalkan chipset Snapdragon 4 Gen 2 ke Indonesia.

Chipset ini dibuat dengan teknologi fabrikasi 4 nm, mirip dengan beberapa chipset kelas premium lainnya.

Dapur pacu perangkat ini ditenagai oleh CPU Octa Core dengan dua inti Cortex-A78 berkecepatan 2,2 GHz dan enam inti Cortex-A55 berkecepatan 1,95 GHz.

Konfigurasi prosesor yang canggih ini menawarkan kinerja yang responsif dan efisien, cocok untuk berbagai aktivitas mulai dari multitasking hingga gaming.

Untuk urusan grafis, Vivo Y100 5G menggunakan GPU Adreno 613. GPU ini bertanggung jawab atas pengolahan grafis yang lancar dan detail, memberikan pengalaman visual yang imersif saat bermain game atau menonton konten multimedia.

Vivo Y100 5G dilengkapi dengan RAM sebesar 8 GB, ditambah dengan fitur Extended RAM 8 GB untuk meningkatkan kinerja multitasking.

Dengan demikian, pengguna dapat menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan tanpa mengalami lag atau penurunan performa.

hasil benchmark antutu

Selain itu, perangkat ini menyediakan dua pilihan penyimpanan internal, yaitu 128 GB atau 256 GB, yang dapat diperluas lagi melalui slot kartu microSD hingga kapasitas 1 TB.

Opsi ini memberikan fleksibilitas yang luas bagi pengguna untuk menyimpan lebih banyak file, aplikasi, dan konten multimedia tanpa khawatir kehabisan ruang penyimpanan.

Baterai dan Pengisian Daya

Vivo Y100 5G dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar, yakni 5000 mAh. Kapasitas baterai yang besar ini memastikan pengguna dapat menggunakan ponsel mereka sepanjang hari tanpa perlu khawatir tentang kehabisan daya.

Pengisian ulang baterai Vivo Y100 5G didukung oleh teknologi 80W FlashCharge yang impresif. Dengan menggunakan charger yang sesuai, ponsel ini dapat mengisi ulang baterai hingga 45% dalam waktu singkat hanya 15 menit. Ini sangat menguntungkan bagi pengguna yang membutuhkan daya tambahan dalam waktu singkat.

Vivo memastikan keamanan pengisian daya dengan menyertakan fitur Smart Charging Engine 2.0 dan 24-Dimension Security Protection.

Fitur ini tidak hanya memastikan pengisian daya yang aman dan efisien, tetapi juga melindungi baterai dari risiko yang tidak diinginkan.

Tidak hanya itu, Vivo juga memberikan perlindungan ekstra dengan 4 Tahun Proteksi Baterai.

Hal ini berarti baterai Vivo Y100 5G dijamin tidak akan turun kapasitasnya di bawah 80% dalam empat tahun penggunaan.

Bahkan, Vivo menawarkan layanan penggantian baterai gratis jika kapasitas baterai turun di bawah 80% dalam periode tersebut.

Konektivitas

Vivo Y100 5G memastikan pengguna terhubung dengan dunia secara cepat dan andal melalui berbagai pilihan konektivitas:

  • Jaringan Seluler 2G, 3G, 4G, hingga 5G: Dengan dukungan untuk berbagai jaringan seluler, pengguna dapat menikmati konektivitas yang stabil dan cepat di mana pun mereka berada, baik untuk panggilan suara, pesan teks, atau penggunaan data.
  • Wi-Fi 5: Dengan menggunakan standar Wi-Fi 5 (802.11ac), Vivo Y100 5G memastikan pengalaman internet nirkabel yang lebih cepat dan lebih stabil, ideal untuk streaming konten HD, bermain game online, atau menjelajahi web dengan lancar.
  • Bluetooth 5.0: Teknologi Bluetooth 5.0 memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan berbagai perangkat lain secara mudah dan cepat, seperti earphone nirkabel, speaker Bluetooth, atau perangkat wearable.
  • NFC Multifunctions: Fitur NFC pada Vivo Y100 5G memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai tugas dengan mudah, seperti pembayaran digital, transfer file, atau mengonfigurasi perangkat dengan cepat.
  • Dukungan USB OTG: Dengan dukungan USB On-The-Go (OTG), pengguna dapat menghubungkan perangkat USB eksternal seperti flash drive atau mouse ke ponsel mereka, meningkatkan fleksibilitas dan produktivitas.

