Home Rekomendasi Review Samsung Galaxy M51, Disuplai Baterai 7000mAh dan SD 730G

Review Samsung Galaxy M51, Disuplai Baterai 7000mAh dan SD 730G

review samsung galaxy m51: harga spesifikasi dan kelebihan

review1st.comSamsung mempunyai Galaxy M51, andalan di segmen menengah dengan kelebihan diklaim berada di sektor baterai, layar dan kamera. Tapi semuanya masih butuh pembuktian. Nah, kebetulan unit review Samsung Galaxy M51 ini sudah mendarat di meja redaksi dan siap untuk dibongkar.

Smartphone Samsung terbaru yang masuk dalam keluarga M Series ini berupaya mengkombinasikan harga dan spesifikasi terbaik buat konsumennya. Membawa tagline #SobatAntiLowbat, sudah jelas bahwa Galaxy M51 berupaya membawa identitas sebagai HP dengan daya tahan monster.

Penasaran seperti apa sih review Samsung Galaxy M51 ini? Yuk simak ulasan mendalam kami berikut ini.

BACA JUGA
Review Samsung Galaxy Watch 4 Classic: Gengsi Tinggi
Review Samsung Galaxy M51

Review Samsung Galaxy M51

Kehadiran smartphone ini memperkaya varian Samsung di pasar menengah. Juga memperkuat posisi sang vendor di berbagai segmen, khususnya midrange. Dengan harga 5 jutaan, vendor siap menjaga eksistensi dan menghalau pesaing di kelasnya.

Sebelum mengulas lebih detil, kita intip terlebih dahulu paket penjualan dari unit review Samsung Galaxy M51 yang kami pegang. Untuk box-nya, seri ini masih memakai warna dan konsep sama untuk seri menengah bawah. Putih polos dengan gambar perangkat di bagian cover..

Di dalam kotak penjualan Samsung M51, pengguna akan mendapatkan unit smartphone, adaptor 25W, kabel USB type-C, buku panduan cepat, kartu garansi. Tak ada headset atau jelly case dalam paket penjualannya.

Desain Infinity-O

Harga Samsung M51

Smartphone ini menawarkan desain yang punya garis keturunan sama dengan M31. Bedanya, build quality dirancang lebih bermutu dan solid. Generasi barunya ini terasa lebih premium dan mewah. So, meski desain agak monoton tapi kualitasnya sudah lebih baik.

Sektor depan unit review Galaxy M51 mengemas Infinity-O display dengan bentang layar 6,7 inci dengan lubang kamera depan terletak di tengah dahi. Eksterior HP ini terbuat dari material plastik polikarbonat dengan sentuhan akhir bernuansa glossy. Sayangnya, noda atau bekas sidik jari mudah menempel di permukaannya.

Bentuknya agak bongsor bisa dimaklumi karena baterainya punya kapasitas jumbo. Ditambah dengan tonjolan area kamera yang cukup riskan terkena gesekan saat smartphone diletakkan dalam posisi telentang di atas permukaan datar. Overall, masih enak dipegang dan pas di genggaman tangan.

spesifikasi samsung galaxy m51

Catatan penting soal desain, Samsung menempatkan sensor sidik jari di tombol power yang letaknya ada di bagian sisi bodi kanan. Jadi seri ini tak mengadopsi under display fingerprint. Bedanya proses saat membuka kunci layar jadi lebih cepat dan akurat.

sensor sidik jari

Atribut fisik lain yang dibenamkan pada unit review Samsung Galaxy M51 antara lain tombol volume di sisi kanan. Kemudian kalian bisa menemukan SIM tray di sisi kiri. Kita bisa menyisipkan dua slot kartu SIM dan satu microSD. Selebihnya ada mikrofon sekunder, jack audio 3,5mm, port USB Type-C, mikrofon utama, dan speaker.

Layar Super AMOLED Plus

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy m51

Samsung Galaxy M51 punya bentang layar 6,7 inci. Nilai tambahnya, seri ini mengadopsi panel Super AMOLED Plus yang punya kualitas jempolan. Terbaik di kelasnya dengan dukungan resolusi Full HD+ (1080×2400 piksel) dalam rasio 20:9. Sayangnya hanya memakai refresh rate 60Hz.

Meskipun tak menyediakan anti gores, tapi kami masih bisa tersenyum karena area layar sentuhnya sudah diproteksi Gorilla Glass 3. Lumayan tahan dari goresan tipis dan benturan ringan. Berkat panel AMOLED, warna dan kontrasnya sangat baik.

Di bawah matahari siang tampilan layar masih terlihat cukup baik. Respon terhadap sentuhan cukup baik. Menggulirkan antarmuka ke kiri kanan, atas bawah, terasa smooth dan transisi antar menu yang halus. Experience visualnya juga tak mengecewakan.