Sistem Operasi

sistem operasi vivo y100

Vivo Y100 5G menggunakan FuntouchOS 14 sebagai system operasinya. FuntouchOS 14 diklaim memberikan pengalaman Android yang lebih baik dan lebih inovatif bagi pengguna Vivo Y100 5G. 

Salah satu keunggulan dari FuntouchOS 14 adalah komitmen Vivo untuk memberikan pembaruan sistem operasi Android selama 2 tahun ke depan.

Ini berarti pengguna akan terus mendapatkan fitur-fitur terbaru dari Android, serta perbaikan keamanan yang diperlukan untuk menjaga perangkat mereka tetap aman.

Dengan pembaruan keamanan yang dijamin selama 3 tahun, pengguna dapat memiliki ketenangan pikiran yang lebih besar saat menggunakan perangkat mereka.

Saat melakukan pengaturan awal perangkat, pengguna Vivo Y100 5G akan menemukan berbagai layanan ekstra yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Ini termasuk opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur-fitur tertentu, serta mengatur preferensi pengguna seperti tema, wallpaper, dan suara.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur perangkat mereka sesuai dengan gaya dan kebutuhan mereka dengan lebih mudah.

Ketika pertama kali membuka V App Store, pengguna akan diberikan tawaran untuk mengunduh beberapa aplikasi tambahan.

Meskipun ini bisa menjadi pengalaman yang bermanfaat bagi beberapa pengguna yang mencari aplikasi tambahan, beberapa pengguna mungkin menganggapnya sebagai gangguan.

Namun demikian, dengan FuntouchOS 14, pengguna memiliki kontrol penuh atas aplikasi mana yang mereka ingin unduh dan instal.

review vivo y100 5G

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y100 5G

Vivo Y100 5G adalah perangkat yang menghadirkan kombinasi yang menarik antara fitur-fitur canggih, performa yang tangguh, dan desain yang elegan.

Dengan kamera-kamera berkualitas, baterai yang besar, dan teknologi pengisian daya cepat, perangkat ini cocok untuk pengguna yang menginginkan pengalaman fotografi yang unggul dan daya tahan baterai yang luar biasa.

Selain itu, FuntouchOS 14 memberikan pengalaman pengguna yang inovatif dengan pembaruan Android yang konsisten dan pengaturan awal yang disesuaikan.

Pun begitu, ada juga minor dari yang sedikit kami sorot dari HP 3 jutaan ini, yaitu ketiadaan lensa telephoto dan rekam video yang belum 4K.

Spesifikasi Vivo Y100 5G: 

  • Chipset: Snapdragon 4 Gen 2 (4 nm)
  • RAM dan Storage: 8 GB/ 128 GB dan 8 GB/ 256 GB
  • Layar: 6,67 inch, AMOLED, Full HD Plus (1080 x 2400 piksel), 120 Hz, peak 1200 nits
  • Baterai: 5000 mAh, Fast charging 80 watt
  • Kamera depan: 8 MP
  • Kamera belakang: 50 MP wide, 8 MP ultrawide
  • Sensor flicker
  • Dimensi 163.17 X 75.81 X 7.99
  • Berat 191 gram
  • Sistem operasi: Android 14, Funtouch OS 14

Harga Vivo Y100 5G

  • vivo Y100 5G 8 GB/ 128 GB : Rp 3.899.000
  • vivo Y100 5G 8 GB/ 256 GB : Rp 4.199.000.

Paket Penjualan

  • Smartphone vivo Y100 5G dengan screen protector sudah etrpasang di layar
  • 80W FlashCharge
  • Kabel USB Type C 
  • Soft Case
  • Ejector SIM Tray 
  • Dokumen (garansi, manual)