Terdapat screen mode yang bisa diatur sesuai keperluan. Mulai dari mode natural buat keperluan biasa atau mode vivid buat nonton film. Ada juga Dark mode dan fitur blue light filter, dukungan sertifikasi Widevine L1 hingga video HDR di YouTube.

Disuntik Chipset Snapdragon 730G

samsung galaxy m51 snapdragon 730g

Unit review Samsung Galaxy M51 yang kami pegang mengadopsi chipset Qualcomm Snapdragon 730G. Elemen ini patut dihighlight karena menjadi pondasi utama yang membuat kinerja dan performa perangkat ini jadi memuaskan.

Dapur pacu ini mengakomodasi kebutuhan perangkat kelas menengah. Dari sisi performa bahkan dirancang untuk keperluan gaming. Kemampuan GPU-nya diklaim 15 persen lebih baik dibanding Snapdragon 730 versi standar.

Bahkan disokong fitur Snapdragon Elite Gaming seperti Jank Reducer yang secara signifikan mencegah terjadinya lag dan mendukung True HDR 10-bit.

Cukup hemat daya karena chipset ini melewati fabrikasi 8nm dengan AI Engine generasi ke-4. Mengantongi CPU octa-core yang terdiri dari dual-core 2.2GHz Kryo 470 Gold dan hexa-core 1.8GHz Kryo 470 Silver, serta GPU Adreno 618.

Saat memainkan PUBG Mobile misalnya, kita bisa langsung menggenjotnya pada setting grafis tertinggi dengan baik. Game 3D mainstream seperti Mobile Legends aman digenjot.

Penggunaan wajar smartphone ini buat berbagai keperluan sangat memuaskan. Fitur gaming di Galaxy M51 bisa diakses lewat Game Launcher. Game-game yang diinstal bisa diakses dari satu lokasi terpadu, lengkap dengan statistik, history, dan tips bermain.

Unit review Galaxy M51 yang kami pegang dibenami dengan RAM 8GB serta memori internal 128GB. Jadi, tak perlu kuatir soal storage data atau aplikasi menumpuk.

Android 10 Dengan One UI Core v 2.1

android 10 one ui

Bicara sistem operasi dan antarmuka, Galaxy M51 mengadopsi platform Android 10 yang dikombinasi dengan One UI Core v 2.1. Ada sedikit perbedaan antara One UI ini dengan versi standar. Fiturnya lebih mendasar dan ada beberapa yang dipangkas.

Misal kita tak akan mendapati Bixby, Link to Windows, Secure Folder dalam M51. Namun di A Series seperti Galaxy A71 yang memakai One UI 2.1, kita akan menemukannya.

Tampilan dan animasi antarmuka tampak atraktif dengan ikon berukuran besar. Dirancang lebih baik untuk pengalaman Android yang lebih efisien dan lebih familiar buat kalangan muda.

Antarmukanya menyenangkan saat digunakan. Ada beberapa bloatware di antarmukanya, tapi tak masalah karena sebagian tetap bermanfaat. Kombinasi One UI dengan support Snapdragon 730G membuat experience memuaskan dan smooth.

BACA JUGA
Manfaat & Kelebihan Layar 120Hz di realme 8i

Pakai Quad Camera 64MP

kamera samsung m51

Unit review Samsung Galaxy M51 ini mengandalkan kamera selfie 32MP dengan sensor Sony IMX616. Sementara kamera utamanya dibekali empat unit kamera. Sensor utama menggunakan resolusi 64MP f/1.8 menggunakan sensor Sony IMX682 berukuran 1/1.73 inci dan piksel 0.8µm.

Sensor ini mengadopsi teknologi Quad Bayer, di mana hasil optimalnya secara default 16MP dengan piksel besar 1.6µm atau 64MP jika semua piksel digunakan dengan piksel 0.8µm. Dilengkapi sensor ukuran super besar 1/1,73″.

Kemudian ada sensor 12MP f/2.2 dengan lensa ultrawide yang memberikan bidang pandang seluas 123 derajat. Kemudian 5MP f/2.2 sebagai depth sensor dan juga 5MP f/2.4 dengan lensa macro.

Fiturnya dilengkapi mode kamera Pro dengan penyesuaian ISO, shutter speed, fokus manual, white balance, dan exposure compensation. Dan tentu saja fitur standar seperti macro, bokeh hingga mode malam.

Kamera smartphone ini bisa merekam video dari resolusi 720p, 1080p, hingga 4K pada frame rate 30fps. Juga bisa merekam slow-mo dan super slow-mo dengan hasil terbatas pada resolusi 720p.

Berikut hasil kameranya:

hasil kamera 1
Live Focus
hasil kamera 2
Auto 64MP
hasil kamera 3

Macro

hasil kamera 4
Auto
hasil kamera 5
Wide Angle
hasil kamera 6
Auto
hasil kamera 7
Night Mode
hasil kamera 8
Auto
hasil kamera 9
Selfie

Fitur Menarik Samsung Galaxy M51

Salah satu fitur bermanfaat yang ada di smartphone ini adalah dukungan konektivitas NFC. Kemudian ada juga fitur Samsung Pay yang mengakomodasi kita dalam melakukan pembayaran dengan teknologi QR menggunakan dompet digital Dana.

BACA JUGA
Tetap Produktif saat Workcation dengan Samsung Galaxy Z Fold3

Baterai 7000 mAh

baterai 7000mah galaxy m51

Aspek ini jadi keunggulan unit review Samsung M51 yang kami pegang. Tak tanggung-tanggung baterainya benar-benar digenjot ke level monster. HP dengan baterai besar ini hadir dengan kapasitas 7000mAh. Sebuah jaminan mutu bahwa smartphone ini bisa bertahan sepanjang hari.

Samsung sendiri mengklaim jika smartphone barunya ini bisa buat telponan hingga 64 jam, mendengarkan musik hingga 182 jam, dan hingga 34 jam buat streaming maraton nonton film series.

Nah, buat mendukung pengecasan, baterai jumbo ini tentu membutuhkan adaptor charger yang kencang. Samsung melengkapi M51 dengan dukungan teknologi Super Fast Charging 25W yang dapat menyuplai penuh baterai 7.000 mAh dalam waktu kurang lebih 115 menit atau hampir dua jam. Lumayan.

Lebih jauh, kabel data yang menyisip di paket penjualan sudah menggunakan USB Type-C ke USB Type-C. Disokongndengan kemampuan Wired Powershare, membuatnya bisa berfungsi layaknya power bank. Anda bisa berbagi daya dengan HP lain menggunakan port USB Type-C.

fast charging

Harga Samsung M51

Unit review Galaxy M51 yang kami uji sudah mengalami upgrade yang signifikan dari pendahulunya. Dirancang untuk memenuhi permintaan konsumen serta kebutuhan pengguna di segmen menengah pada rentang harga yang sesuai.

Harga Samsung Galaxy M51 dibanderol Rp 5.499.000. Dengan dukungan RAM 8GB dan memori internal 128GB. Sebagai merek branded harga yang diusungnya cukup kompetitif. Pun harus diakui masih di atas rata-rata para pesaingnya.

Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Kelebihan & Kekurangan Samsung Galaxy M51

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M51 yang wajib kami sorot. Di sisi ini banyak hal berbicara mulai dari performa, harga dan target market karena akan jadi keputusan membeli konsumen.

Kelebihan Samsung Galaxy M51 yang paling menonjol tentu baterai besar 7.000 mAh. Selanjutnya adalah layar besar 6,7 inci Super AMOLED Plus yang berada di atas rata-rata kompetitornya.

Kamera utama 64MP serta suntikan Snapdragon 730G menjadi nilai tambah yang patut diperhatikan. Dua elemen ini membuat unit review Samsung Galaxy M51 yang kami uji jadi lebih memuaskan saat dipakai.

Kekurangan Galaxy M51 ini adalah sejumlah kompromi dan pemangkasan yang dilakukan. Antara lain pemakaian One UI Core 2.1. Tak adanya fingerprint under display serta refresh rate yang masih 60Hz.

Nah, bagaimana? Tertarik?

Spesifikasi Samsung Galaxy M51:

JARINGAN

TeknologiGSM / HSPA / LTE
2GGSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3GHSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
4GLTE
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (2CA) Cat6 400/50 Mbps

UMUM

Diumumkan2020, August 31
StatusComing soon. Exp. release 2020, September 11
Dimensi
Berat
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

LAYAR SAMSUNG GALAXY M51

TipeSuper AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran6.7 inches, 110.2 cm2 (~87.4% screen-to-body ratio)
Resolusi1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~385 ppi density)

PLATFORM

OSAndroid 10, One UI 2.0
ChipsetQualcomm SDM730 Snapdragon 730 (8 nm)
CPUOcta-core (2×2.2 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver)
GPUAdreno 618

MEMORI

Slot KartumicroSDXC
Internal128GB 6GB RAM

KAMERA SAMSUNG GALAXY M51

Utama64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.72″, 0.8µm, PDAF
12 MP, f/2.2, 123? (ultrawide)
5 MP, f/2.4, (macro)
5 MP, f/2.4, (depth)
FiturLED flash, panorama, HDR
Video4K@30fps, 1080p@30fps
Depan32 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.8″, 0.8µm

KONEKTIVITAS

WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
NFCYes
RadioFM radio
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector

FITUR

SensorFingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass

BATERAI SAMSUNG GALAXY M51

DetailLi-Po 7000 mAh, non-removable

LAIN-LAIN

WarnaBlack, Dark Blue
Previous articleOPPO X Tom Ford, HP Slider Kelas Premium
Next articleGPD Win 3: PC Gaming Genggam Dengan Spek Monster

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here